window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Jangan Dicuekin, Motor Mau Ditinggal Mudik Ada Ritualnya Juga Lho!

Ilham · 27 Apr, 2022 10:30

Jangan Dicuekin, Motor Mau Ditinggal Mudik Ada Ritualnya Juga Lho! 01

Motornya nggak perlu ikutan mudik kok
  • Keamanan dibutuhkan agar tak was-was saat motor ditinggal.
  • Agar siap pakai pasca mudik kondisi motor perlu dijaga.

Mudik Lebaran hanya tinggal menghitung hari. Selain mempersiapkan kendaraan untuk perjalanan, tak sedikit pula yang bakal meninggalkan tunggangannya saat pulang ke kampung halaman.

Ditinggal dalam jangka waktu cukup lama, akan membuat kondisi motor juga perlu dipersiapkan. Baik keamanan selama ditinggal hingga menjaga performanya.

Sehingga tidak membuat was-was saat mudik. Selain itu, saat kembali dari kampung, kondisi tunggangan tetap prima. Dan bisa langsung dipakai untuk mobilitas.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Lalu bagaimana cara agar motor bisa terjaga kondisinya dan tak bikin khawatir selama ditinggal mudik? Berikut tujuh langkah yang bisa Anda lakukan.

Baca Juga: Mudik Dengan Sepeda Motor Butuh Persiapan Matang, Dari Pemilihan Rute Hingga Riding Gear

1. Cuci Motor Sebelum Ditinggal

Sebelum ditinggal, pastikan motor dalam kondisi bersih yakni dengan mencucinya. Hal ini dilakukan untuk menghindari kotoran yang menempel dan meninggalkan bercak di bodi motor.

Jangan Dicuekin, Motor Mau Ditinggal Mudik Ada Ritualnya Juga Lho! 01

Cuci motor sebelum disimpan

Selain itu, mencuci motor sebelum ditinggal lama juga bisa menghindari karat karena kotoran atau debu dan sisa hujan yang menempel di motor.

2. Cabut Kabel Aki

Aki merupakan komponen krusial bagi kelistrikan motor, terutama yang sudah menerapkan sistem injeksi. Sehingga menjaga kondisinya tetap optimal mutlak dilakukan.

Jangan Dicuekin, Motor Mau Ditinggal Mudik Ada Ritualnya Juga Lho! 02

Aki bisa juga disimpan di tempat aman

Diantaranya dengan mencabut kabel aki dari kutubnya. Karena meski dalam kondisi diam, arus listrik dari aki tetap bekerja jika kabel tersebut terhubung. Sehingga lebih baik kabel aki dicabut dan simpan aki di lokasi yang terlindungi.

3. Tak Perlu Kosongkan Tangki Bensin

Meski ditinggal dalam jangka waktu yang cukup lama, namun tak perlu sampai mengosongkan tangki bensin. Apalagi jika motor akan langsung dipakai setelah mudik. Malah ribet jika ingin dipakai mendadak.

Sebaiknya justru isi penuh tangki bensin. Tujuannya agar tangki tidak berkarat karena proses penguapan saat motor ditinggal dalam jangka waktu cukup lama.

4. Panaskan Mesin Pasca Mudik

Ketika ditinggal dalam jangka waktu lama, oli mesin akan mengendap di bagian bawah. Untuk memastikan oli bersirkulasi dengan baik, setelah ditinggal lama mesin sebaiknya dipanaskan.

Jangan Dicuekin, Motor Mau Ditinggal Mudik Ada Ritualnya Juga Lho! 03

Panaskan mesin untuk mengoptimalkan sirkulasi oli mesin

Tak perlu lama dan digeber-geber. Cukup 1-2 menit hingga oli melumasi seluruh bagian mesin dengan baik, maka motor siap dipakai.

5. Simpan Motor di Tempat Aman

Jangan tergesa-gesa untuk berangkat mudik. Pastikan dulu kondisi motor terparkir di tempat yang aman dan terlindungi. Hal ini juga akan menghindari rasa was-was saat motor ditinggal mudik.

Baca Juga: Mudik ke Sumatra atau Bali Wajib Beli Tiket Kapal Online, Segini Tarif Buat Motor

6. Gunakan Alas Ban

Sudah jadi kebiasaan jika motor ditinggal dengan standar tengah. Tapi usahakan juga ada alas seperti karton atau kain diantara ban dan lantai. Karena ban yang terlalu lama menempel ke lantai secara langsung kerap mengalami kekurangan tekanan angin dan mempengaruhi kondisi karet ban.

7. Gunakan Kunci Tambahan

Jangan Dicuekin, Motor Mau Ditinggal Mudik Ada Ritualnya Juga Lho! 04

Bisa andalkan kunci tambahan

Beragam kunci tambahan, seperti gembok, kunci rahasia dan alarm bisa digunakan untuk memberi rasa aman selama motor ditinggal. Sehingga hal tersebut bisa mengurangi potensi curanmor pada saat ditinggal mudik.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });