Detail Keeway Versilia 150i, Harga Rp 28 Jutaan Punya Desain dan Fitur Kekinian
Fariz · 30 Jun, 2023 15:00
0
0
Menggunakan lampu full LED, spidometer digital, hingga keyless.
Mesin 150 cc dengan klaim tenaga dan torsi yang tidak terlalu besar.
Momen pembukaan Pekan Raya Jakarta atau Jakarta Fair 2023 dimanfaatkan betul oleh PT Benelli Motor Indonesia (BMI), dengan merilis beragam produk, salah satunya Keeway Versilia 150i.
Sebuah skuter matic yang punya desain klasik namun kental nuansa eropa yang menjadi ciri khas merek ini.
Bodinya yang minim lekukan ini dibekali dengan dua pilihan warna, pertama ada kombinasi warna Matte Green di bodi utama dengan Matte Gold di beberapa lis bodinya.
Desain pelek yang digunakan cukup keren, karena pakai model palang yang cukup banyak dengan model celong, sepasang peleknya ini menggunakan ring 12 inci.
Kemudian rodanya dibalut dengan ban ukuran 120/70-12 dan belakang 130/70-12, lantas rem depan mengandalkan cakram dengan 2 piston kaliper sedangkan yang belakang masih menggunakan tromol.
Keeway Versilia 150iFull LED & Keyless
Desain bodinya yang berbau klasik dikombinasi dengan sektor perlampuan yang sudah menganut LED, seperti DRL nya yang memanjang dengan desain modern cukup memberi kesan mewah.
Untuk desain lampu belakangnya, jika sekilas dilihat mirip seperti Peugeot Django yang punya desain serba memanjang dan tipis, tampilan lampu belakang semakin elegan dengan adanya DRL.
Hal modern berikutnya ada pada penggunaan keyless pada kunci kontaknya, namun sistem keyless yang digunakan sedikit berbeda jika dibandingkan motor lain.
Pertama pada remotnya ada tombol lock dan unlock, jadi ketika ingin menyalakan Keeway Versilia 150i terlebih dulu menekan tombol unlock.
Barulah knob kontak bisa diputar, jadi bukan ditekan seperti keyless pada motor lain.
Selain itu ada juga tombol answer back system, ketika dipencet maka keempat lampu seinnya akan berkedip selama 4 kali.
Nyala lampu tadi diiringi dengan suara beeper agar motor lebih mudah ditemukan di keramaian parkiran.
Di remotenya terdapat anak kunci manual yang bisa digunakan saat keadaan darurat, misal ketika baterai pada remot lemah sehingga tidak bisa terdeteksi oleh motor.
Karena itu hal yang bisa dilakukan adalah menggunakan anak kunci manualnya untuk memutar knob, cukup geser sisi tengah knob maka anak kunci manual bisa dimasukan dan knob bisa diputar.
Kemudian melihat spidometernya, matic retro modern ini sudah dibekali dengan spidometer full digital.
Isi informasinya ada takometer, jam digital, speed meter, odometer, trip, fuel meter, dan rentetan lampu indikator di sisi atas.
Di bawah setangnya terdapat gantungan barang yang bisa rapat jika sedang tidak digunakan.
Lalu terdapat laci atau glove box yang berisikan ruang penyimpanan minimalis beserta dengan power outlet untuk mengisi daya smartphone.
Ruang penyimpanan lebih besar bisa didapatkan di bawah jok, bagasinya cukup dalam walaupun ada tonjolan di tengah untuk mengakomodir throttle body agar tidak mentok.
Ruang bagasi luasnya ini bersanding dengan tangki bensin yang cukup besar di kelasnya, karena punya kapasitas mencapai 5,6 liter.
Desain joknya cukup unik, karena punya desain terpisah antara jok depan dan pembonceng, namun saat dibuka joknya ini menjadi satu kesatuan.
Mesin 150 Cc Jadi Andalan
Jantung penggeraknya menggunakan mesin 1 silinder, SOHC 2 katup, pendingin udara, dan tentunya sudah fuel injection dengan perbandingan kompresi 10,3:1.
Diameter pistonnya 57,4 mm dikombinasi dengan panjang langkah 57,8 mm, mesin dengan kapasitas murni 149,6 cc ini klaimnya punya tenaga maksimal 9,7 ps di 7.000 rpm dan torsi maksimal 10,5 Nm di 6.500 rpm.
Desain knalpotnya cukup unik, menggunakan silencer yang cukup tebal dengan lubang pembuangan di bawah, jika dilihat sekilas seperti yang digunakan pada Vespa LX (Spesifikasi | Berita) generasi awal.
Kesimpulan
Motor ini bisa jadi alternatif lain untuk yang menginginkan skuter matic bergaya retro modern dengan menggunakan mesin 150 cc.
Tentunya harganya pun jauh lebih terjangkau dibandingkan pemain sekelas, misalnya Vespa Primavera atau Vespa Sprint.