window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Masuk Musim Hujan, Bikers Wajib Hindari 5 Kebiasaan Buruk Ini!

Harry · 16 Sep, 2021 14:00

Memasuki bulan September, beberapa hari terakhir ini sejumlah wilayah di Indonesia mulai diguyur hujan. Buat kalian yang sehari-harinya mengendarai sepeda motor, tentu butuh persiapan ekstra.

Maklum saja, sepeda motor itu alat transportasi yang paling terbuka dan rentan terhadap perubahan cuaca. Mau cuaca panas atau hujan, pengendara motor akan merasakannya langsung.

Masuk Musim Hujan, Bikers Wajib Hindari 5 Kebiasaan Buruk Ini! 01

Hujan mulai sering turun, bikers harus hindari kebiasaan buruk.

Menyikapi musim penghujan yang telah tiba, bikers harus memahami perilaku berkendara agar tetap aman dan selamat selama perjalanan. Dan tak lupa, hindari 5 kebiasaan buruk yang kerap dilakukan mayoritas pengendara motor saat musim hujan.

Apa saja kebiasaan itu?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Baca juga : Mengendarai Sepeda Motor Aman dan Nyaman Saat Hujan, Tak Cukup Modal Jas Hujan Saja

1. Pakai Ban Botak

Menyangkut keselamatan, baiknya periksa kondisi ban motor kalian. Jangan sampai masih menggunakan ban yang tapaknya sudah botak, atau semi slick alias tebal di pinggirannya, namun halus pada bagian tengah tapak ban.

Masuk Musim Hujan, Bikers Wajib Hindari 5 Kebiasaan Buruk Ini! 01

Ban semi slick, halus di tengah dan kembangan tebal di pinggirnya.

Alasannnya karena ban dengan tapak yang sudah botak, kemampuan untuk membuang airnya sudah jauh menurun. Ada potensi tergelincir akibat hilangnya traksi saat berkendara dalam kondisi jalanan yang basah.

Tapi kalau ban kalian masih terlihat alurnya pun, tetap harus diperiksa. Jika sudah menyentuh TWI (thread wear indicator), baiknya tetap diganti, toh demi keselamatan kalian juga.

2. Jas Hujan Batman

Meski sekarang sudah banyak bikers yang sadar akan bahayanya jas hujan ala batman ini, namun masih ada saja yang nekat memakainya. Alasannya? Karena lebih murah harganya dibanding jas hujan model setelan atas bawah.

Masuk Musim Hujan, Bikers Wajib Hindari 5 Kebiasaan Buruk Ini! 02

Jas hujan batman, rawan tersangkut kendaraan lain.

Tapi ingat, jas hujan batman ini selain kemampuan melindungi dari hujan tak begitu bagus, ada potensi bahaya tersangkut dengan kendaraan lain. Bahkan sering terjadi jas hujan tersangkut rantai motor sendiri dan membuat pengendaranya terjatuh.

Baca juga : Jangan Sekadar Punya, Kelaikan Helm untuk Musim Hujan juga Penting Diperhatikan

3. Nyeker

Karena sepatu takut basah kala hujan turun, sering terlihat bikers berkendara tanpa alas kaki alias nyeker. Tentu hal ini tak disarankan, karena tanpa perlindungan, kaki bisa terluka parah saat terjadi sesuatu.

Untuk mengantisipasinya bisa dengan berbagai cara, seperti menggunakan sepatu yang anti air, lalu membawa seaptu cadangan sampai menggunakan cover sepatu yang tahan air.

4. Berteduh di Kolong Jembatan

Sudah tahun 2021 dan tahu kalau sehari-hari naik motor, kok masih tak juga memnbawa jas hujan. Alhasil bikers kerap berteduh disembarang tempat seperti kolong jembatan.

Masuk Musim Hujan, Bikers Wajib Hindari 5 Kebiasaan Buruk Ini! 03

Kerap neduh di kolong jembatan dan bikin macet.

Pastinya karena banyak bikers yang berteduh, arus lalu lintas akan tersendat. Tak heran jika setiap turun hujan, jalanan akan macet imbas bikers yang berteduh dan juga genangan diberbagai titik.

5. Ngebut Saat Gerimis

Ketika hujan mulai turun sedikit-sedikit, banyak bikers yang justru semakin bernafsu memacu kuda besinya. Mungkin maksudnya agar lekas tiba di tujuan, atau setidaknya bisa mendapatkan lokasi yang lebih pas untuk memakai jas hujan.

Baca juga : Jangan Pakai Jas Hujan Ponco! Ini Tips Berkendara Aman Saat Musim Hujan

Masuk Musim Hujan, Bikers Wajib Hindari 5 Kebiasaan Buruk Ini! 04

Hujan turun biasanya banyak bikers semakin memacu motornya.

Tapi tindakan itu justru membahayakan. Permukaan jalan yang belum 100% basah, justru menjadi lebih licin. Tak jarang bikers tergelincir akibat permukaan jalan yang basah nanggung.

Jika memang mulai turun hujan, baiknya kurangi laju motor kalian atau bisa juga langsung menepi untuk memakai jas hujan. Tapi ingat, setelah pakai jas hujan, langsung kembali jalan ya, supaya tidak menimbulkan kemacetan.

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });