window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kloningan Toyota Hiace Asal Tiongkok, Joylong EA5 Dijual di Thailand Seharga Rp1,3 Miliar!

Enda · 6 Nov, 2023 17:03

Joylong EA5

Selain Kingstar, Geely dan Foton, pabrikan brand otomotif asal Negeri Tiongkok yang melakukan plagiarisme Toyota Hiace adalah Joylong, dengan produknya yang dinamakan Joylong EA5.

Bicara Joylong EA5, minivan tersebut baru-baru ini diluncurkan di Thailand seharga 2.950.000 baht, atau setara dengan Rp1,3 miliar berdasarkan kurs saat ini.

Di Negeri Gajah Putih, mahalnya mobil niaga syarat penumpang tersebut lantaran EA5 usung motor listrik sebagai jantung pacunya untuk membuatnya berjalan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Joylong EA5

Tampilan di balik kap mesinnya

Berbekal motor listrik tunggal yang diletakan di belakang, menurut data di atas kertas untuk performa yang dihasilkan sebesar 160 Hp.

Motor listrik yang digunakan mendapat asupan daya dari baterai lithium iron phosphate berkapasitas 86,1 kWh, yang sanggup menjalankan mobil sejauh 350 kilometer dalam kondisi baterai terisi penuh.

Baca juga: Toyota Hiace Terbaru Bakal Berubah Jadi Mobil Travel Tanpa Bensin

Joylong EA5 Sedikit Berbeda dengan Toyota Hiace

Joylong EA5

Tampilan depan Joylong EA5

Sekilas Joylong EA5 identik dengan Toyota Hiace Commuter di Indonesia yang memiliki wheelbase panjang serta atap tinggi.

Guna menghindari tuntutan atas pelanggaran hak cipta, produsen yang bermarkas di Yangzhou, China, itu melakukan beberapa ubahan detail terhadap produknya tersebut.

Pada fascia, untuk lampu EA5 secara dimensi lebih besar ketimbang Hiace Commuter serta dibuat menurun.

Selanjutnya untuk foglamp memiliki bentuk berbeda serta grille yang mendapat sentuh aksen krom.  

Bagian samping, minivan listrik ini dipadukan velg alloy serta spion dengan cover krom yang diberi tambahan lampu sein.

Joylong EA5

Tampilan belakang Joylong EA5

Lainnya untuk buritan Joylong EA5 memiliki stoplamp dengan bentuk berbeda serta kaca belakang berbentuk trapesium.

Untuk dimensi yang dimiliki, mobil ini mempunyai panjang 5.380 mm, lebar 1.880 mm, tinggi 2.285 mm, dan wheelbase 3.110 mm.

Bicara Hiace Commuter, untuk panjang keseluruhan mencapai 5.380 mm, lebar 1.880 mm, tinggi 2.285 mm dan wheelbase 3.110 mm.

Sedikit menarik kesimpulan, secara dimensi baik Joylong EA5 maupun Hiace Commuter keduanya sama.

Baca juga: Total Biaya Service Toyota Hiace Euro 4 Sampai 100.000 Km di Bengkel Resmi, Bikin Pengusaha Travel Mikir?

Daya Tampung Hingga 11 Orang, Fitur Joylong EA5 Cukup Komplit

Joylong EA5

Interior Joyolong EA5

Joylong EA5 memiliki kapasitas daya tampung 11 orang dengan masing-masing jok dilengkapi head rest yang dapat diatur secara adjustable.

Sama seperti Hiace Commuter, mobil ini disematkan AC di setiap baris dengan kisi-kisi yang dibuat rata plafon.

Melihat area kokpit, secara bentuk dashboardnya mirip dengan Hiace Commuter namun dilabur menggunakan warna yang terlihat sedikit lebih cerah.

Untuk tuas persneling yang digunakan, minivan listrik ini memiliki tiga tingkat perpindahan, R, N, D.

Terdapat juga tuas rem tangan model tarik di bawah shift knob, pengaturan AC model knob putar, serta head unit layar sentuh.

Joylong EA5

Tampilan interiornya

Pada panel instrumentnya Joylong EA5 terlihat berbeda dengan Hiace Commuter, yang mana terdapat odometer di tengah, sera beberapa parameter penunjuk penggunaan baterai serta status kendaraan.

Guna memudahkan pengguna ketika ingin melakukan pengecasan pada gawai, mobil ini dilengkapi 2 power outlet bertegangan 12V yang terhubung ke 1 colokan USB.

Joylong EA5

Ada indikator kondisi baterai

Untuk setrinya mobil ini hanya menganut fitur tilt steering, kemudian ada power window di setiap jendela, serta sistem pengereman dengan ABS dan EBD guna mencegah terkuncinya roda.

Oh iya, selain EA5 sebenarnya Joyolong memiliki minivan lainnya yang mirip seperti Hiace Commuter, yakni; Joylong A5 dan Joylong E6 yang saat ini masih di pasarkan di China.

Baca juga: 5 Mobil China Plagiarisme Toyota Hiace, Buatan Tiongkok Lebih Canggih?

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Toyota Hiace STD Manual

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia