window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Healing Sambil Touring Naik Motor ke Tempat Wisata, Jangan Lupa Lakukan Persiapan Berikut

Ilham · 22 Jul, 2022 12:30

Healing Sambil Touring Naik Motor ke Tempat Wisata, Jangan Lupa Lakukan Persiapan Berikut 01

  • Pilih rute perjalanan yang bisa dinikmati.
  • Persiapkan motor dan fisik.
  • Jangan lupa protokol kesehatan.

Kegiatan touring banyak dilakukan para bikers dengan bermacam tujuan. Diantaranya melakukan perjalanan ke tempat wisata yang terbilang sangat mengasyikan. Sehingga banyak bikers yang suka melakukannya.
 
Bahkan saat ini, touring ke tempat wisata juga telah menjadi hobi yang rutin dilakukan oleh pengguna sepeda motor. Pasalnya kegiatan ini dapat jadi sarana healing dan memberikan pengalaman berpetualang yang berbeda. 

Meski terkesan menyenangkan, tapi ada baiknya Anda juga memperhatikan beberapa hal penting untuk melancarkan perjalanan berkendara. Sehingga tak menjadi pengalaman yang kurang menyenangkan di jalan. Seperti tips yang diberikan Yamaha CV Sumber Jadi berikut ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Siapkan Fisik yang Prima

Sebelum berkendara ke tempat yang jauh, pastikan fisik Anda tengah dalam kondisi yang prima. Ada baiknya menjaga kesehatan tubuh sebelum menggeber motor.

Healing Sambil Touring Naik Motor ke Tempat Wisata, Jangan Lupa Lakukan Persiapan Berikut 01

Fisik perlu dijaga sebelum touring

Misalnya menghindari begadang sebelum touring, karena tubuh membutuhkan waktu tidur dan istirahat yang cukup sebelum berkendara. Di samping itu, lakukan olahraga ringan dan pemanasan sebelum touring supaya membantu pelemasan otot-otot tubuh dan membuat tubuh tetap bugar.

Gunakan Peranti Keselamatan Berkendara

Selain persiapan fisik, jangan lupa juga untuk memakai peranti keselamatan berkendara yang pas dan bersih. Pastikan ukurannya sesuai dengan kebutuhan, sehingga tetap nyaman dipakai dalam kondisi jauh.

Healing Sambil Touring Naik Motor ke Tempat Wisata, Jangan Lupa Lakukan Persiapan Berikut 02

Gunakan perlengkapan nyaman

Pakai helm full face, sarung tangan yang menutupi penuh jari dan telapak tangan, serta gunakan jaket dan sepatu yang nyaman. Untuk antisipasi musim hujan, bawa juga jas hujan model setelan yang bisa digunakan begitu hujan turun.

Kenali Rute Perjalanan

Tak perlu tergesa-gesa untuk menuju ke tempat karena tujuannya memang untuk menikmati perjalanan. Untuk itu, sangat penting mengetahui rute perjalanan yang akan ditempuh. Biasanya informasinya bisa diperoleh melalui berbagai sumber seperti internet. 

Healing Sambil Touring Naik Motor ke Tempat Wisata, Jangan Lupa Lakukan Persiapan Berikut 03

Usahakan lewati rute yang eksotis

Selain itu, sebaiknya sebelum berkendara kenali dulu obyek wisata yang akan dikunjungi baik itu tentang sejarah, spot menarik, kondisi sekitar dan lainnya. Sehingga menambah pengetahuan dan ketertarikan mengenai destinasi tersebut. 

Hal tersebut bakal memudahkan dan melancarkan touring. Semisal dengan melalui rute yang aman dari bahaya yang tidak diinginkan atau dapat menikmati pemandangan indah sepanjang perjalanan.

Cek Kondisi Motor

Persiapkan kondisi motor agar optimal untuk dibawa berkendara jarak jauh dengan melakukan pengecekan terlebih dahulu.

Healing Sambil Touring Naik Motor ke Tempat Wisata, Jangan Lupa Lakukan Persiapan Berikut 04

Jika memakai motor baru, sebaiknya Anda juga harus memahami dan menguasai motor yang digunakan termasuk fitur-fiturnya, sehingga dapat menunjang kelancaran perjalanan.

Jangan Lupa Beristirahat

Seperti disebut sebelumnya untuk tidak terburu-buru dalam berkendara dan menikmati perjalanan, untuk itu luangkan waktu untuk beristirahat dengan menginap. 

Jangan paksa tubuh untuk terus berkendara saat lelah. Karena bisa berpotensi menyebabkan kecelakaan yang merugikan diri sendiri dan pengguna jalan lain.

Healing Sambil Touring Naik Motor ke Tempat Wisata, Jangan Lupa Lakukan Persiapan Berikut 05

Touring ke lokasi wisata menyenangkan

Karenanya perlu mengetahui informasi mengenai waktu tempuh perjalanan dan tempat penginapan di perjalanan. Sehingga bisa mengatur jadwal untuk beristirahat. 

Saat berkendara di jarak yang jauh, sebaiknya hindari berkendara motor hingga larut malam atau dini hari. Tujuannya agar tubuh dapat beristirahat sejenak dan tenaga tetap tersimpan untuk melanjutkan perjalanan.

Jaga Protokol Kesehatan

Saat ini, virus Covid 19 masih berkeliaran. Untuk tetap menjaga protokol kesehatan dengan menggunakan masker, hand sanitizer, atau mencuci tangan dengan sabun dan air bersih.
 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });