window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Dijual Rp 239,9 Juta, Ini Deretan Teknologi Kawasaki Ninja ZX-4RR 2024

Ilham · 27 Mar, 2023 16:30

Dijual Rp 239,9 Juta, Ini Deretan Teknologi Kawasaki Ninja ZX-4RR 2024 01

Selisihnya jauh dari Ninja ZX-25RR.
  • Mesin baru 4-silinder 399 cc punya kompresi tinggi.
  • Punya banyak fitur di sektor performa.

Kawasaki Ninja ZX-4RR model year (MY) 2024 akhirnya resmi meluncur di Indonesia pada Senin (27/3/2023). Banderolnya mencapai Rp 239,9 juta dengan status on the road Jakarta.

Ini artinya, harga motor ini tembus dua kali lipat lebih mahal Kawasaki Ninja ZX-25R (Spesifikasi | Berita) standar yang hanya Rp 105 juta. Meski begitu perbedaan signifikan ada di sektor mesinnya. Di mana gacoan baru Kawasaki ini membenamkan mesin bervolume 400 cc, alih-alih 250 cc seperti milik Ninja ZX-25R.

Bahkan sebelum peluncurannya KMI getol pamer teaser performanya. Lalu seperti apa detail penunjang performa Kawasaki Ninja ZX-4RR 2024? Yuk, kita bahas.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Baca Juga: Sisain THR, Kawasaki Ninja ZX-4R 2023 Muncul Sebelum Lebaran!

Kawasaki Ninja ZX-4RR dengan Sokongan Ram Air

Sorotan pertama tentu ada di mesinnya. Seperti disebut sebelumnya, Kawasaki Ninja ZX-4RR punya mesin 4-silinder segaris, berpendingin cairan dengan volume bersih 399 cc. Angka itu didapat dari kombinasi diameter x langkah 57.0 x 39.1 mm. 

Dijual Rp 239,9 Juta, Ini Deretan Teknologi Kawasaki Ninja ZX-4RR 2024 01

Mesin bertenaga

Perbandingan kompresinya pun dipatok tinggi, yakni 12.3:1. Hal ini membuat konsumsi bensin minimum bagi Kawasaki Ninja ZX-4RR sudah di oktan 95 atau lebih. Efeknya, tenaga sebesar 77 PS di 14.500 rpm (dengan Ram Air) dan torsi 37,6 Nm per 12.500 rpm optimal didapat.

Panel Ram Air sendiri diposisikan di tengah yang diklaim efektif untuk mencegah adanya air yang masuk ke box filter udara saat berkendara hujan. Saluran Ram Air mengarah ke samping, dirancang dengan feedback dari Ninja H2, mengalirkan udara segar ke kotak udara dan berkontribusi pada kinerja yang maksimal.

Baca Juga: Cuma 40 Unit, Kawasaki Ninja ZX-4RR 2024 Resmi Dijual Rp 239,9 Juta!

Pindah Gigi Lebih Halus

Performa mesin disalurkan ke roda belakang via transmisi manual 6-speed. Transmisi ini dibekali Dual Direction Kawasaki Quick Shifter yang memungkinkan perpindahan gigi yang halus tanpa kopling. 

Dijual Rp 239,9 Juta, Ini Deretan Teknologi Kawasaki Ninja ZX-4RR 2024 02

Lubang Air Ram di tengah fairing

Fitur ini memungkinkan motor untuk berakselerasi dan deselerasi menjadi cepat dan mudah. Karena saat berakselerasi, sistem mendeteksi jika tuas persneling telah diaktifkan dan mengirim sinyal ke ECU untuk memutus kunci kontak agar gigi bisa masuk tanpa perlu menarik tuas kopling. Hal serupa berlaku saat motor berdeselerasi.

Masih dari transmisi, bekalan fitur Assist & Slipper Clutch yang memperhalus proses perpindahan gigi. Fitur ini menggunakan dua jenis cam untuk menggerakan hub kopling dan plat secara bersamaan atau terpisah. Tujuannya membuat ringan tuas kopling dan mencegah ban belakang selip saat menurunkan gigi.

Hadirkan Fitur Penunjang Berkendara

Diluar tenaga yang buas dan transmisi canggih, untuk menunjang kenyamanan berkendara di Kawasaki Ninja ZX-4RR tertanam juga Kawasaki Traction Control (KTRC) & Power Modes. KTRC diturunkan langsung dari superbike Ninja ZX-10R.

Dijual Rp 239,9 Juta, Ini Deretan Teknologi Kawasaki Ninja ZX-4RR 2024 03

Kokpit seperti moge.

Fitur ini akan menjaga putaran roda tetap stabil saat melintas di jalan licin, berbatu atau berkerikil dari sensor khususny. Ketika putaran roda terdeteksi berlebihan, maka KTRC bekerja dengan mengurangi output mesin. Sehingga motor tak menjadi liar dan mudah dikendalikan.

Selain mengejar performa, Kawasaki Ninja ZX-4RR dirancang untuk memberikan kesenangan saat berkendara. Untuk itu terdapat Power Modes dengan dua pilihan yang mengatur keluaran tenaga. Sehingga saat motor ingin dipacu santai, tenaga yang dikeluarkan oleh mesin hanya dibatas hingga 80 persen saja.

“Dengan hadirnya New Kawasaki Ninja ZX-4RR kami sebagai pioneer sportbike di Indonesia semakin percaya diri karena kami akan mengutamakan kenyamanan customer dengan mendengarkan saran dan masukan yang diberikan," ucap Michael C. Tanadhi selaku Head Sales & Promotion KMI.

Menarik nih!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });