window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Jangan Anggap Sepele, Membonceng Anak Pakai Motor Harus Perhatikan Hal Ini!

Harry · 9 Mei, 2021 17:00

Terkadang orangtua saat berboncengan sepeda motor dengan anaknya kerap terlihat egois. Sang ayah atau ibu menggunakan perlengkapan berkendara yang cukup lengkap seperti helm, jaket, sepatu tapi bagaimana dengan si anak?

Anak yang dibonceng kerap tak menggunakan perlengkapan berkendara memakai, tanpa helm dan tanpa jaket artinya menyepelekan keselamatan sang anak. Padahal baik orangtua yang mengendarai motor atau si anak juga memiliki potensi bahaya yang sama kala berada di jalan raya.

Jangan Anggap Sepele, Membonceng Anak Pakai Motor Harus Perhatikan Hal Ini! 01

Berboncengan dengan anak juga harus perhatikan perlengkapan  berkendaranya.

Apalagi menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), sepeda motor menjadi alat transportasi yang mendominasi sebanyak 84% jumlah kendaraan bermotor di Indonesia. Setiap rumah tangga setidaknya memiliki satu sepeda motor dan digunakan sebagai alat transportasi utama untuk semua anggota keluarga. 

Baca juga : Jangan Pakai Calo, Ganti STNK dan Plat Motor Baru Mudah dan Murah!

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Itu berarti anak juga kerap terlibat dalam aktivitas berkendara. "Antonius Widiantoro, Manager Public Relations, YRA dan Community PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) tak menampik jika motor jadi pilihan praktis mayoritas masyarakat Indonesia.

"Maka pemahaman dalam berkendara perlu menjadi perhatian utama, apalagi saat berkendara bersama anak, yang tentunya butuh persiapan dan perencanaan. Yamaha Riding Academy (YRA) akan memberikan tips berkendara bersama anak bagi pengendara sepeda motor di Indonesia," katanya.

Jangan Anggap Sepele, Membonceng Anak Pakai Motor Harus Perhatikan Hal Ini! 01

Anak juga wajib pakai helm saat dibonceng!

Dan berikut 10 tips aman berkendara sepeda motor bersama anak yang bisa diterapkan dalam keseharian Anda:

1. Gunakan Perlengkapan Berkendara

Jangan hanya orangtuanya, anak juga wajib menggunakan peralatan berkendara memadai seperti helm, jaket, celana panjang, sepatu dan sarung tangan. Ingat resiko bahaya di jalan selalu mengintai kapan saja!

2. Jangan Bonceng Anak di Depan

Baiknya posisikan anak tepat di belakang pengendara, badan orangtua yang lebih besar akan membantu melindungi anak dari debu dan asap kendaraan lain. Selain itu jika anak dibonceng di depan, konsentrasi berkendara juga bisa terganggu loh.

3. Pastikan Anak Siap Dibonceng

Pastikan fisik anak sudah mumpuni dan siap untuk dibonceng. Jika masih terlalu kecil, baiknya menggunakan kendaraan roda empat atau kendaraan umum untuk keselamatan bersama.

Baca juga : Intip Ragam Aksesoris Resmi Yamaha Nmax 155 2021, Cocok Untuk Berkendara Jarak Jauh

Jangan Anggap Sepele, Membonceng Anak Pakai Motor Harus Perhatikan Hal Ini! 02

Sebaiknya tak berkendara overload seperti ini.

4. Anak Berpegangan Kuat

Selalu ingatkan sang anak untuk berpengangan kuat pada pinggang pengendara. Ada baiknya Anda menggunakan alat pengikat tambahan yang sudah banyak dijual, agar anak tetap aman dan nyaman saat dibonceng.

5. Pastikan Posisi Kaki Anak

Sepeda motor adalah kendaraan yang terbuka, artinya seluruh anggota tubuh penggunanya terlihat dan tak tertutupi oleh bodi layaknya mobil. Untuk itu perhatikan kaki anak agar rapat dan tak membuka yang beresiko tersenggol kendaraan lain.

6. Atur Akselerasi

Buka tutup gas juga harus dibuat lebih halus agar tak menghentak, yang bisa membahayakan anak yang dibonceng. Berkendara dengan eco riding disarankan selain laju motor stabil konsumsi bahan bakar juga lebih irit.

Baca juga : Jangan Pakai Jas Hujan Ponco! Ini Tips Berkendara Aman Saat Musim Hujan

Jangan Anggap Sepele, Membonceng Anak Pakai Motor Harus Perhatikan Hal Ini! 03

Hindari anak dibonceng di depan.

7. Ngantuk, Istirahat!

Jika kondisi anak terasa mulai mengantuk baiknya menepi terlebih dulu. Anak yang mengantung akan goyang kiri dan kanan yang bisa membahayakan pengendara dan anak itu sendiri.

8. Hitung Waktu Perjalanan

Sebaiknya membonceng bersama anak tak terlalu lama karena lebih mudah lelah, fisik mereka belum sekuat orang dewasa. Jika jalan yang dilewati macet, gunakan alternatif jalan lain yang lebih lancar agar lekas tiba sampai tujuan.

9. Patuhi Rambu Lalu Lintas

Selain demi keselamatan diri dan anak, mematuhi peraturan lalu lintas secara tak langsung juga mengajarkan disiplin pada anak. Kelak jika anak sudah dewasa dan bisa berkendara sendiri, dirinya akan paham dan mengikuti jejak orangtuanya.

Jangan Anggap Sepele, Membonceng Anak Pakai Motor Harus Perhatikan Hal Ini! 04

Ini adalah contoh buruk berb

10. Gunakan Motor Yang Sesuai

Sekarang ini motor jenis skutik sudah jadi andalan hampir setiap warga Indonesia karena praktis digunakan. Yamaha menyarankan menggunakan motor yang ramah anak seperti Yamaha Gear 125 karena memiliki pijakan kaki khusus anak agar lebih nyaman saat dibonceng.

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });