window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Test Ride Suzuki Nex Crossover, Bisa Diajak Off-road atau Menang Tampang Doang?

Yogi · 7 Des, 2020 12:00

Test Ride Suzuki Nex Crossover, Bisa Diajak Off-road atau Menang Tampang Doang? 01

Pemenuhan kebutuhan transportasi yang tetap tinggi sekaligus melahirkan tren gaya hidup berbeda di era normal yang baru menjadi langkah PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) untuk meluncurkan produk sepeda motor terbarunya, yaitu Suzuki Nex Crossover yang dibanderol dengan harga Rp 17.990.000 (on the road DKI Jakarta).

Diposisikan sebagai skutik kompak bergaya crossover, Suzuki Nex Crossover memberikan sensasi kebebasan berkendara serta menimbulkan hasrat berpetualang bagi pribadi yang aktif. SIS memastikan Suzuki Nex Crossover sudah dapat dipesan oleh konsumen melalui seluruh jaringan penjualan (dealer) Suzuki mulai November 2020.

Test Ride Suzuki Nex Crossover, Bisa Diajak Off-road atau Menang Tampang Doang? 02

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Nah, pada Rabu lalu (2/12) tim Autofun mendapatkan kesempatan untuk menjajal langsung kemampuan Suzuki Nex Crossover. Skutik ini diajak untuk menempuh jalur aspal di sekitar Sentul City, Bogor, Jawa Barat. Tak hanya aspal mulus, sesuai dengan tampang adventure-nya, skutik ini juga dibawa ke area jalanan rusak. Mulai dari trek berbatu, pasir, tanah merah hingga lumpur basah.

Test Ride Suzuki Nex Crossover, Bisa Diajak Off-road atau Menang Tampang Doang? 01

Dikembangkan dari Suzuki NEX II Cross sebelumnya yang memiliki sejumlah keunggulan seperti dimensi kompak, mesin bertenaga dan suspensi yang nyaman, Suzuki Nex Crossover mendapat sejumlah sentuhan baru yang berorientasi pada peningkatan kepuasan dan kesenangan sang pengendara.

Fitur dan Ubahan Apa yang Baru di Suzuki Nex Crossover?

Perubahan baru yang paling tampak jelas pada Suzuki Nex Crossover dibanding Nex II Cross adalah penggunaan Naked Handle Bar yang memiliki peran utama dalam meningkatkan ergonomi dan kenyamanan posisi berkendara, disamping itu juga memberikan efek visual yang lebih maskulin serta kokoh.

Test Ride Suzuki Nex Crossover, Bisa Diajak Off-road atau Menang Tampang Doang? 02

Hal baru berikutnya yang menjadi lebih menarik adalah Digital Instrument Cluster yang kini membuat Suzuki Nex Crossover terlihat lebih modern, informatif dan dibalut bentuk yang tangguh. Di dalam layarnya, pengendara dapat membaca kecepatan, jarak tempuh, kapasitas bahan bakar, voltase baterai, indikator sistem FI, indikator lampu, serta petunjuk waktu.

Test Ride Suzuki Nex Crossover, Bisa Diajak Off-road atau Menang Tampang Doang? 03

Kenyamanan pengendara dan penumpang juga didukung oleh lapisan jok dengan kombinasi warna dual-tone yang baru, lebih atraktif dan tidak membosankan. Suzuki Nex Crossover tersedia dalam 2 pilihan warna yang sesuai dengan selera konsumen, yaitu Stronger Red-Titan Black dan Solid Black. Desain stripping baru dan penggunaan aksen merah pada brake caliper dan rear spring memberikan aksen unik dan dinamis.

Test Ride Suzuki Nex Crossover, Bisa Diajak Off-road atau Menang Tampang Doang? 04

Sayangnya, area bagasi di bawah jok terasa masih kurang memadai karena mempunyai ukuran sangat kecil. Tapi hal itu dibantu dengan adanya kompartemen di area depan, tepatnya dibawah setang seperti cup holder atau tempat penyimpanan tambahan.

Test Ride Suzuki Nex Crossover, Bisa Diajak Off-road atau Menang Tampang Doang? 05

Posisi Riding Suzuki Nex Crossover Lebih Nyaman?

Sebenarnya posisi duduk Suzuki Nex Crossover dengan Nex II Cross sama saja. Dengan jok yang sama dan dek pijakan kaki yang tak kalah nyamannya, Nex Crossover menawarkan pengendalian yang enteng dan lincah. Tapi pada Suzuki Nex Crossover akan terasa lebih berbeda sensasinya. Ini dikarenakan penggunaan Naked Handle Bar atau setang telanjang.

Test Ride Suzuki Nex Crossover, Bisa Diajak Off-road atau Menang Tampang Doang? 06

Desain setang telanjang tersebut lebih lebar dan sedikit lebih tinggi daripada Nex Cross. Hal ini juga yang membuat tangan melebar dan lebih sigap mengendalikan, termasuk saat menerjang jalur rusak.

Test Ride Suzuki Nex Crossover, Bisa Diajak Off-road atau Menang Tampang Doang? 07

Suzuki Nex Crossover Asyik Dipakai Off-road?

Pada sesi pengetesan di lintasan yang rusak, Suzuki Nex Crossover terbilang mudah saja melalui jalur berbatu, pasir hingga lumpur. Meski sebenarnya skutik ini tak diperuntukkan dengan jalur rusak yang ekstrim. Tapi di beberapa daerah di Indonesia yang memang banyak masih ditemui jalur tak bersahabat, rasanya Suzuki Nex Crossover ini cocok dijadikan alat transportasi yang praktis.

Test Ride Suzuki Nex Crossover, Bisa Diajak Off-road atau Menang Tampang Doang? 08

Dengan ground clearance tinggi 150 mm, Nex Crossover terbilang masih mampu dengan baik melewati sesi pengetesan. Pada kondisi kering dijalanan aspal mulus, motor ini termasuk mempunyai redaman suspensi yang nyaman.

Test Ride Suzuki Nex Crossover, Bisa Diajak Off-road atau Menang Tampang Doang? 09

Untuk sektor kaki-kaki, penggunaan ban IRC dengan ukuran  80/90-14 untuk bagian depan dan 90/90-14 di bagian belakang dengan tipe tubeless.

Test Ride Suzuki Nex Crossover, Bisa Diajak Off-road atau Menang Tampang Doang? 10

Posisi riding Nex Crossover ini terbilang santai dengan posisi tangan melebar karena penggunaan setang telanjang yang lumayan lebar. Posisi kaki di dek juga terbilang cukup tinggi.

Test Ride Suzuki Nex Crossover, Bisa Diajak Off-road atau Menang Tampang Doang? 11

Pada momen tertentu, saat pengujian di jalur lumpur juga Suzuki Nex Crossover ini coba diajak melibas kubangan. Hasilnya, mesin bertransmisi CVT otomatis ini memberikan tendangan yang cukup kuat untuk membantu keluar dari kubangan.

Kesimpulan

Dengan kapasitas mesin 113cc, Suzuki Nex Crossover termasuk skutik yang mudah dikendalikan bobot yang hanya 94 kg. Performa mesin khas skutik Suzuki yang bandel dan irit juga menjadi daya tarik tersendiri bagi calon pembeli.

Digunakan untuk mobilitas perkotaan terasa bertenaga. Tapi untuk melahap lintasan ekstrim yang biasa dilalui motor trail normal tentunya kurang memadai. Suzuki Nex Crossover ini masih cukup tangguh untuk menaklukan trek Off-road ringan.

Di pasaran, Suzuki Nex Crossover ini berhadapan langsung dengan Honda Beat Street dan Yamaha X-Ride yang sama-sama bergenre skutik adventure. Jadi, Anda mau pilih yang mana?

Test Ride Suzuki Nex Crossover, Bisa Diajak Off-road atau Menang Tampang Doang? 12

Spesifikasi Suzuki Nex Crossover
MESIN SOHC, 2 Klep
Kapasitas 113 cm
Sistem bahan bakar Fuel Injection
Transmisi CVT
DIMENSI
Panjang 1.890 mm
Lebar 765 mm
Tinggi 1.055 mm
Bobot 94 kg
Ban Depan 80/90 – 14 inci
Ban Belakang 90/90 – 14 inci
Kapasitas tangki 3,6 liter

  

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });