window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

THR Masih Ada Sisa? Yuk Ganti Komponen Vital Motor Sebelum Kembali Dipakai Beraktivitas

Harry · 16 Mei, 2021 09:00

Setelah merayakan hari raya Idul Fitri, silahturahmi dengan keluarga dan teman-teman, tak terasa libur tinggal hari ini saja. Hari Senin besok sudah harus kembali beraktivitas.

Nah, mumpung masih ada waktu tak ada salahnya mengganti beberapa komponen vital pada sepeda motor kesayangan. Apalagi kalau uang THR (Tunjangan Hari Raya) masih ada sisa.

THR Masih Ada Sisa? Yuk Ganti Komponen Vital Motor Sebelum Kembali Dipakai Beraktivitas 01

Periksa kondisi komponen motor sebelum kembali dipakai.

Tenang, komponen vital tadi tergolong fast moving. Jika kondisinya masih layak pakai, tak perlu diganti. Harganya pun masih relatif terjangkau. Terus komponen apa saja yang diperiksa dan diganti jika perlu?

Baca juga : Cegah Honda PCX 160 2021 dan Yamaha Nmax 155 2021 Jalan di Tempat, Cek Komponen Ini Secara Berkala

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

1. Ban

Kalau ban sudah mulai terlihat botak dan kembangan ban sudah menipis, baiknya diganti dengan yang baru. Kondisi ban yang sudah menipis akan membuat traksi roda tak lagi maksimal.

Harganya? Tentu bervariasi, tergantung dari merek, ukuran hingga jenis ban yang akan dipakai, mau tube type atau tubeless. Kembali lagi pada kebutuhan Anda.

THR Masih Ada Sisa? Yuk Ganti Komponen Vital Motor Sebelum Kembali Dipakai Beraktivitas 01

Kampas rem ganti jika terlihat menipis.

2. Kampas Rem

Piranti penting yang bertugas mengurangi laju sepeda motor. Kalau kampas sudah menipis, baiknya langsung ganti baru. Untuk rem cakram, bisa melihat ketebalan kampasnya. Untuk rem tromol, cek jarak main pedal remnya.

Baca juga : MIL Menyala Setelah Honda PCX 160 ABS Dipanaskan, Jangan Panik!

3. Rantai

Untuk pengguna motor tipe bebek atau sport, rantai punya tugas vital juga. Karena posisinya yang terbuka dan mudah terkena kotoran, tak menutup kemungkinan bisa aus dan lama-lama kendur.

THR Masih Ada Sisa? Yuk Ganti Komponen Vital Motor Sebelum Kembali Dipakai Beraktivitas 02

Setel rantai jika masih bisa.

Jika rantai masih bisa disetel, cukup atur kekencangan rantai saja dengan jarak main 25 sampai 35 mm. Ingat terlalu kendur, bisa sebabkan rantai lompat dari gear. Begitu pula jika terlalu kencang, rantai bisa putus.

4. CVT

Ini khusus pengguna motor jenis matic. Komponen CVT di dalamnya memang tertutup, tapi bisa dirasakan jika ada yang tak beres. Seperti suara kasar, getar hingga akselerasi yang tak seagresif biasanya.

Baca juga : Ban Tubeless Sepeda Motor Sering Kempis? Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Sekali buka cover CVT bisa langsung memeriksa kondisi komponen di dalamnya. Ada v-belt, roller, kampas ganda, rumah roller, mangkok kopling hingga slide piece.

THR Masih Ada Sisa? Yuk Ganti Komponen Vital Motor Sebelum Kembali Dipakai Beraktivitas 03

Periksa seluruh komponen CVT.

Biasanya yang cepat aus adalah v-belt dan roller. Harga kedua komponen tersebut relatif terjangkau, dan ada yang menjualnya secara paket sehingga lebih murah lagi.

Kesimpulan

Jika semuanya dalam kondisi baik, tentu Anda tak perlu melakukan penggantian. Tapi jika sudah menunjukkan keausan, ada baiknya langsung diganti supaya saat dipakai beraktivitas, sang kuda besi bisa bebas dari kendala.

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });