window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Korlantas Polri Terima Hibah 10 Unit Motor Listrik Dari IMI, Patroli Jadi Lebih Ramah Lingkungan

Harry · 4 Mei, 2021 20:00

Perlahan tapi pasti, pertumbuhan sepeda motor listrik di Indonesia terus merangkak naik. Sejumlah instansi pemerintah telah menggunakan motor listrik, yang terbaru adalah Korlantas (Korps Lalu Lintas) Polri.

Kini Korlantas Polri telah memiliki 10 unit motor listrik Bike Smart Electric (BS Electric), yang merupakan hibah dari IMI (Ikatan Motor Indonesia) yang telah diserahkan pada Senin (3/5/2021) kemarin.

Korlantas Polri Terima Hibah 10 Unit Motor Listrik Dari IMI, Patroli Jadi Lebih Ramah Lingkungan 01

Penyerahan 10 unit motor listrik untuk Korlantas Polri.

Dituliskan situs NTMC Polri, penyerahan 10 unit motor listrik tersebut dilakukan langsung oleh Ketua Umum IMI, Bambang Soesatyo kepada Kepala Korlantas Polri, Irjen Pol Istiono di halaman gedung NTMC Polri, Jakarta Selatan.

Baca juga : BS Electric, Motor Listrik Buatan Indonesia Ini lebih Murah dari Honda Beat dkk!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

"Terima kasih pak ketua IMI hari ini menghibahkan 10 motor listrik. Terima kasih dan apresiasi yang peduli terhadap lalu lintas," kata Irjen Pol Istiono.

Dalam keterangannya, diharapkan dengan hibah 10 unit motor listrik tersebut bisa memotivasi jajaran Polri khususnya Polantas untuk perlahan-lahan beralih menggunakan motor listrik dalam menjalankan tugasnya.

Korlantas Polri Terima Hibah 10 Unit Motor Listrik Dari IMI, Patroli Jadi Lebih Ramah Lingkungan 01

Motor listrik Bike Smart Electric asli produksi lokal.

"Tentunya dengan bantuan motor listrik ini rekomendasinya ke depan kira-kira untuk menggunakan motor dan mobil listrik. Tentunya ini motivasi untuk kita ke depan agar lebih baik lagi," jelasnya.

Baca juga : Motor Listrik Malaysia Masuk Indonesia, PBNU jadi Distributornya

Menuju Polantas Modern

Sementara itu, Bambang Soesatyo dalam kesempatan yang sama mengatakan tujuan dihibahkannya 10 motor listrik BS Electric ini untuk mendorong Korlantas menuju polisi yang modern. Sebab, di era menuju 5.0 ini, diharapkan Polantas untuk segera beralih ke kendaraan listrik.

"Apa yang kami lakukan hari ini adalah untuk mendorong Korlantas menuju polisi yang modern. Jadi sudah tidak zamannya lagi polisi ngebut ninggalin bau knalpot yang tidak sedap bagi masyarakat," katanya.

Korlantas Polri Terima Hibah 10 Unit Motor Listrik Dari IMI, Patroli Jadi Lebih Ramah Lingkungan 02

Pengenalan motor listrik BS Electric saat pelantikan pengurus IMI.

"Jadi sudah waktunya kita melakukan percepatan dari bahan bakar kendaraan fosil ke kendaraan elektrik sesuai dengan keinginan Presiden Joko Widodo," sambung Bamsoet, sapaan akrabnya.

Bamsoet berharap Polri bisa menjadi contoh untuk masyarakat dalam penggunaan kendaraan listrik. Sebab, kendaraan listrik selain ramah lingkungan juga ramah kantong dan tak membutuhkan biaya perawatan yang mahal.

Baca juga : Villano EV Pocket Segera Meluncur, Motor Listrik Asli Indonesia Yang Bisa Ngebut Sampai 100 Km/jam!

"Misi presiden membawa kita pada suatu kendaraan yang ramah lingkungan. Mudah-Mudah-mudahan ini bisa digunakan untuk patroli. Mudah-mudahan Polri bisa menjadi contoh untuk masyarakat dengan menggunakan kendaraan yang ramah lingkungan dan ramah kantong tentunya karena bebas bensin dan bebas service," pungkasnya.

BS Electric

Korlantas Polri Terima Hibah 10 Unit Motor Listrik Dari IMI, Patroli Jadi Lebih Ramah Lingkungan 03

Desain agresif BS Electric ala skutik merek Jepang.

Motor listrik yang dikenalkan oleh Bamsoet ini pertama kali muncul kehadapan publik pada pameran otomotif IIMS Hybrid 2021 yang belum lama ini berlangsung di JIExpo, Kemayoran-Jakarta Utara. Sebelumnya motor ini dikenalkan saat pelantikan pengurus IMI Februari lalu.

Baca juga : Masa Depan Cerah Sepeda Motor Listrik Indonesia, Dari Kemudahan Investasi Sampai Keringanan Pajak

Sosoknya berdesain agresif dan nampak memiliki dimensi yang tak jauh beda dengan motor skutik pada umumnya. Fascia depannya berisi sepasang lampu ganda dengan bentuk yang menyipit.

Desain dek rata dan bentuk bodi belakang meninggi dan semakin tipis di bagian belakang. Kaki-kaki mengandalkan suspensi teleskopik dan suspensi belakang ganda.

Korlantas Polri Terima Hibah 10 Unit Motor Listrik Dari IMI, Patroli Jadi Lebih Ramah Lingkungan 04

BS Electric dibekali boks belakang.

Dari berbagai informasi, BS Electric mengandalkan baterai berkekuatan 1.000 watt yang bisa dilepas untuk pengisian ulang. Dinamonya berkekuatan 48 volt dan bisa menempuh jarak tempuh maksimal 50 km.

Motor listrik BS Electric rencananya akan diluncurkan di Indonesia pada tahun 2021 ini dan saat ini sedang menjalani proses uji tipe. Motor buatan Indonesia ini rencananya akan dibandrol di bawah Rp 10 juta.

Baca juga : United e-Motor T1800, Sepeda Motor Listrik yang Mirip Yamaha NMAX dengan Banderol Rp 27 Juta

Melihat harga yang ditawarkan akan sangat menarik karena jauh lebih terjangkau dari skutik entry level macam Honda BeAT atau Yamaha Mio M3. Dengan kemampuannya, motor listrik ini bisa jadi pilihan untuk alat transportasi jarak dekat.

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });