window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685614302872-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685614302872-0'); });

Ubah Perilaku Berkendara Bisa Bikin Hemat Bensin, Begini Caranya

Harry · 7 Sep, 2022 14:30

Ubah Perilaku Berkendara Bisa Bikin Hemat Bensin, Begini Caranya 01

Ubah cara berkendara bisa bikin bensin hemat.
  • Hindari berkendara agresif.
  • Kenali karakter dan spesifikasi motor.

Harga bahan bakar yang melambung tinggi membuat biaya operasional motor jadi membengkak. Jika biasanya hanya butuh Rp 50 ribu untuk 3 hari, mungkin sekarang jadi Rp 70 ribu.

Jika sebulan, tentu biaya yang harus dikeluarkan jadi lebih besar. Sebetulnya ada banyak cara untuk menghemat konsumsi bahan bakar motor kalian, agar bisa lebih hemat.

Pertama tentu saja pastikan kondisi mesin dan komponen penunjang lainnya dalam kondisi prima. Mesin yang sehat tentu lebih efisien dalam konsumsi bahan bakar.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613563107-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613563107-0'); });

Buka Gas Perlahan

Berikutnya adalah ubah cara berkendara. Ya, berakselerasi dengan agresif tentu saja membuat bahan bakar yang dipakai jadi lebih boros, mau apa pun jenis motornya.

Baca juga : Pasca Harga Bensin Non Subsidi Turun, Berapa Isi Full Tank Kawasaki Ninja 250 dan ZX-25R?

Ubah Perilaku Berkendara Bisa Bikin Hemat Bensin, Begini Caranya 01

Atur buka tutup gas.

Nah, mulai sekarang coba ubah gaya berkendara menjadi efisien, caranya dengan mengatur buka tutup gas. Putar tuas gas perlahan, dan semakin besar secara gradual sampai kecepatan yang diinginkan.

Kenali Spesifikasi Motor

Beli motor juga harus tahu dulu spesifikasinya, termasuk dimana titik torsi berada. Sehingga kalian bisa menyesuaikan putaran mesin berada disekitar titik puncak torsi.

Ubah Perilaku Berkendara Bisa Bikin Hemat Bensin, Begini Caranya 02

Ketahui karakter mesin dari data spesifikasi.

Dan jika memang baru hendak meminang motor, dari data spesifikasi juga bisa diketaui karakter mesinnya. Misal dengan langkah piston lebih panjang, maka karakternya akan cocok untuk perkotaan.

Baca juga : Imbas Pertamax Naik, Isi Full Tank Yamaha NMax dan Honda PCX Jadi Segini!

Manfaatkan Eco Indicator

Saat ini hampir semua motor keluaran baru memiliki eco indicator alias indikator berkendara efisien. Tandanya bisa berupa tulisan ECO, logo daun atau bisa lihat juga dari konsumsi bahan bakar real time.

Ubah Perilaku Berkendara Bisa Bikin Hemat Bensin, Begini Caranya 03

Eco indicator sudah banyak digunakan motor keluaran baru.

Pertahankan laju motor dan putaran mesin pada posisi berkendara efisien, dengan begitu konsumsi bahan bakar pun akan lebih hemat. Indikator ini akan mati ketika terbaca cara berkendaranya cenderung agresif.

Jaga Putaran Mesin

Untuk pengguna motor transmisi manual seperti bebek atau sport, pertahankan titik putaran mesin untuk memindahkan gigi transmisi. Biasanya pada 5.000-6.000 rpm merupakan titik paling pas.

Ubah Perilaku Berkendara Bisa Bikin Hemat Bensin, Begini Caranya 04

Manfaatkan takometer untuk jaga putaran mesin.

Namun kembali lagi, sesuaikan dengan spesifikasi motornya dan karakter mesin ya. Jika putaran mesin cenderung stabil, maka efisiensi bahan bakar juga meningkat.

Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberikan orangtuanya, dan terus mencintai dunia otomotif khususnya roda dua. Kecintaannya membuat dirinya berkecimpung dalam industri media otomotif sampai saat ini. Facebook : Ainto Harry Budiawan Instagram : harrykriwil

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_motor_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685613589386-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685613589386-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });