window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Touring Nyaman dengan Kawasaki KLX 230 SM, Begini Modifikasinya

Fariz · 22 Jun, 2023 19:00

Touring Nyaman dengan Kawasaki KLX 230 SM, Begini Modifikasinya 01

Kawasaki KLX 230 SM tampil lebih gagah
  • Pakai roda depan 19 inci bikin tampilannya lebih gagah.
  • Ada penambahan windshield dan boks untuk kebutuhan turing.

Genre supermoto bisa menjadi pilihan bagi tunggangan off road berkaki-kaki jenjang, namun lebih sering menghadapi jalur on road.

Karenanya motor-motor dengan konsep supemoto, umumnya menggunakan lingkar pelek ring 17 inci baik depan atau belakang serta dibalut ban on road.

Untuk motor yang sejatinya bukan supermoto pun tak perlu khawatir. Pasalnya, sudah banyak bengkel yang menerima pengerjaan demikian. Misalnya saja mengubah wheelset bawaan motor trail Honda CRF150L (Spesifikasi | Berita) menjadi supermoto. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Kendati begitu, ada pula beberapa pabrikan yang memang menjual model supermoto ke pasaran. Salah satunya adalah Kawasaki dengan tipe Kawasaki KLX 230 (Spesifikasi | Berita) SM. 

Touring Nyaman dengan Kawasaki KLX 230 SM, Begini Modifikasinya 01

Top boks aftermarket bikin tampilan belakang berkesan tinggi dan padat

Baca juga: Layak Jadi Koleksi, Berapa Cicilan Kawasaki Ninja H2 2023 Sekarang?

Meski sudah cukup apik, tapi ternyata ini belum memuaskan Om Lunk. Akhirnya, KLX 230 SM yang baru dipinangnya langsung kena rombak modifikasi,

“Saya mah gak pakai konsep, yang penting bisa dual purpose, bisa terjang banjir, gak takut jalan rusak dan bisa naik gunung turun ke sungai, hahaa…” candanya.

Wheelset Dual Purpose

Karena tujuannya digunakan di jalur on road maupun off road, maka ubahan utama dilakukan pada area kaki-kaki. Awalnya menggunakan sepasang ring 17 inci, tapi kini digantinya dengan pelek Scarlet Racing ring 19 inci di depan.

Kemudian pelek depannya dibalut dengan ban Shinko Adventure Trail 110/80-19, sedang untuk bagian belakang memakai Shinko Adventure Trail 140/80-17. Untuk melengkapi tampilan sekaligus akselerasi lebih responsif, ditambahkan gir belakang ROZ 44 mata.

“Karena motor jadi tinggi, otomatis posisi motor saat standar samping jadi miring banget. Makanya standar samping disambung pipa kurang lebih 5 cm, habis itu dicat ulang jadi tetap rapi,” sebut Lerry Rahmat Rizky dari Caos Custom Bike (CCB) yang ditunjuk untuk menggarap modifikasi ini.

Touring Nyaman dengan Kawasaki KLX 230 SM, Begini Modifikasinya 02

Roda depan pakai ring 19 inci dengan balutan ban dual pupose

Baca juga: Viral Kawasaki Ninja 150RR Pink Dijual Rp 250 Juta, Nyaris Setara Z900!

Touring Nyaman dengan Kawasaki KLX 230 SM, Begini Modifikasinya 03

Pernak-pernik aksesoris menggunakan warna hijau yang cerah

Kaki-kaki baru tersebut lantas dilabur kelir kontras. Seperti pelek menggunakan kombinasi warna hitam dan hijau, tromol warna hijau, gir belakang ROZ hijau anodize serta chain guard Scarlet Racing yang juga hijau anodize.

Untuk menjaga cipratan kotoran dari ban belakang tidak berlebihan, Kawasaki KLX 230 SM ini dipasangkan sebuah mud guard yang menempel pada swing arm. Bentuknya pun disesuaikan dengan sepatbor bawaan motor.

Untuk memaksimalkan momen pengereman, terpasang master rem RCB S1 beserta selang rem RCB. Menurut sang modifikator, proses deselerasi terasa lebih presisi dan padat.

Perangkat Penunjang Turing

Agar pengalaman berkendara jauh menyenangkan, perlu ada penambahan beberapa aksesori pendukung. Sebagaimana terlihat pada KLX 230 SM milik Om Lunk, teraplikasi windshield, empat buah fog lamp, engine guard juga hand guard.

Touring Nyaman dengan Kawasaki KLX 230 SM, Begini Modifikasinya 04

Windshield custom untuk menghalau terpaan angin

Baca juga: Kawasaki KLX230 2023 Diganjar Diskon Sampai Rp 8 Juta di Jakarta Fair!

Touring Nyaman dengan Kawasaki KLX 230 SM, Begini Modifikasinya 05

Jok custom yang lebih lebar juga empuk bikin nyaman selama turing

“Windshield ini custom ya, jadi dibentuk lagi biar pas dipasang di KLX 230 SM. Habis itu dibuat bracketnya pakai besi hollow seamless dan finishing powder coating hitam,” tunjuk pria yang bengkelnya di bilangan Pancoran, Jakarta Selatan.

Lalu di belakang, terlihat sebuah top box berbahan aluminium yang punya kapasitas cukup besar. Dengan begitu, membawa barang bawaan selama perjalanan akan lebih mudah.

Pengalaman berkendara dibuat semakin menyenangkan dan nyaman, karena jok KLX 230 SM dibuat ulang oleh CCB agar lebih nyaman saat dikendarai dibandingkan jok orisinal.

“Jok dibentuk ulang dan busanya diganti. Dimensi jok jadi lebih lebar sehingga nyaman buat perjalanan jauh. Pengerjaan jok kurang lebih 2 hari, biayanya Rp 900 ribuan,” sambungnya.

Touring Nyaman dengan Kawasaki KLX 230 SM, Begini Modifikasinya 06

Lampu utama dibantu dengan 2 pasang fog lamp

Baca juga: Beli Kawasaki KLX 150 Series Bonus Obat Ganteng Nih!

Touring Nyaman dengan Kawasaki KLX 230 SM, Begini Modifikasinya 07

Knalpot Pro Speed full system bantu dongkrak tenaga mesin KLX 230 SM.

Lerry menyebut pengerjaan modifikasi Kawasaki KLX 230 SM ini rampung dalam 2 minggu. Lantas mendapatkan sentuhan akhir berupa knalpot full system dari Pro Speed agar performa mesin meningkat. Tak lupa pula pengaplikasian decal baru pada bodi dengan dominasi warna hijau juga hitam serta motif tengkorak.

Siap libas segala medan ini sih!

Caos Custom Bike: 0817-0089-400 

Data Modifikasi Kawasaki KLX230SM
Pelek depan Scarlet Racing 2.50 x 19 inci
Ban depan Shinko Adventure Trail 110/80-19
Ban belakang Shinko Adventure Trail 140/80-17
Gir belakang ROZ 44 520
Rantai DID Japan 520
As slider Aluminium custom by CAOS
Handguard Acerbis
Master rem RCB S1
Handle kopling RCB
Slang rem RCB
Handgrip Expedition
Volt meter Koso
Setang Pro Taper Fuzion
Fog lamp Duromoto
Engine guard Coriaz
Pedal rem Expedition
Footstep Expedition
Mud guard Aftermarket
Boks Aftermarket
Jok Custom by CAOS
Knalpot Pro Speed TX Spider
Windshield Custom

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });