window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Simak Lagi Detail Kawasaki W175 2021, Motor Favorit Untuk Bahan Modifikasi

Harry · 3 Jun, 2021 10:00

PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) memang pintar membuka celah segmen pasar baru. Salah satu buktinya adalah menghadirkan Kawasaki W175 pada tahun 2017 lalu, dalam gelaran acara Kawasaki Bike Week di Ancol, Jakarta Utara.

Hadirnya motor tersebut karena KMI melihat ada peluang motor bergaya retro, yang kerap dijadikan bahan modifikasi. Dengan penampilan yang mirip Kawasaki W800 dan Kawasaki W250, motor ini mengisi celah pasar yang tak ada kompetitornya.

Simak Lagi Detail Kawasaki W175 2021, Motor Favorit Untuk Bahan Modifikasi 01

Kawasaki W175 mendapat respon luar biasa kala itu.

Alhasil penjualan motor tersebut langsung booming. kawasaki W175 pun menjadi tulang punggung penjualan baru bagi KMI, setelah sebelumnya mengandalkan Ninja Series dan KLX Series.

Baca juga : Promo Kawasaki W175TR, Diskonnya Tembus Rp5 Juta!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Saat peluncurannya dulu, KMI melepas W175 ini dengan nominal mulai dari Rp 29,8 juta untuk varian Standard. Lalu untuk varian Special Edition (SE) dipatok diangka Rp 30,8 juta on the road Jakarta.

Simak Lagi Detail Kawasaki W175 2021, Motor Favorit Untuk Bahan Modifikasi 01

Kawasaki W175 2021 banyak dijadikan bahan modifikasi.

Namun untuk harga terbarunya, kini Kawaaki W175 2021 varian Standard dilepas Rp 30,8 juta. Dan untuk varian SE kini dilabeli harga Rp 32,3 juta on the road Jakarta.

Lantas seperti apa spesifikasi dari motor ini?

Baca juga : Kawasaki Genjot Penjualan Ninja 250SL dan W175TR, Tebar Diskon Menggiurkan di IIMS 2021

Penampilan Retro Sederhana

Meski merupakan motor modern, sosoknya dibuat kental nuansa retro. Lekuk garis bodinya sederhana dan cenderung membulat. Lihat saja bentuk lampu depan, tangki dan cover sampingnya.

Sudah pasti pelek jari-jari menjadi andalannya, dengan kawalan cakram untuk rem depan dan tromol untuk rem belakang. Jika diperhatikan, pola tapak ban yang dipakai pun bergaya retro dan berprofil tebal.

Baca juga : Kawasaki W175 2021, Motor Bergaya Metro yang Dibanderol Mulai Rp 29 Jutaan

Simak Lagi Detail Kawasaki W175 2021, Motor Favorit Untuk Bahan Modifikasi 02

Tampilan ala Kawasaki W Series.

Lantas beda antara varian Standard dan SE ada pada beberapa detail komponennya. Misalnya pada tipe SE, baut-baut mesin yang digunakan telah dilapisi krom, sehingga nampak kontras dengan warna mesin yang hitam.

Kemudian jok W175 SE dibuat bergaris-garis, sementara jok W175 Standard polos. Varian SE juga dibekali dengan behel krom dan tambahan emblem 'W' pada tangki dan striping sederhana yang menambah aura retro.

Baca juga : Kawasaki W175 Series 2021, Motor Bergaya Retro Klasik Yang Disukai Pelaku Custom

Menyesuaikan konsep motor retro, panel meter motor ini menggunakan analog dengan jarum serta indikator minimalis. Bahkan menguatkan kesan retro, Kawasaki W175 juga masih dibekali tuas choke untuk menghidupkan motor dalam kondisi dingin.

Simak Lagi Detail Kawasaki W175 2021, Motor Favorit Untuk Bahan Modifikasi 03

Jok Kawasaki W175 SE bergaris-garis.

Perkara dimensi, motor ini sendiri cukup pas untuk rata-rata orang Indonesia. Tak terlalu besar, tapi juga tak terlalu kecil. Motor ini memang dibuat ringkas agar memudahkan pengendalian.

Jarak sumbu rodanya saja hanya 1.275 mm, jarak terendah ke tanah 165 mm. Beratnya pun hanya 126 kg, dengan kapasitas tangki bahan bakar mencapai 13,5 liter.

Mesin Masih Andalkan Karburator

Tak hanya tampangnya yang dibuat bergaya retro, namun mesinnya pun begitu. KMI masih membekali motor ini dengan pengabutan karburator, dikala motor-motor keluaran terbaru saat ini sudah andalkan injeksi bahan bakar.

Simak Lagi Detail Kawasaki W175 2021, Motor Favorit Untuk Bahan Modifikasi 04

Mesin 177 cc masih andalkan karburator.

Menilik spesifikasi, Kawasaki W175 ini dibekali mesin 177 cc silinder tunggal, SOHC 2 katup dengan pendingin udara. Mesin ini pun telah dilengkapi dengan balancer untuk membuat kinerjanya lebih halus.

Mengandalkan karburator Mikuni VM24 dan transmisi manual lima percepatan, mesinnya ini mampu hasilkan tenaga hingga 13 PS di 7.500 rpm serta torsi maksimal hingga 13,2 Nm di 6.000 rpm.

Karakter mesinnya cenderung smooth dan halus, tak bisa bergarap banyak jika Anda lebih menyukai karakter mesin yang responsif. Namun kembali lagi pada konsepnya sebagai motor retro yang lebih banyak dipakai untuk riding santai.

Baca juga : Kawasaki W175 Rilis di India dengan Harga Lebih Murah, Apa Aja Sih Bedanya dengan Versi Indonesia

Simak Lagi Detail Kawasaki W175 2021, Motor Favorit Untuk Bahan Modifikasi 05

Kawasaki W175 cocok untuk riding santai.

Kesimpulan

Kawasaki W175 2021 memanglah sebuah motor sport retro yang sederhana. Namun kehadirannya tepat, dikala momentumm motor retro sedang kembali diminati pasar.

Alhasil selain menjadi buruan para pelaku modifikasi, motor ini juga banyak dipakai untuk penggunaan harian hingga riding santai diakhir pekan. Kinerja mesin yang halus sudah lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Spesifikasi Kawasaki W175 2021
Tipe Mesin 4-stroke, SOHC, air-cooled
Jumlah Silinder Silinder Tunggal
Diameter x Langkah 65.5 x 52.4 mm
Perbandingan Kompresi 9.1:1
Tenaga Maksimum 13 PS @7,500 rpm
Torsi Maksimum 13.2 Nm @6,000 rpm
Volume Silinder 177 cc
Tipe Transmisi Manual, 5 percepatan
Sistem Penagbutan bahan bakar Karburator Mikuni VM24
Panjang x Lebar x Tinggi 1.930 x 765 x 1.030 mm
Jarak Poros Roda 1.275 mm
Jarak Terendah ke Tanah 165 mm
Berat 126 kg
Suspensi Depan Telescopic Form ( Inverted )
Suspensi Belakang Swingarm, dual shock absorbers with spring preload adjustability
Ban Depan 80/100-17M/C 46P
Ban Belakang 100/90-17M/C 55P
Rem Depan Single 220 mm disc
Rem Belakang Drum, 110 mm

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });