BerandaMotorBerita
window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Motor_Article_Top_pc', [ [ 728, 90 ] ], 'div-gpt-ad-1677034818977-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1677034818977-0'); });

Jangan Nunggu Rusak, Kenali Tanda Kampas Rem Motor Minta Diganti

Harry · 10 Feb, 2023 11:00

Jangan Nunggu Rusak, Kenali Tanda Kampas Rem Motor Minta Diganti 01

Rem cakram sudah jadi standar dibanyak motor.
  • Cek berkala ketebalan kampas rem.
  • Kampas rem jadi part penting pada motor.

Selain ban, suspensi dan setang, salah satu instrumen yang berpengaruh pada handling motor adalah pengereman. Kemudahan manuver, stabilitas dan traksi akan percuma tanpa rem yang mumpuni.

Fungsinya bagian ini, membuat pengendara wajib melakukan pemeriksaan secara berkala pada sistem pengereman, utamanya kampas rem. Kampas rem berfungsi mengurangi laju roda.

Part tersebut ditekan oleh kaliper piston atau pendorong, dengan bidang gesek seperti cakram atau tromol. Dengan melambatnya putaran roda, alhasil kecepatan motor akan turun hingga akhirnya berhenti. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Motor_Article_Middle_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649915521138-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649915521138-0'); });

Dengan bergesekan terus menerus, ditambah kotoran yang menempel, ada kemungkinan pengerasan permukaan kampas rem. Akibatnya daya cengkeram kampas jadi berkurang.

Baca juga : Pilihan Suspensi YSS Yamaha XMax Connected, Mulai Rp 3 Jutaan Sampai Rp 12 Jutaan!

Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora (DAM), Ade Rohman menjelaskan, jika sistem rem tidak bekerja dengan baik akibat berkurangnya kemampuan kampas rem menahan panas dari gaya gesek tersebut, rem  bisa blong dan berisiko terjadi kecelakaan. 

Jangan Nunggu Rusak, Kenali Tanda Kampas Rem Motor Minta Diganti 01

Rem tromol Honda BeAT.

"Masalah lain juga bisa muncul akibat kampas rem yang habis atau aus. Selain berpotensi mengganggu kinerja sistem pengereman, kampas rem yang habis juga bisa merusak cakram atau dinding drum pada rem tromol sehingga biaya perawatan yang harus dikeluarkan jadi lebih besar," ujar Ade. 

Makanya kenali tanda-tanda kampas rem aus sesuai dengan jenis rem yang terdapat pada motor kalian. Karena pabrikan pun sudah memberikan indikator yang bisa jadi patokan kalian.

Misalnya pada rem cakram, indikator keausan dapat dilihat dari bawah kaliper rem. Periksa kondisi indikator keausan, jika kampas rem sudah menunjukan tanda aus, gantilah kampas rem dengan yang baru. 

Jangan Nunggu Rusak, Kenali Tanda Kampas Rem Motor Minta Diganti 02

Awas fitur rem parkir jadi tak fungsi.

Selain itu indicator lainnya adalah kapasitas minyak rem terlihat berkurang dari garis yang tertera pada tabung reservoir. Ini karena semakin banyak minyak rem yang masuk untuk bisa mendorong piston pada kaliper.

Baca juga : Jangan Asal Saat Menyalip Bus dan Truk, Wajib Pakai Perhitungan

Begitu pula pada rem tipe tromol, bisa melihat tanda keausan kampas rem lewat indikator keausan. Jika ujung penunjuk semakin mendekat indikator penggantian, artinya kampas sudah menipis.

Jangan Nunggu Rusak, Kenali Tanda Kampas Rem Motor Minta Diganti 03

Kampas dibiarkan aus bisa merusak cakram.

Selain itu bisa juga dirasakan lewat tekanan pada handle rem ketika ditarik, jika terlalu dalam artinya kampas sudah tipis. Tapi untuk rem tromol, masih bisa memperpanjang umur dengan cara memutar setelan remnya.

Tapi jika setelan rem sudah terlalu dalam, jangan paksakan ya, baiknya langsung diganti. Karena jika rem tromol sudah menipis, fitur parking brake lock pada motor matic jadi tak bisa dipakai!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/ID_Motor_Article_Bottom_leaderboard', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1649915591388-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1649915591388-0'); });

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });