window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

3 Hal Wajib Tahu Saat Memilih Asuransi Mobil

Yogi · 19 Agu, 2022 18:03

3 Hal Wajib Tahu Saat Memilih Asuransi Mobil 01

  • Memilih asuransi mobil perlu mempertimbangkan beberapa hal.
  • Mulai dari jenis proteksi yang diberikan sampai hal-hal yang tidak bisa diklaim.
  • Layanan darurat 24 jam juga wajib ada.

Perlindungan kendaraan dengan menggunakan jasa asuransi  kerap dijadikan pilihan oleh pemilik mobil. Hal ini untuk memberikan rasa aman terhadap risiko di jalan raya baik akibat kecelakaan, bencana alam, atau kejahatan pihak ketiga.

Risiko kendaraan seperti ini memang bisa terjadi kapan saja. Nah, manfaat asuransi bisa digunakan untuk meminimalisir kerugian yang dialami oleh pemilik mobil. Namun ada yang perlu diperhatikan kala memilih asuransi mobil.

3 Hal Wajib Tahu Saat Memilih Asuransi Mobil 02

Asuransi bisa meminimalisir biaya perbaikan kerusakan saat terjadi kecelakaan

Wirawan Prasetyo selaku Retail Technical Analyst Asuransi Astra menjelaskan, sebelum memilih asuransi, ketahui dulu perbedaan dan persamaan dari proteksi yang diberikan pihak asuransi.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

"Setiap pemilik polis harus membaca isi serta mencermati jenis pertanggungan, luas jaminan, risiko yang dijamin serta yang dikecualikan dalam polis," ujar Wirawan Prasetyo, di Astra Biz Center, Kamis kemarin (18/08/2022).

Baca juga : Asuransi Truk dan Bus Dari Hino, Seperti Apa Bentuk Perlindungannya?

Pilih Asuransi yang Memberikan Proteksi Menyeluruh

3 Hal Wajib Tahu Saat Memilih Asuransi Mobil 01

Pahami jenis proteksi asuransi kendaraan

Wirawan menjelaskan, salah satu asuransi mobil yang patut dipertimbangkan adalah Asuransi Astra. Sebab asuransi ini sanggup memberikan perlindungan terhadap berbagai risiko. Mulai dari tabrakan, benturan, tergelincir atau terperosok ke dalam lubang di jalan hingga jurang bisa diklaim.

Tak hanya itu, tindakan kejahatan seperti perusakan kaca spion dan kaca mobil, kebakaran, hingga pencurian juga termasuk di dalamnya.

Baca juga : Ketahui Soal Asuransi Mobil Syariah, Perlindungan Kendaraan Bebas Riba

Ketahui Apa Saja yang Tak Bisa Diklaim ke Asuransi

3 Hal Wajib Tahu Saat Memilih Asuransi Mobil 02

Beberapa asuransi mobil tidak mengcover kerugian akibat banjir

Selain memahami jenis proteksi dari sebuah asuransi kendaraan, Anda juga sebaiknya paham batasan seperti apa yang diberikan pihak asuransi. Yakni hal-hal apa saja yang tak dapat diklaim ke perusahaan asuransi.

"Dalam beberapa kondisi, pemegang polis harus mengetahui pengecualian yang tidak bisa di cover oleh perusahaan asuransi kendaraan dengan berbagai term dan kondisi tertentu," tambah Wirawan.

Penting diketahui, polis yang tidak bisa diklaim di antaranya kendaraan yang dipakai untuk latihan mengemudi, digunakan untuk menarik kendaraan lain, berada dalam pengaruh alkohol, melanggar lalu lintas, kendaraan digunakan untuk lomba, untuk taksi online, penipuan, bencana alam dan sebagainya.

Jenis Layanan dari Perusahaan Asuransi juga Wajib Dipertimbangkan

3 Hal Wajib Tahu Saat Memilih Asuransi Mobil 03

Harus ada layanan darurat 24 jam

Terakhir, Anda perlu untuk mengetahui jenis layanan yang disediakan pihak asuransi tersebut. Misalnya untuk Garda Oto yang memiliki berbagai layanan pelanggan seperti Call Centre 24 jam, layanan darurat 24 jam, jaringan layanan luas mudah klaim dan cepat dan produk layanan bisa diakses secara digital.

Lebih lengkap lagi, Garda Oto menyediakan perluasan jaminan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. di antaranya polis untuk menanggung kerusakan mobil akibat bencana alam, huru-hara dan kerusuhan, terorisme dan sabotase, tanggung jawa hukum pihak ketiga.

Kemudian melindungi diri pengemudi dari resiko cedera badan saat kecelakaan, selanjutnya melindungi pengemudi dan penumpang di dalam kendaraan jika terjadi kecelakaan.

Baca juga : Ketahui Apa Itu Asuransi TLO Pada Mobil, Ringankan Beban Saat Kecurian

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Daihatsu Rocky hybrid 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil