window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Baru Beli Motor? Langsung Kasih Ini Supaya Gak Gampang Lecet!

Harry · 19 Agu, 2022 17:00

Baru Beli Motor? Langsung Kasih Ini Supaya Gak Gampang Lecet! 01

Bodi yang dilapis stiker transparan lebih bersih dan rapi.
  • Mampu melindungi bodi motor dari goresan.
  • Pengerjaan bisa 1-2 hari.
  • Ada pula stiker PPF yang lebih kuat.

Tentunya hati senang ketika motor impian diantar ke rumah usai ditebus dari uang tabungan. Tentunya motor masih baru, bodinya mulus dan halus, gak ada goresan sama sekali.

Nah supaya mempertahankan tampilan motor terlihat baru, ada beberapa cara yang bisa dilakukan nih, salah satunya dikasih stiker pelindung bodi. Supaya agak tersamarkan, bisa pilih stiker bening.

Tapi kalau mau warna beda, ada juga pilihan stiker transparan lainnya seperti merah, biru, kuning atau smoke. "Hampir semua warna ada sih," buka Pikno, dari Portal Sticker di Pondok Labu, Jakarta Selatan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Proses Pemasangan Seharian

Karena hampir seluruh bodi dilapisi stiker bening ini, maka prosesnya lumayan lama. Bisa sampai seharian, tergantung tingkat kesulitan dan lekuk bodi motornya.

Baca juga : Paketan Upgrade Rem Belakang Honda Vario LED, Harga Mulai Rp 1,4 Juta

Baru Beli Motor? Langsung Kasih Ini Supaya Gak Gampang Lecet! 01

Terkadang pemasangan harus melepas pasrt bodi dulu.

Untuk memudahkan, baiknya motor dalam kondisi bersih sebelum dipasangi stiker. Harganya pun masih terhitung terjangkau, kisaran Rp 300 ribuan sampai Rp 500 ribuan tergantung ukuran motor.

Untuk stiker bening ini banyak lokasi yang bisa jadi rujukan. Tentunya tukang cutting sticker pinggir jalan pun bisa melakukan pemberian stiker bening untuk bodi motor.

Paint Protection Film

Baru Beli Motor? Langsung Kasih Ini Supaya Gak Gampang Lecet! 02

Stiker diberi air sabun agar mudah diatur posisi pemasangannya.

Kalau mau yang model terbaru ada yang namanya Paint Protection Film (PPF). Awalnya teknologi ini tersedia untuk mobil, dan kini sudah banyak tersedia juga untuk motor.

PPF ini lebih kuat gesekan bahkan benda-benda tajam. Kerennya, jika ada goresan, maka PPF akan otomatis memperbaiki kerusakan sendiri, saat terkena suhu panas.

Baca juga : Selesai Jalan Jauh Dengan Sepeda Motor? Cek Beberapa Komponen Berikut, Jangan Disepelekan!

Baru Beli Motor? Langsung Kasih Ini Supaya Gak Gampang Lecet! 03

Pemotongan sisa stiker harus rapi agar awet.

Tapi karena lebih bagus, maka harganya juga lebih mahal dan proses pengerjaan juga lebih lama. Untuk gambaran, siapkan dana Rp 850 ribuan untuk melapisi bodi Yamaha Fazzio dengan PPF ini.

Berminat?

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });