window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Suzuki Katana Desain Tua Nafas Muda, Gahar Dicangkok Mesin Eks WSBK

Harry · 10 Jun, 2021 09:00

Ya ini bukan mobil jenis suv yang sempat beredar di Indonesia dengan nama yang sama, tapi ini adalah motor Suzuki Katana yang sempat beredar sejak 1981 hingga 2006, dengan nama Suzuki GSX1100S Katana.

Suzuki Katana Desain Tua Nafas Muda, Gahar Dicangkok Mesin Eks WSBK 01

Suzuki Katana yang dicangkok mesin WSBK.

Meski generasi terbarunya telah hadir tahun 2019 lalu, namun versi tuanya tetap menarik banyak perhatian karena bentuknya yang ikonik. Apalagi jika motor ini dibuat lebih gahar karena pakai mesin eks motor balap World Superbike (WSBK).

Baca juga : Sadis! Suzuki Satria F-150 Ini Berjantung Kawasaki Ninja 150R

Ya memang garapan Team Classic Suzuki satu ini terbilang impresif. Menu utamanya adalah mencangkokan mesin eks motor balap WSBK dari tim Alstare GSX-R1000 keluaran tahun 2008.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Suzuki Katana Desain Tua Nafas Muda, Gahar Dicangkok Mesin Eks WSBK 01

Mesin eks balap WSBK tahun 2008.

Tak hanya memasangkan dapur pacu balap saja, tapi jantung mekanis tersebut juga diberikan sentuhan modifikasi berupa header Alstare WSBK, link pipe dan silincer knalpot dari Racefit.

Komponen elektronik dipercayakan pada Yoshimura EM Pro kit. Sistem pendinginan mengandalkan radiator dan oil cooler dari pabrikan Suzuki, tapi untuk jalur air pendingin dan oli menggunakan pipa alumunium.

Baca juga : Awas Tertipu, Suzuki Hayabusa Ini Aslinya Bajaj Pulsar 220!

Suzuki Katana Desain Tua Nafas Muda, Gahar Dicangkok Mesin Eks WSBK 02

Knalpot Racefit dongkrak performa mesinnya.

Hasil garapan yang dikomandoi Nathan Colombi ini, akhirnya mampu menghasilkan output hingga 200 PS lebih pada roda belakang. Performa dan nafas mesin pun tak kalah dengan motor keluaran tahun muda.

O iya, motor ini dibuat ulang menggunakan rangka dari Suzuki GSX-R1000 K, namun bagian sub-frame dibentuk ulang dan digarap oleh Alpha Performance Facbrication, berikut memberi dudukan untuk sepasang suspensi belakang.

Baca juga : Harga Bekas Suzuki GSX-R150 2018 Menggiurkan, Lebih Murah Dari Honda Vario 125 2021 Loh!

Suzuki Katana Desain Tua Nafas Muda, Gahar Dicangkok Mesin Eks WSBK 03

Sub-frame dan bodi belakang dibuat sendiri.

Tentu perkara kaki-kaki pun tak main-main. Lengan ayun menggunakan ukuran besar dengan stabilizer yang kokoh. Suspensi belakang pun mengandalkan Ohlins.

Begitu pula suspensi depan yang mengandalkan merek Ohlins, yang menjepit pelek lansiran Dymax CH3, berbungkus ban Michelin. Tentu saja perkara pengereman juga tak mau setengah-setengah.

Baca juga : Hadirkan Warna Menggoda, Ini Cicilan Terbaru Suzuki Satria F150

Suzuki Katana Desain Tua Nafas Muda, Gahar Dicangkok Mesin Eks WSBK 04

Piranti pengereman full dari Brembo.

Kaliper keluaran Brembo, berikut cakram dan kampasnya dipercaya menahan laju kedua roda. Menariknya kaliper rem belakang disembunyikan untuk mendapatkan penampilan yang terlihat bersih.

Sebagai sentuhan akhir, motor ini disematkan footstep alumunium, lampu belakang LED yang ramping, jok modifikasi, lampu depan ukuran besar dengan iluminasi LED.

Baca juga : Harga Suzuki Gixxer SF 250 2021 Rp Rp 59 Jutaan di Thailand, Indonesia Jadi Target Selanjutnya!

Suzuki Katana Desain Tua Nafas Muda, Gahar Dicangkok Mesin Eks WSBK 05

Lampu depan sudah mengandalkan LED.

Bodi-bodi motor ini pun ada yang custom ada yang pakai part original. Bodi custom terdapat pada bodi belakang, karena sengaja dibuat lebih pendek dari aslinya.

Lantas bodi asli bisa terlihat pada fairing depan yang didapatkan dari Suzuki's Vintage Parts Programme, serta komponen karbon untuk detail kecilnya. Uniknya fairing Suzuki Katana ini disebut juga dengan nama fairing bikini.

Baca juga : Jadi Produk Terlaris, Ini 5 Alasan Suzuki Satria F150 Pantas Dibeli!

Suzuki Katana Desain Tua Nafas Muda, Gahar Dicangkok Mesin Eks WSBK 06

Hasil keren garapan Team Classic Suzuki.

Hmmm... Mungkin karena bentuknya terpisah atas dan bawah ya, sementara bagian mesin dibiarkan terekspos.

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });