window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Ban Motor Matic Goyang-Goyang Padahal Jalanan Mulus? Langsung Cek Bagian Ini

Ilham · 5 Jan, 2022 17:00

Ban Motor Matic Goyang-Goyang Padahal Jalanan Mulus? Langsung Cek Bagian Ini 01

Ban motor punya peran penting di sektor handling
  • Ban goyang bikin motor sulit dikendalikan
  • Kondisi telapak ban bukan satu-satunya penyebab goyang

Salah satu penunjang kenyamanan berkendara motorr matic adalah kestabilannya. Ban termasuk penunjang hal tersebut. Apalagi satu-satunya komponen yang berhubungan dengan aspal adalah ban. Sehingga perannya sangat krusial.

Sayangnya, faktor usia dan pemakaian membuat performa ban berkurang. Berkendara jadi kurang nyamannya bisa jadi karena ban yang bergoyang saat dikendarai.

Kondisi ban belakang yang goyang tersebut pun ada beberapa penyebabnya. Bisa jadi kurang angin atau kempes dan ban bocor. Namun jika kondisi ringan tersebut sudah diselesaikan tapi masih menimbulkan gejala goyang padahal jalanan mulus, maka cek komponen lainnya. Apa saja penyebab dan solusinya?

Suspensi Bocor

Coba cek motor matic Anda, apakah ada rembesan oli pada bagian suspensi belakang dan sulingan suspensi depan? Jika ada maka dapat dipastikan kondisi suspensi tersebut sudah bocor sehingga menggangu handling motor.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Ban Motor Matic Goyang-Goyang Padahal Jalanan Mulus? Langsung Cek Bagian Ini 01

Sok bocor bisa dilihat dari rembesan oli

Solusi di suspensi depan biasanya dapat dilakukan dengan mengganti sil sok dan menguras olinya. Namun jika kondisi sulingan sudah baret, maka hal itu akan sia-sia. Jadi perlu dilakukan pergantian sulingannya. Sementara untuk suspensi belakang bisa langsung diganti dengan yang baru.

Bos Engine Mounting

Selanjutnya komponen yang perlu dicek adalah bushing engine mounting. Penyebab yang utama kerusakan bagian ini adalah umur pemakaian yang sudah lama. Pasalnya bushing engine mounting berbahan karet. Sehingga bisa mengeras atau getas dan mudah pecah seiring usia pakainya.

Baca Juga: Tabrakan Vario dan Ferrari Viral, Cek Lagi Efek Buruk Berkendara Dalam Pengaruh Alkohol

Pecahnya karet bushing engine mounting tersebut menjadi penyebab ban belakang menjadi goyang. Untuk mengatasinya, cukup dengan mengganti karet engine mounting tersebut. Sebaiknya bawa ke bengkel yang terpercaya, karena pemasangan bushing engine mounting di beberapa tipe motor matic cukup rumit.

Masalah Laher Komstir

Ban juga bisa goyang jika bagian lain seperti komstir aus. Hal ini juga bisa mempengaruhi jalannya roda kendaraan, dan dampaknya akan sangat terasa pada bagian roda depan dan setang.

Ban Motor Matic Goyang-Goyang Padahal Jalanan Mulus? Langsung Cek Bagian Ini 02

Komstir yang bermasalah bikin ban depan goyang

Ausnya komstir nantinya bisa menyebabkan ban depan terasa goyang motor menjadi tidak stabil karena setang sulit dikendalikan. Solusinya bisa menyetel bagian komstirnya. Namun jika sudah terlalu aus, maka ganti komstir dengan yang baru.

Bearing As Roda Belakang Oblak

Ada lagi bagian motor yang kerap jadi biang goyangnya ban. Yaitu bearing as roda belakang yang oblak. Saat bearing bagian ini rusak, maka kemungkinan besar akan mengurangi kenyamanan saat motor dijalankan.

Ban Motor Matic Goyang-Goyang Padahal Jalanan Mulus? Langsung Cek Bagian Ini 03

Cek juga kondisi bearing as rodanya

Ciri yang ditimbulkan dari bearing as roda rusak adalah mulai munculnya suara kasar pada bagian ban belakang. Lalu ada getaran yang cukup mengganggu saat motor dipakai berkendara. Solusinya bisa dengan mengganti bearing as roda tersebut.

Pelek Peyang

Penyebab ban motor goyang selanjutnya adalah pelek yang peyang, atau tidak bulat sempurna. Kondisi ini bisa terjadi akibat motor menghantam lubang atau menabrak benda keras dalam kecepatan cukup tinggi.

Ban Motor Matic Goyang-Goyang Padahal Jalanan Mulus? Langsung Cek Bagian Ini 04

Velg peyang juga bikin motor nggak nyaman

Dengan peyangnya pelek tersebut, perputaran roda menjadi tidak stabil. Sehingga akan sangat mengganggu dan membahayakan pengendara karena ban bergoyang dan motor sulit dikendalikan.

Saat kerusakan pada pelek tersebut tidak begitu parah, yakni hanya melenting atau bengkok sedikit di bagian bibirnya, maka bisa melakukan press pada bagian yang rusak. Tapi saat kerusakannya parah seperti pecah, maka sebaiknya mengganti pelek yang baru.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });