Test Ride Suzuki Nex Crossover, Bisa Diajak Off-road atau Menang Tampang Doang?

Pemenuhan kebutuhan transportasi yang tetap tinggi sekaligus melahirkan tren gaya hidup berbeda di era normal yang baru menjadi langkah PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) untuk meluncurkan produk sepeda motor terbarunya, yaitu Suzuki Nex Crossover yang dibanderol dengan harga Rp 17.990.000 (on the road DKI Jakarta).

Diposisikan sebagai skutik kompak bergaya crossover, Suzuki Nex Crossover memberikan sensasi kebebasan berkendara serta menimbulkan hasrat berpetualang bagi pribadi yang aktif. SIS memastikan Suzuki Nex Crossover sudah dapat dipesan oleh konsumen melalui seluruh jaringan penjualan (dealer) Suzuki mulai November 2020.

Nah, pada Rabu lalu (2/12) tim Autofun mendapatkan kesempatan untuk menjajal langsung kemampuan Suzuki Nex Crossover. Skutik ini diajak untuk menempuh jalur aspal di sekitar Sentul City, Bogor, Jawa Barat. Tak hanya aspal mulus, sesuai dengan tampang adventure-nya, skutik ini juga dibawa ke area jalanan rusak. Mulai dari trek berbatu, pasir, tanah merah hingga lumpur basah.

Dikembangkan dari Suzuki NEX II Cross sebelumnya yang memiliki sejumlah keunggulan seperti dimensi kompak, mesin bertenaga dan suspensi yang nyaman, Suzuki Nex Crossover mendapat sejumlah sentuhan baru yang berorientasi pada peningkatan kepuasan dan kesenangan sang pengendara.

Fitur dan Ubahan Apa yang Baru di Suzuki Nex Crossover?

Perubahan baru yang paling tampak jelas pada Suzuki Nex Crossover dibanding Nex II Cross adalah penggunaan Naked Handle Bar yang memiliki peran utama dalam meningkatkan ergonomi dan kenyamanan posisi berkendara, disamping itu juga memberikan efek visual yang lebih maskulin serta kokoh.

Hal baru berikutnya yang menjadi lebih menarik adalah Digital Instrument Cluster yang kini membuat Suzuki Nex Crossover terlihat lebih modern, informatif dan dibalut bentuk yang tangguh. Di dalam layarnya, pengendara dapat membaca kecepatan, jarak tempuh, kapasitas bahan bakar, voltase baterai, indikator sistem FI, indikator lampu, serta petunjuk waktu.

Kenyamanan pengendara dan penumpang juga didukung oleh lapisan jok dengan kombinasi warna dual-tone yang baru, lebih atraktif dan tidak membosankan. Suzuki Nex Crossover tersedia dalam 2 pilihan warna yang sesuai dengan selera konsumen, yaitu Stronger Red-Titan Black dan Solid Black. Desain stripping baru dan penggunaan aksen merah pada brake caliper dan rear spring memberikan aksen unik dan dinamis.

Sayangnya, area bagasi di bawah jok terasa masih kurang memadai karena mempunyai ukuran sangat kecil. Tapi hal itu dibantu dengan adanya kompartemen di area depan, tepatnya dibawah setang seperti cup holder atau tempat penyimpanan tambahan.

Posisi Riding Suzuki Nex Crossover Lebih Nyaman?

Sebenarnya posisi duduk Suzuki Nex Crossover dengan Nex II Cross sama saja. Dengan jok yang sama dan dek pijakan kaki yang tak kalah nyamannya, Nex Crossover menawarkan pengendalian yang enteng dan lincah. Tapi pada Suzuki Nex Crossover akan terasa lebih berbeda sensasinya. Ini dikarenakan penggunaan Naked Handle Bar atau setang telanjang.

Desain setang telanjang tersebut lebih lebar dan sedikit lebih tinggi daripada Nex Cross. Hal ini juga yang membuat tangan melebar dan lebih sigap mengendalikan, termasuk saat menerjang jalur rusak.

Suzuki Nex Crossover Asyik Dipakai Off-road?

Pada sesi pengetesan di lintasan yang rusak, Suzuki Nex Crossover terbilang mudah saja melalui jalur berbatu, pasir hingga lumpur. Meski sebenarnya skutik ini tak diperuntukkan dengan jalur rusak yang ekstrim. Tapi di beberapa daerah di Indonesia yang memang banyak masih ditemui jalur tak bersahabat, rasanya Suzuki Nex Crossover ini cocok dijadikan alat transportasi yang praktis.

Dengan ground clearance tinggi 150 mm, Nex Crossover terbilang masih mampu dengan baik melewati sesi pengetesan. Pada kondisi kering dijalanan aspal mulus, motor ini termasuk mempunyai redaman suspensi yang nyaman.

Untuk sektor kaki-kaki, penggunaan ban IRC dengan ukuran  80/90-14 untuk bagian depan dan 90/90-14 di bagian belakang dengan tipe tubeless.

Posisi riding Nex Crossover ini terbilang santai dengan posisi tangan melebar karena penggunaan setang telanjang yang lumayan lebar. Posisi kaki di dek juga terbilang cukup tinggi.

Pada momen tertentu, saat pengujian di jalur lumpur juga Suzuki Nex Crossover ini coba diajak melibas kubangan. Hasilnya, mesin bertransmisi CVT otomatis ini memberikan tendangan yang cukup kuat untuk membantu keluar dari kubangan.

Kesimpulan

Dengan kapasitas mesin 113cc, Suzuki Nex Crossover termasuk skutik yang mudah dikendalikan bobot yang hanya 94 kg. Performa mesin khas skutik Suzuki yang bandel dan irit juga menjadi daya tarik tersendiri bagi calon pembeli.

Digunakan untuk mobilitas perkotaan terasa bertenaga. Tapi untuk melahap lintasan ekstrim yang biasa dilalui motor trail normal tentunya kurang memadai. Suzuki Nex Crossover ini masih cukup tangguh untuk menaklukan trek Off-road ringan.

Di pasaran, Suzuki Nex Crossover ini berhadapan langsung dengan Honda Beat Street dan Yamaha X-Ride yang sama-sama bergenre skutik adventure. Jadi, Anda mau pilih yang mana?

Spesifikasi Suzuki Nex Crossover
MESIN SOHC, 2 Klep
Kapasitas 113 cm
Sistem bahan bakar Fuel Injection
Transmisi CVT
DIMENSI
Panjang 1.890 mm
Lebar 765 mm
Tinggi 1.055 mm
Bobot 94 kg
Ban Depan 80/90 – 14 inci
Ban Belakang 90/90 – 14 inci
Kapasitas tangki 3,6 liter

  

↓ ↓ ↓ Ayok Para Miliuner, Sukai dan Bagikan!

Komentar

writeSay Something...
Komentar

Tidak ada komentar

Komentar
Komentar

Berita Terbaru

Scrambler dan Streetfighter V4 Laris, Ducati Sukses Jual 48.042 Unit Motor Tahun LaluBerita
Scrambler dan Streetfighter V4 Laris, Ducati Sukses Jual 48.042 Unit Motor Tahun LaluSituasi pandemi Covid-19 sepanjang tahun 2020 lalu berdampak signifikan pada banyak produsen otomotif dunia, tak terkecuali Ducati. Produsen sepeda motor asal Italia itu babak belur pada semester pertama tahun lalu.Namun pada semester kedua (Juli-Desember) mereka justru memecahkan rekor penjualan, dengan total pengiriman motor sebanyak 48.042 unit. Meski sejatinya angka tersebut mengalami penurunan 9,7 persen dari total penjualan tahun 2019.Hal ini karena pabrik mereka sempat berhenti total sepa
Simak Keleibihan dan Kekurangan Honda PCX 150 2021, Masih Menggoda Untuk Dimiliki?Review
Simak Keleibihan dan Kekurangan Honda PCX 150 2021, Masih Menggoda Untuk Dimiliki?Honda PCX `150 2021.Skuter matik (skutik) di kelas 150 cc banyak diminati pencinta roda dua. Bahkan, tak jarang skutik di segmen ini berhasil menarik konsumen pengguna motor sport untuk berpaling. Salah satu pilihan yang menarik adalah Honda PCX 150.Honda PCX 150 termasuk ke dalam kelas skutik premium, karena beragam fitur yang ditawarkan dan juga harga yang ditawarkan. Belum lama ini, di beberapa negara Asia, seperti Jepang dan Thailand, sudah merilis PCX 160.Sekilas Honda PCX 160 2021Dari desa
Cleveland CycleWerks Ace 400 2021 Dibanderol Rp 80 Jutaan, Lawan Sepadan Royal Enfield Classic 500?Bantuan Membeli
Cleveland CycleWerks Ace 400 2021 Dibanderol Rp 80 Jutaan, Lawan Sepadan Royal Enfield Classic 500?Cleveland Ace 400 Cafe (atas) dan Ace 400 Scrambler (bawah)Cleveland CycleWerks Ace 400 menjadi salah satu pesaing Royal Enfield Classic 500 untuk kelas motor sport retro 400-500 cc di Indonesia. Ace 400 diluncurkan pada akhir tahun 2019 di Indonesia dan menjadi model pelengkap Cleveland CycleWerks lainnya yang lebih dulu hadir, seperti Heist, Misfit, Ace Deluxe dan Ace Scrambler.Cleveland CycleWerks sudah mulai eksis di Indonesia sejak beberapa tahun silam. Merek asal Amerika Serikat tersebut k
Simak Keunggulan Yamaha Xmax 2021, Skutik 250 Bongsor Berlimpah Fitur Dengan Harga Paling TerjangkauBantuan Membeli
Simak Keunggulan Yamaha Xmax 2021, Skutik 250 Bongsor Berlimpah Fitur Dengan Harga Paling TerjangkauYamaha Xmax jadi skutik global model yang diproduksi di Indonesia.Yamaha Xmax 2021 menjadi skutik yang kemunculanya pertama kali cukup menyita publik otomotif Indonesia. Prosesi peluncurannya pada 2017 kala itu disertai dengan gimmick penjualan secara order online. Seolah ingin mengulang kesuksesan Yamaha Nmax, Yamaha Indonesia melanjutkannya dengan menghadirkan skutik yang lebih bongsor dengan kapasitas mesin 250cc. Sebelum kehadiran Yamaha Xmax 250, segmen Maxi Scooter di Indonesia bisa dibila
Review Lengkap Honda Vario 125 2021, Skutik Andalan Honda di Kelas 125 ccReview
Review Lengkap Honda Vario 125 2021, Skutik Andalan Honda di Kelas 125 ccHonda Vario 125 2021.Persaingan skuter matik (skutik) di kelas 125 cc cukup ramai. Tapi, Honda tidak menaruh perhatian khusus pada segmen tersebut. Hanya ada satu andalan mereka, yaitu Honda Vario 125. Padahal, nama Vario bisa dibilang paling akrab di telinga konsumen. Sebab, Vario adalah skutik pertama yang dijual secara resmi oleh PT Astra Honda Motor (AHM). Dari masa ke masa, cukup banyak juga ubahan yang dilakukan Honda pada Vario. Untuk Honda Vario 125 2021, skutik ini sudah jauh lebih semp

Lebih

Rekomendasi Motor

Populer Terbaru
Honda ADV 150
Rp 34,74 - 37,80 Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Beat
Rp 16,45 - 17,15 Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda PCX
Rp 29,84 - 43,29 Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Yamaha Nmax
Rp 29,75 - 33,75 Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Yamaha YZF R15
Rp 36,08 Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Honda Vario 125
Rp 20,60 - 21,50 Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Vespa Sprint
Rp 45,50 - 48,00 Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Kawasaki KLX 150
Rp 30,70 - 37,30 Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Yamaha XSR 155
Rp 36,58 Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Yamaha Nmax
Rp 29,75 - 33,75 Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Yamaha Nmax
Rp 29,75 - 33,75 Juta
Dapatkan Harga Terbaik
Beranda