Ada Triumph 400 Cc Buatan Bajaj, Tanpa Basis KTM dan Rantai Tetap di Kanan!
Ilham · 1 Jul, 2023 08:00
0
0
Diproduksi di pabrik Bajaj India.
Mesinnya 400 cc baru tanpa basis KTM 390.
Setelah diprediksi cukup lama, pekan ini Triumph akhirnya merilis motor dengan volume kecil mereka. Sama seperti spekulasi sebelumnya, motor bernama Triumph Speed 400 dan Triump Scrambler 400 x ini juga dibuat di India.
Meski beda nama, keduanya tetap punya tampilan retro modern yang diturunkan langsung dari tongkrongan dua moge bermesin 900 cc Triumph.
Jikapun dilihat, tampang Triumph Speed 400 merujuk kepada desain Triumph Speed Twin (Spesifikasi | Berita) 900. Sementara Triumph Scrambler 400 X mewarisi sosok Triump Scrambler 900.
Selain Cina, pabrikan motor asal India memang banyak menarik produsen ternama dunia untuk bekerja sama. Misalnya TVS dan BMW Motorrad lalu yang terbaru, ada Harley-Davidson dengan Hero MotoCorp.
Dalam penggarapan Triumph 400 ini, Triumph Motorcycles menggandeng Bajaj yang sebelumnya sukses menggarap motor-motor jalan raya KTM bermesin kecil.
Seperti pula namanya, kedua motor tersebut bermesin 400 cc, bukan 250 cc yang jadi spekulasi sebelumnya.
Keduanya pun didapuk menjadi varian bermesin terkecil dari pabrikan motor asal Inggris tersebut.
Sebab mesin yang diusung oleh keduanya bervolume 398 cc, bukan 373 cc seperti kepunyaan KTM. Meski demikian, konfigurasinya tak jauh berbeda yakni 1-silinder berpendingin cair.
Mesin Triumph 400 sendiri diklaim mampu menghasilkan tenaga 41 PS dan torsi 37,5 Nm. Berbeda dari output KTM Duke 390 (Spesifikasi | Berita) yang menyentuh 44 PS dengan torsi 37 Nm saja.
Makin menarik, pada produk kolaborasi ini Triumph tetap mempertahankan ciri khas mereka yakni posisi rantai di kanan. Bukan di kiri sebagaimana motor lainnya.
Jangan terkecoh tampilan retro Triumph Speed 400 dan Scrambler 400 X. Sebab keduanya justru bertabur fitur modern yang terbilang komplet.
Misalnya teknologi Ride by Wire, transmisi 6-speed dengan Assist & Slipper Clutch, switchable traction control dan rem ABS dual channel (khusus tipe Scrambler 400 X bisa dimatikan untuk offroad).
Selain itu ada lampu-lampu LED, kunci immobilizer, spidometer digital dan USB-C port charger.
Perbedaan Triumph Speed 400 dan Scrambler 400 X
Soal perbedaan keduanya, ada di bagian kaki-kaki misalnya saja travel suspensi. Di tipe Speed 400, punya suspensi dengan jarak main 140 mm di depan dan 130 mm di belakang.
Sementara Scrambler 400 X punya travel suspensi lebih panjang dari Speed 400, yakni 150 mm untuk depan dan belakang.
Selain itu, lingkar roda keduanya juga berbeda. Seperti Speed 400 memakai pelek 17 inci rata berlapis ban Metzeler Sportec M9RR.
Untuk Scrambler 400 X memakai kombinasi ukuran 19 inci di depan dan 17 inci di belakang. Lapisan bannya tetap bermerek Metzeler tapi dari tipe Karoo Street.
Persaingan Ketat di Segmennya
Saat ini, motor bertampang retro dengan mesin di rentang 350-410 cc terbilang padat di India. Beberapa tipe pun ada yang masuk ke Indonesia, seperti Royal Enfield.