window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Tren modifikasi Vespa 2024, Upgrade Performa dan Tampilan Retro

Harry · 18 Jan, 2024 16:00

Tren modifikasi Vespa 2024, Upgrade Performa dan Tampilan Retro 01

Tren modifikasi Vespa matic 2024.
  • Mesin bakal dioprek.
  • Bagasi berisi komponen tambahan.
  • Tampilan retro bergaya 80's-90's naik daun.

Selain sebagai alat transportasi, Vespa juga kerap menjadi motor yang menunjang gaya hidup pemiliknya.

Jarang terlihat standar, pemilik skuter merek Italia itu kerap memberikan sentuhan modifikasi.

Dari modifikasi ringan hingga berat yang sampai merubah part internal mesin serta mengganti warna motor kerap dilakukan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Dennil Sagita, pendiri Scooter VIP menyebut jika gaya balap dengan konsep 80's-90's akan jadi pilihan tahun ini.

Tren bergaya balap sudah mulai terlihat sejak tahun lalu dan diyakini akan bertahan tahun ini.

"Bagasi Vespa juga kerap diubah jadi race panel, jadi fungsinya bukan untuk bawa barang lagi," kata Dennil (15/1/2024).

Baca juga : Pilihan Handgrip Vespa Matic, Keren Pakai Pola Anyaman dan Batik

Komponen beraura racing yang menempati bagasi bawah jok biasanya ada pressure gauge, oil trap, voltmeter, piggyback, lambda emulator dan lainnya.

Kemudian komponen mesin misalnya seperti variator, v-belt kevlar, kopling bahkan blok mesin juga ikut diganti.

Tren modifikasi Vespa 2024, Upgrade Performa dan Tampilan Retro 01

Bagasi tak difungsikan lagi.

Cover filter udara juga diganti pakai model transparan, lalu perangkat kaki-kaki juga kena upgrade.

Tak ketinggalan knalpot free flow menjadi komponen yang wajib diganti untuk menunjang hal tersebut.

"Meski komponen aftermarket dari luar negeri tidaklah murah, tapi hal itu justru yang jadi daya tarik."

"Sebab motor yang didandani dengan komponen tersebut bakal punya gengsi sehingga bikin pede saat riding," tambahnya.

Baca juga : Anti Ribet, Vespa Klasik Bisa Pakai Pelek 12 Inci! Ini Rahasianya

Gaya 80's-90's

Tren modifikasi Vespa 2024, Upgrade Performa dan Tampilan Retro 02

Penerapan duck tail pada dudukan behel belakang.

Tak hanya performa, penampilkan motor juga turut kena sentuhan ulang sang pemilik.

Namun Dennil yang punya workshop di Bekasi dan Surabaya menyebut mode gaya 80's-90's akan bangkit.

"Tampilan perpaduan warna pantone dan pastel bakal menjadi ciri khas favorit vespa modifikasi kedepannya."

"Dimana setiap tampilan warna lain di padukan dengan warna putih," tulisa Dennil dalam keteranganya.

Penggunaan driver screen yang dulu biasa digunakan untuk vespa klasik largeframe maupun smallframe dipadukan ke vespa matik.

Baca juga : Waduh, Hati-hati Lampu Belakang Vespa Kini Jadi Incaran Maling

Tren modifikasi Vespa 2024, Upgrade Performa dan Tampilan Retro 03

Tampil dengan warna kalem.

Namun ukuran driver screen ini disesuaikan agak lebih minimalis, mengikuti bentuk motor.

Penggunaan duck tail pengganti behel dan rak belakang menjadi ciri khas yang juga baru.

"Karena rear rack model besi juga sudah berubah ke arah lebih sporty untuk sandaran tas kecil atau pouch," beber Dennil lagi.

Tentunya gaya ini juga menyesuaikan dengan budget sang pemilik motor, yang bisa disesuaikan kebutuhan dan tampilan juga fungsinya ya.
 

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });