window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Jangan Kebawa Nafsu, Ini Efek Buruk Isi Bensin Sampai Meluber

Ilham · 22 Sep, 2022 17:00

Jangan Kebawa Nafsu, Ini Efek Buruk Isi Bensin Sampai Meluber 01

Isi bensin hindari meluber
  • Bensin terbuang jadi mubazir.
  • Ada efek ke lingkungan karena tumpahan bensin.

Sejak kenaikan harga Pertalite beberapa waktu lalu, konsumsinya pun dirasa tambah boros. Selain itu, antrian konsumen bensin bersubsidi tersebut kerap mengular dan membuang waktu.

Alhasil, agar lebih praktis dan tidak bolak-balik ke SPBU, maka konsumen tak jarang mengisi tangki motornya secara penuh atau full tank.

Memang, mengisi tangki bensin dengan penuh tentu tidaklah salah. Tapi dibalik kebiasaan mengisi bensin hingga kepenuhan ternyata ada ruginya, terutama bagi yang mengisi hingga meluber.

Baca Juga: Honda CBR250RR 2023 Meluncur, Jadi Paling Superior dari Lawannya?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Bensin Bisa Terhisap Kembali ke Dispenser

Kerugian pertama yang disebabkan oleh mengisi bensin hingga meluber adalah bahan bakar yang kembali ke dispenser. Ini artinya, meski terlihat penuh, tapi sebagian bensin yang sudah terisi dan Anda bayar justru kembali ke dispenser SPBU. 

Jangan Kebawa Nafsu, Ini Efek Buruk Isi Bensin Sampai Meluber 01

SPBU Vivo antriannya lebih pendek dari Pertamina

Hal ini dimungkinkan karena mesin pengisian mesin pengisian bahan bakar telah dilengkapi dengan penghisap uap bensin modern. Selang ini bisa mendeteksi bensin yang diisikan sudah penuh di tangki.

Sehingga dengan otomatis akan menyedot kembali uap bensin yang luber dari lubang tangki. Bukannya mendapat bensinnya, Anda malah jadi membayar percuma karena kepenuhan tadi.

Baca Juga: Kawasaki Ninja 125 dan Z125 2023 Dikenalkan, Rangka Berwarna Tampil Ngejreng!

Lubang Hawa Tangki Tertutup

Di bagian tangki bensin, sebenarnya terdapat lubang hawa atau udara yang berfungsi menjaga tekanan dalam tangki. Karena untuk proses pembakaran yang maksimal, bensin butuh ruang agar bisa mengembang. 

Jangan Kebawa Nafsu, Ini Efek Buruk Isi Bensin Sampai Meluber 02

Sehingga hadirnya lubang tersebut adalah untuk mengurangi tekanan yang dihasilkan ketika bensin berada di dalam tangki. Tapi ketika isi tangki terlalu penuh, maka tidak ada ruang sama sekali pada tangki.

Ketika gas yang seharusnya keluar dari lubang tersebut malah akan keluar dari tangki lewat selang pembuangan. Ini yang membuat ketika isi tangki terlalu penuh, bensin akan terbuang sebagian.

Merugikan Kesehatan

Terakhir, dampak lainnya lebih bersifat jangka panjang. Uap bensin yang tumpah ketika Anda mengisi bensin hingga luber ke luar tangki akan merugikan kesehatan dan menyumbang polusi udara. Bensin yang luber pun malah jadi ikut mencemari lingkungan. Sehingga sebaiknya mengisi bensin secukupnya saja dan tak perlu meluber.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });