window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Bedanya Sampai Rp6,6 Juta, Perbedaan New Daihatsu Sigra Tipe X dan R Cuma Gini Doang?

Enda · 8 Jul, 2022 12:00

Perbedaan New Daihatsu Sigra X dan R

Untuk kedua kalinya Daihatsu Sigra mendapatkan penyegaran secara minor setelah terakhir kali dilakukan pada 2019. Pada facelift keduanya, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) melakukan improvement terhadap New Daihatsu Sigra dengan merubah sedikit tampilan eksterior serta interior supaya terasa semakin ekslusif, dan stylish.

New Daihatsu Sigra yang diluncurkan Kamis, 7 Juli 2022 ditawarkan dalam enam varian. Untuk harganya sendiri dibandrol mulai dari Rp129,5 juta hingga Rp174,7 juta. Sebagai varian yang paling banyak diminati, Sigra X diniagakan mulai dari Rp149,6 juta dan Sigra R dibandrol dari Rp156,2 juta.

Memiliki selisih harga baru mencapai Rp6,6 juta, berikut perbedaan New Daihatsu Sigra tipe X dan R yang wajib kalian ketahui sebelum membeli mobil ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Resmi Meluncur, New Daihatsu Sigra 2022 Termurah Naik Rp19 Juta

New Daihatsu Sigra X Tampil Lebih Sederhana, dengan Velg Kaleng Ditutupi Dop

Perbedaan New Daihatsu Sigra X dan R

New Daihatsu Sigra X tampil lebih sederhana

Melihat tampilan eksterior dari keduanya, antara varian X dan R New Daihatsu Sigra mempunyai perbedaan yang mencolok. Pada facianya, tipe R memperoleh dark grill with chrome ornament serta list krom tipis yang membentang.

Tak hanya itu, di ujung bumpernya pun tersematkan foglamp yang mempu meningkat visibilitas pengemudi saat berkendara di malam hari. Sebagai informasi, untuk lampu utama keduanya menggunakan smoked LED berwarna gelap.

Melihat bagian samping, baik varian X maupun R menggunakan velg R14 yang dibungkus ban berprofil 175/65. Hanya saja untuk tipe X masih menggunakan velg kaleng yang ditutupi dop. Sedangkan varian R, pabrikan mengaplikasikannya dengan velg alloy dua-tone model kipas yang terlihat begitu atraktif dan sporty.

Perbedaan New Daihatsu Sigra X dan R

New Daihatsu Sigra R terlihat lebih mewah

Sejumlah perbedaan lainnya, untuk tipe R New Daihatsu Sigra berhasil dilengkapi pilar yang diberi sentuhan warna hitam, serta spion retract berwarna hitam dengan tambahan lampu sein. Dibelakangnya, varian ini juga terlihat lebih mewah sekaligus sporty berkat adanya garnish yang dihiasi dengan aksen gelap. Oh iya, sebagai tipe teratas, Sigra R juga dibekali dengan rear stabilizer.

Interior New Daihatsu Sigra R Lebih Prestisius

Perbedaan New Daihatsu Sigra X dan R

Interior New Daihatsu Sigra R terasa mewah dengan fitur lebih lengkap

Dibandingkan dengan varian X, untuk interiornya New Daihatsu Sigra R terasa mewah dengan fitur lebih lengkap. Meski sama-sama didominasi dengan warna hitam, untuk varian teratasnya ADM telah menyematkan aksen silver pada center cluster dan lingkar kemudinya. 

Bukan cuma itu, aksen krom juga menghiasi handle pintu, pengaturan AC, shift knob dan tuas hand brakenya. Dari segi kenyamanan berkendara, New Daihatsu Sigra R turut diaplikasikan head unit double din layar sentuh yang mendukung konektivitas radio, USB dan bluetooth, cermin pada sunvisor, head rest di semua jok, dan seat under tray khusus untuk transmisi otomatis.

Untuk tipe X, sistem hiburan yang digunakan berupa 2DIN yang mendukung format MP3, USB dan AUX.

Baca juga: LCGC Jangan Pakai Pertalite Kalau Gak Mau Mesin Cepat Lelah

Fitur Keselamatan New Daihatsu Sigra R Sedikit Lebih Lengkap

Perbedaan New Daihatsu Sigra X dan R

Fitur keselamatan New Daihatsu Sigra X dan R

Bicara fitur keselamatan, New Daihatsu Sigra X maupun R sama-sama dilengkapi dengan dual SRS airbag, Front Seatbelt with Pretensioner & Force Limiter, TAF (Total Advance Function) Body di struktur rangkanya, ISOFIX, Side Impact Beam, ABS dan EBD, dan rear sensor parking.

Sebagai pembeda, varian R mendapat tambahan front corner sensor dan parking camera. Untuk keamanannya, kedua berhasil mendapatkan immoblizer serta main & spare key integrater with remote.

New Daihatsu Sigra X dan R Menggunakan Mesin dan Transmisi yang Sama Persis

Perbedaan New Daihatsu Sigra X dan R

Mesin 3NR-VE New Daihatsu Sigra

New Daihatsu Sigra X maupun R dibenamkan jantung pacu berkodekan 3NR-VE, 4-silinder segaris DOHC Dual VVT-i berkomubusi injeksi dengan kubikasi 1.197 cc. Menurut data di atas kertas, mesin yang dignakan mampu memeras tenaga hingga 88 PS @6.000 rpm serta torsi maksimal mencapai 107 Nm @4.200 rpm.

Supaya dapat melaju sesuai dengan keinginan pengemudi, putaran mesin yang diperoleh keduanya dikawinkan dengan transmisi manual 5-percepatan dan otomatis 4-percepatan dengan fitur Eco Driving untuk mendapatkan konsumsi penggunaan bahan bakar yang efisien.

Kesimpulan

Dengan selisih harga baru hanya Rp6,6 juta, New Daihatsu Sigra R bukan cuma terlihat sporty, dinamis serta prestisus, tapi juga terasa lebih aman dan nyaman digunakan berkat fitur yang disematkan. Untuk itu jika kalian tertarik membeli mobil ini guna mendukung kegiatan sehari-hari, kami sarankan untuk memilih varian R ketimbang tipe X.  

Baca juga: Daftar Harga Mobil LCGC Terbaru Juli 2022 Alami Kenaikan Sampai Rp8 Jutaan, Kecuali Mobil Ini

 

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Daihatsu Sigra 1.0 D MT 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil