window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

5 Keunggulan MG4 EV, Mobil Listrik dengan Kombinasi yang Apik

Prasetyo · 7 Nov, 2023 12:02

keunggulan mg4 ev

Beberapa keunggulan MG4 EV sebagai mobil listrik terbaru dari Morris Garage (MG) yang sudah dipasarkan di Indonesia patut untuk dipertimbangkan.

Ketika kita membicarakan masa depan otomotif khususnya mobil, satu hal yang pasti adalah peran yang akan dimainkan oleh kendaraan listrik berbasis baterai (BEV). 

Keberlanjutan dan teknologi hijau telah menjadi prioritas utama dalam industri otomotif, dan satu perusahaan yang mengambil langkah besar dalam hal ini adalah MG.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

mg4 ev

Harganya diumumkan saat IIMS 2023

"MG4 EV bukan sekedar kendaraan listrik, itu adalah manifestasi dari komitmen kami terhadap inovasi yang berkelanjutan dan pengalaman pengguna yang luar biasa.

Kami tak hanya membangun mobil, kami menciptakan ikon gaya hidup modern yang menghubungkan inovasi teknologi dengan keintiman personal pengemudi, sambil menunjukkan hormat yang dalam kepada bumi kita," kata Arief Syarifudin, Marketing and PR Director MG Motor Indonesia.

Dipasarkan mulai dari Rp649,9 juta, dalam artikel ini kita akan menjelajahi keunggulan MG4 EV, sebuah kendaraan listrik yang telah membuat gebrakan dalam industri otomotif dengan kombinasi desain inovatif, kinerja berkualitas, teknologi terbaru, efisiensi energi, serta kenikmatan berkendara yang luar biasa.

Baca juga: Harga Resmi MG4 EV Mulai Rp649,9 Juta, Lebih Murah dari Hyundai IONIQ 5!

1. Keunggulan MG4 EV dari Segi Estetika

mg4 ev eksterior

Punya desain ekstewrior yang menarik

Salah satu aspek pertama yang membuat MG4 EV menonjol adalah desain inovatifnya. 

Kendaraan ini menampilkan estetika modern yang memikat dengan garis-garis yang halus dan kontur yang dinamis.

Eksterior yang Menawan

MG4 EV tidak hanya memikat mata, tetapi juga menawarkan fungsionalitas ergonomis yang hebat.

MG merancang mobil listrik ini dengan cermat untuk menciptakan tampilan yang modern dan menarik. 

Garis-garis yang bersih dan desain yang aerodinamis tidak hanya memberikan mobil ini tampilan yang futuristik, tetapi juga membantu mengurangi hambatan udara, meningkatkan efisiensi, dan memperpanjang jarak tempuh. 

Interior Nyaman dengan Tampilan Futuristik

mg4 ev interior

Layout kokpitnya

Bukan cuma terlihat dari luar saja yang menari, namun MG4 EV juga memprioritaskan kenyamanan dan kenikmatan berkendara para penggunanya.

Interior mobil ini dirancang dengan ergonomi yang cermat, sehingga pengemudi dan penumpang dapat menikmati perjalanan dengan nyaman. 

Kursi yang dapat disesuaikan dengan berbagai cara dan ruang yang luas dalam kabin memberikan pengalaman berkendara yang istimewa. 

Selain itu, fitur-fitur seperti sistem hiburan yang terhubung dan ruang penyimpanan yang cukup menjadikan MG4 EV sebagai kendaraan yang sesuai untuk kebutuhan sehari-hari.

Baca juga: MG4 EV Volcano Orange Hadir di Indonesia, Satu-satunya di Asia

2. Kinerja Motor Listrik dan Baterai yang Mengagumkan

mg4 ev

Daya jelajah baterainya hingga 425 Km

MG4 EV bukan hanya mengesankan dari segi desain, tetapi juga dalam hal kinerja.

Kendaraan ini didukung oleh motor listrik canggih yang menawarkan akselerasi yang mengagumkan dan kecepatan tinggi.

Di atas kertas, MG4 menggunakan Permanent Magnet Synchronous Motor berdaya 170 PS dengan torsi 250 Nm yang dikombinasikan baterai berkapasitas 51 kWh.

Ini berarti Anda dapat menikmati akselerasi yang sangat cepat saat memasuki jalan tol atau berakselerasi dari titik berhenti, tanpa gangguan dari perpindahan gigi atau suara mesin bensin. 

Salah satu keunggulan MG4 EV adalah kemampuan untuk mencapai kecepatan tinggi dengan mudah.

baterai mg4 ev

Ngecas baterainya juga singkat

Menggunakan mekanisme gerak roda belakang, motor listrik yang terpasang mampu membuat MG4 EV melesat 0-100 km/jam hanya dalam 7,7 detik.

Kendaraan ini tidak hanya menghemat waktu Anda, tetapi juga menyediakan pengalaman berkendara yang menyenangkan. 

Mobil listrik ini juga diklaim memiliki jarak tempuh 425 km dalam sekali cas, kalau baterainya kehabisan daya, hanya butuh 15 menit untuk mengisi dari kondisi 0-80 persen menggunakan fasilitas fast charging.

Efisiensi ini tentu menjadikan keunggulan MG4 EV dibanding mobil dengan sistem pembakaran internal yang punya kemampuan setara.

"Saya memilih MG4 EV karena efisiensi tanpa mengorbankan keamanan dan kenyamanan berkendara," kata Lau Han Ming, Business System Analyst yang baru saja beralih pada mobil listrik ini.

Baca juga: Harga Beda Rp98 Jutaan, Apakah MG4 EV Kalah Canggih dari Hyundai Ioniq 5?

3. Banyak Teknologi Baru

mg4 ev head unit

Head unit multi fungsi

MG4 EV juga menonjol dalam hal teknologi, lantaran kendaraan ini dilengkapi dengan sistem infotainment yang canggih dan konektivitas tingkat tinggi guna memenuhi kebutuhan pengemudi modern.

Misalnya pada dasbor mobil ini sudah tersemat layar sentuh 10,25 inci model floating yang mendukung konektivitas canggih seperti Apple CarPlay dan Android Auto. 

Untuk pengaturan sistem hiburannya dapat dikendalikan melalui tombol pada setir yang mengusung konsep two-spoke flat bottom.

Anda dapat mengakses navigasi real-time, mendengarkan musik favorit Anda, dan bahkan mengontrol beberapa fitur mobil melalui layar sentuh yang responsif. 

mg4 ev ismart

i-Smart Apps yang terunduh di ponsel

Dengan dukungan integrasi smartphone, Anda juga dapat mengkoneksikan antara ponsel dengan monitor tersebut selama berkendara.

Selanjutnya MG4 EV juga sudah dibekali fitur i-Smart yang berguna untuk memudahkan pengguna ketika ingin melakukan pengisian daya, mengecek status kendaraan, menemukan titik pengisian daya terdekat, pencarian titik tujuan menggunakan aplikasi peta, hingga sistem pengontrol iklim sebelum mesin dinyalakan.

Dan semua itu bisa diatur dari jarak jauh hanya melalui sebuah aplikasi mobile yang diunduh dan terpasang di ponsel maupun tablet para penggunanya.

"Teknologi i-SMART membuat saya terkoneksi dengan kendaraan saya secara intuitif. Ini bukan sekadar mobil, tapi partner perjalanan yang mengerti saya," ujar Abdul Rahman Elly, owner MG 4 EV yang juga CEO Voltron.

Baca juga: Setara Genset Rumahan, Daya Listrik MG4 EV Sanggup Nyalakan Perangkat Elektronik Hingga 2.300 Watt!

4. Fleksibilitas Saat Berpergian

mg4 ev V2L

Baterainya punya fitur V2L

MG4 EV dilengkapi dengan baterai berkualitas tinggi yang memberikan jarak tempuh yang luas dengan sekali pengisian. 

Ini berarti Anda dapat melakukan perjalanan jauh tanpa khawatir kehabisan daya. 

Selain itu, baterai ini juga dapat diisi dengan cepat, sehingga Anda dapat kembali ke jalan dalam waktu singkat.

Sistem pengisian MG4 EV dirancang untuk memberikan fleksibilitas kepada pengguna, baik melalui wall charger di rumah Anda atau di stasiun pengisian listrik untuk publik (SPKLU) yang memiliki sistem fast charging.

mg4 ev v2l

Bisa untuk dijadikan sumber listrik peralatan rumah tangga

Kemudian MG4 EV juga memiliki teknologi V2L (vehicle to load) dengan perolehan daya yang dikeluarkan mencapai 2.300 watt untuk menghidupkan berbagai perangkat elektronik.

"Dengan V2L capability membuat mobil dapat menyediakan tenaga listrik yang mumpuni sehingga dapat mendukung kehidupan sehari-hari terutama aktivitas luar ruang," tambah Arief Syarifudin.

Kemudian penggunaan V2L untuk menyalakan perangkat elektronik di mobil ini juga bisa diatur sesuai dengan kebutuhan.

Misalkan jumlah tegangan listrik di baterai tersisa 80%, bisa atur penggunaan daya yang keluar untuk menyalakan perangkat elektronik sebesar 20%. 

Nantinya saat sisa daya listrik di baterai turun jadi 60%, secara otomatis arus listrik yang keluar akan terputus dengan sendirinya.

Baca juga: Mobil Listrik MG4 EV Bisa Tempuh Jarak Lebih Jauh Hanya dengan Upgrade Baterai

5. Keamanan dan Kenyamanan Terbaik

mg4 ev

Tak ragu tempuh perjalanan jauh

Keselamatan dan kenyamanan juga jadi faktor keunggulan MG4 EV untuk memberikan pengalaman berkendara yang terbaik.

Bicara fitur keselamatan, mobil ini memiliki 6 airbags serta sistem ADAS yang meliputi Collision Warning with Front and Rear Brake Assistance dan Variable and Low Speed Adaptive Cruise Control. 

Selain itu juga terdapat 3D View Camera, Blind Spot Warning, Automatic High Beam, Door Open Warning System, Traffic Jam Assist, serta Intelligent Speed Limit Assist with Traffic Sign Recognition. 

Sistem-sistem ini dirancang untuk membantu mengurangi risiko kecelakaan dan melindungi pengemudi dan penumpang.

Selain itu, kendaraan ini juga memiliki struktur rangka yang kokoh, sehingga memberikan perlindungan tambahan dalam situasi kecelakaan.

Selain itu, pengemudi juga dapat melakukan berbagai pengaturan pada panel instrument digitalnya melalui tombol di lingkar kemudi.

Guna memberikan kenyamanan selama berkendara, setirnya sudah dibekali fitur tilt dan telescopic.

mg4 ev

Ruang jok belakangnya

"Rentang jarak tempuh yang luas dan tingkat keamanan yang tinggi menjadi kunci utama saya memilih MG 4 EV," ungkap Syamsul Arifin yang profesinya sebagai Food Safety and Sustainability Consultant.

"MG 4 EV menawarkan lebih dari sekedar mobilitas, ia menyajikan pengalaman," tambah Septi Riyani dari Badan Diklat PKN BPK RI.

Tentunya kenyamanan lain yang didapat oleh para pengguna mobil listrik MG ini adalah biaya operasional yang lebih hemat.

Mengendarai MG4 EV jauh lebih murah dibandingkan dengan kendaraan bermesin bensin atau diesel.

Harga listrik jauh lebih rendah daripada bahan bakar fosil, dan biaya perawatan jauh lebih sedikit.

Motor listrik juga memerlukan perawatan yang lebih sedikit karena jumlah komponen yang lebih sedikit dibandingkan dengan mesin konvensional.

Baca juga: 0-100 Km/Jam Nggak Sampai 4 Detik, MG4 XPower Jadi Mobil Listrik Terbuas MG!

Kesimpulan

mg4 ev

Mobil listrik dengan kombinasi yang menarik

MG4 EV adalah contoh bagaimana kendaraan listrik dapat menggabungkan desain inovatif, kinerja berkualitas, teknologi terbaru, efisiensi energi, serta keamanan dan kenyamanan yang luar biasa. 

Kendaraan ini juga mendukung tujuan berkelanjutan dengan emisi nol dan penggunaan bahan ramah lingkungan.

Dengan peningkatan terus-menerus dalam teknologi dan penurunan biaya baterai, kendaraan listrik seperti MG4 EV akan semakin menjadi pilihan yang lebih menarik dalam beberapa tahun mendatang.

Keunggulan MG4 EV yang sudah disebutkan tadi membuktikan bahwa kita dapat memiliki mobil yang ramah lingkungan tanpa mengorbankan desain, kinerja, atau kenyamanan.

@autofun.indonesia Ini 5 Hal Menarik MG4EV Yang Bikin Kesem-sem Penyuka Mobil Listrik! #mg4ev #reviewmobil #mobillistrik #mobilbaru ♬ original sound - AutoFun Indonesia

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

MG 4 EV Upcoming 2023

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia