Jangan Asal Pakai, Begini Apparel yang Pas Untuk Mudik!
Fariz · 19 Apr, 2023 11:30
0
0
Perlu pakai apparel lengkap dari ujung kepala hingga ujung kaki.
Berhubungan dengan keselamatan selama perjalanan.
Mudik menggunakan sepeda motor umumnya memiliki rute perjalanan yang beragam dengan jarak cukup jauh. Karena itu baik pengendara maupun pemboncengnya perlu membekali diri dengan perangkat yang aman.
Tujuannya untuk mengurangi cidera parah ketika terjadi kecelakaan di perjalanan. Untuk itu berikut beberapa apparel wajib yang rasanya perlu digunakan oleh para pemudik. Nah buat yang belum jalan, cek dulu deh tipsnya.
Helm
Baik untuk mudik atau tidak, rasanya helm menjadi perangkat yang wajib digunakan oleh para pengendara sepeda motor. Tujuannya bukan untuk menghindari penilangan oleh polisi, melainkan untuk melindungi kepala dari benturan.
Seperti yang kita tahu kalau kepala merupakan salah satu bagian tubuh yang cukup krusial, maka dari itu perlu mendapatkan perlindungan yang terjamin selama perjalanan.
Untuk perlindungan optimal, pengendara bisa menggunakan helm tipe full face agar sisi muka juga terlindungi dari benturan. Bisa pilih helm dengan ventilasi banyak atau besar agar rasa panas tidak terlalu menyelimuti kepala.
Agar mata nyaman saat kondisi gelap atau terang, ada baiknya memilih helm yang dibekali dengan double visor. Dengan begitu mata tetap nyaman dengan perubahan cuaca, tidak was-was saat jalan di kondisi gelap juga tidak silau saat siang hari.
Jaket
Banyak fungsi yang diberikan dari jaket. Seperti melindungi badan dari terpaan angin langsung, menjaga badan dari paparan sinar matahari dan debu, juga untuk meminimalisir luka saat terjatuh.
Iklim Indonesia yang umumnya bersuhu tinggi, ada baiknya menggunakan jaket yang memiliki kombinasi bahan mesh. Bahan ini memiliki rongga sehingga bisa menjadi ventilasi udara.
Agar dapat memberikan perlindungan lebih, bisa memilih jaket yang sudah dibekali dengan protector. Tidak perlu produk import, karena produk lokal pun sudah banyak yang memproduksi jaket riding dengan protector.
Umumnya protector ada pada kedua sikut dan punggung, dengan begitu bisa membuat cidera lebih minim.
Celana Panjang
Sama halnya jaket, celana panjang juga perlu digunakan untuk melindungi kaki dari panas matahari dan debu selama perjalanan. Celana panjang juga ada yang dilengkapi dengan protector.
Protector pada celana panjang biasanya ada untuk melindungi dengkul dan paha. Protector ini juga terbagi menjadi beberapa tipe, ada yang hard protector dan soft protector.
Sarung tangan
Yang disarankan adalah sarung tangan full menutupi jari, bukan model buntung yang hanya melindungi separuh jari. Tujuannya agar sarung tangan bisa melindungi seluruh telapak tangan hingga ujung jari.
Sarung tangan sendiri banyak sekali model dengan kelengkapan dan penggunaan bahan yang beragam. Mulai dari bahan mesh hingga kulit, kembali kepada kebutuhan pengendaranya.
Meskipun kecil, tapi sarung tangan juga dilengkapi protector baik soft maupun hard. Biasanya ada di atas jari-jari tangan dan di telapak tangan sisi bawah. Dengan begitu tulang akan aman dari benturan dan gesekan saat terjatuh.
Sepatu Tinggi
Yang dimaksud tinggi di sini bukan sol sepatu, melainkan sisi atas sepatu yang harus tinggi agar bisa melindungi mata kaki. Ini karena mata kaki dilapisi dengan kulit yang sangat tipis, sehingga rawan ketika terkena benturan keras.
Baiknya juga mencari sepatu dengan sol sepatu yang punya cengkeraman baik ke aspal untuk menghindari kaki selip saat menahan motor. Tidak lupa gunakan sepatu yang punya sisi ujung jari yang keras untuk menghindari jari saat jatuh.
Jas Hujan
Apparel terakhir yang tidak boleh tertinggal tentu saja jas hujan, mengingat kondisi cuaca belakangan ini kerap kali turun hujan secara mendadak. Ini juga untuk meminimalisir kemacetan yang diakibatkan menumpuknya para pengguna sepeda motor saat berteduh di pinggir jalan.
Ada baiknya memilih jas hujan model setelan yang terpisah antara badan atas dan bawah, ini membuat jas hujan lebih membentuk tubuh sehingga jas hujan tidak berkibar selama digunakan untuk mengurangi risiko tersangkut ke area roda atau ke pengendara lain.