window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

3 Penyebab Pedal Kopling Mobil Berat Waktu Diinjak, Biar Nggak Bikin Gempor

Yongki Sanjaya · 27 Jul, 2022 18:00

3 Penyebab Pedal Kopling Mobil Berat Waktu Diinjak, Biar Nggak Bikin Gempor 01

Mobil dengan transmisi manual membutuhkan peran pedal kopling untuk proses perpindahan gigi. Karena pemakaian dan kurang perawatan, kadang kita merasakan pedal kopling mobil terasa berat. Lantas apa sih penyebab pedal kopling mobil berat saat kita injak dan lepas?

Kopling mobil merupakan komponen dalam sebuah kendaraan yang berfungsi untuk memutus dan menghubungkan putaran dari mesin ke trasmisi. Jika pedal kopling bermasalah, maka mobil tidak bisa dijalankan. 

Kerasnya pedal kopling pada mobil tentu mengindikasikan ada sesuatu yang tidak benar pada sistem transmisi. Kaki kiri jadi bekerja lebih ekstra, yang membuat pengendara bisa kehilangan konsentrasi saat berkendara. Penyebab pedal kopling yang keras di injak pada mobil bertransmisi manual bisa beragam, namun yang pasti biasanya sih kurangnya perhatian si pengguna dalam merawat mobil.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Lantas apa saja hal yang dapat membuat pedal kopling terasa berat? Berikut ini penjelasannya.

Kabel Sling Kopling Kering, Bikin Seret

3 Penyebab Pedal Kopling Mobil Berat Waktu Diinjak, Biar Nggak Bikin Gempor 01

Hal pertama yang bisa membuat pedal kopling keras biasanya karena kabel sling kopling telah kering. Hal ini sudah biasa terjadi pada pedal kopling dengan kabel kawat karena kurang perawatan. 

Jika mobil jarang sekali digunakan juga semakin memperparah keadaan. Lain cerita kalau kopling digerakkan tenaga hidrolik sehingga pelumasannya cenderung lebih terjaga.

Untuk mengatasi hal ini kalian bisa mencoba memasukkan pelumas penetran seperti WD40 ke dalam saluran kabel kopling sambil dimainkan injak lepas pedal sampai pedal terasa lebih ringan.

Sambil melumasi, kalian bisa sekaligus menyetel ulang kabel agar posisinya pas dengan kaki. Dengan rutin melakukan pelumasan, gerak kabel kopling pun lebih fleksibel. Kabel juga tidak lekas aus akibat bergesekan langsung dengan selongsong pembungkusnya.

Kampas Kopling yang Sudah Menipis, Bikin Pedal Jadi Keras

3 Penyebab Pedal Kopling Mobil Berat Waktu Diinjak, Biar Nggak Bikin Gempor 02

Apabila kita sudah melakukan pelumasan dan penyetelan tapi pedal kopling masih terasa keras, waspadai kondisi kampas kopling yang sudah menipis. Jika dibiarkan, kampas kopling yang menipis ini bisa menimbulkan masalah lebih serius. Bukan tidak mungkin, kerusakan akan merembet pada komponen lainnya.

Untuk melakukan pengecekan apakah kampas kopling sudah aus atau masih bagus, tidak perlu membongkarnya. Kita cukup lakukan trik lepas pedal kopling dalam kondisi mesin hidup. Starter mobil seperti biasa, masukkan ke gigi satu kemudian lepas pedal kopling tapi tidak melepas rem tangan. 

Bila mobil terasa seperti loncat atau terdorong maju dan mesin langsung mati saat pedal kopling dilepas penuh, menandakan kampas masih bagus. Namun jika mesin mobil ternyata masih bisa menyala normal hal ini mengindikasikan bahwa kampas kopling mulai aus dan perlu dilakukan penggantian.

Kampas kopling yang sudah tipis ini memang biasanya karena usia pemakaian, dan sebaiknya tidak disiasati. Sebaiknya kamu melakukan penggantian kampas kopling dengan yang baru.

Daya Tekan Cover Clutch/Matahari Menurun Karena Sudah Usang

3 Penyebab Pedal Kopling Mobil Berat Waktu Diinjak, Biar Nggak Bikin Gempor 03

Kondisi pegas cover clutch yang menurun ternyata membuat kopling jadi keras. Ini karena Pegas kopling yang ada pada bagian cover clutch yang sudah berumur biasanya sudah tidak lagi lentur dan cenderung mengeras. 

Daya tekan yang melemah akan membuat komponen pressure plate tidak dapat bekerja dengan normal. Sama seperti kampas kopling, cover clutch juga harus diganti dengan baru jika ini terjadi. Sebaiknya dilakukan penggantian sepaket dengan kampas kopling untuk menghindari keluhan pedal kopling yang keras.

Jika ingin berhemat, kalian bisa lakukan penggantian cover clutch setelah melakukan dua kali penggantian kampas kopling.

Release Bearing yang Sudah Aus

3 Penyebab Pedal Kopling Mobil Berat Waktu Diinjak, Biar Nggak Bikin Gempor 04

 

Penyebab lain kerasnya pedal kopling juga dapat disebabkan oleh realese bearing yang ada di cover clutch. Release bearing berfungsi mendorong pegas diafragma (diaphragm spring) yang ada di cover clutch. Kerusakan pada release bearing ini membuat pedal kopling mobil keras atau bergetar saat diinjak. 

Komponen ini bisa aus seiring dengan penggunaan mobil. Saat release bearing aus, tekanan pada pegas diafragma pun lemah. Bila kondisi ini dibiarkan, release bearing lama-kelamaan akan menggerus pegas diafragma.

Jika sudah rusak, release bearing tidak dapat diperbaiki lagi. Artinya, kamu harus mengganti dengan sparepart baru. Sebagai catatan, saat mengganti release bearing maka  tidak perlu menambah pelumas. Lemak dari pelumas justru akan memicu terjadinya selip saat transmisi.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil