window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

ABC Sediakan Baterai Lithium Ion yang Lebih Tahan Panas, Bisa Buat Bus Listrik

Prasetyo · 28 Sep, 2022 10:05

ABC Sediakan Baterai Lithium Ion yang Lebih Tahan Panas, Bisa Buat Bus Listrik 01

  • ABC akan produksi baterai cell lithium ion ferro phosphate.
  • Baterai mobil listrik ABC ini diklaim memiliki beberapa keunggulan.
  • Baterai bisa digunakan untuk kendaraan besar seperti bus listrik

Baterai ABC yang kita kenal selama ini untuk kebutuhan perangkat elektronik, ternyata juga sudah menjual baterai kendaraan listrik. Melalui PT International Chemical Industry (Intercallin) selaku produsen baterai ABC, ini merupakan bentuk dukungan perusahaan demi percepatan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia yang digaungkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Hermawan Wijaya, Direktur Pemasaran Intercallin mengklaim kalau pihaknya menjadi pabrikan lokal pertama yang saat ini sudah memproduksi baterai sel Lithium Ion Phosphate (LFP). Baterai tersebut terbukti bisa berguna bagi kebutuhan kendaraan listrik yang ada di Indonesia.

ABC Sediakan Baterai Lithium Ion yang Lebih Tahan Panas, Bisa Buat Bus Listrik 02

ABC fokus pada produksi baterai sel

Menurut Hermawan, langkah ABC untuk memproduksi baterai lithium-ion ferro phosphate bisa mengatasi kendala kebutuhan baterai sel untuk kendaraan listrik yang saat ini harganya masih sangat mahal. Padahal baterai itu bisa diugunakan untuk motor listirk maupun mobil listrik.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Selain Baterai, Inilah Perbedaan Daihatsu Ayla EV dan Versi Standar

Bisa Untuk Kendaraan Listrik Ukuran Besar

Lebih lanjut Hermawan juga menjelaskan, baterai ABC memang saat ini masih fokus memproduksi baterai sel lithium ion dengan material ferro phosphate atau besi fosfat, namun kandungan ini bisa setara baterai lithium dengan material nikel.

ABC Sediakan Baterai Lithium Ion yang Lebih Tahan Panas, Bisa Buat Bus Listrik 01

Bia gantikan kebutuhan baterai berbahan nikel

"Secara teknologi LFP ini mirip baterai material nikel yang bisa untuk kendaraan besar," ucapnya dikutip dari beberapa sumber. Ia pun menegaskan kalau baterai jenis phosphate ini sudah digunakan oleh beberapa bus listrik yang ada di Jakarta.

Baca juga: Uji Ketahanan Baterai Wuling Air ev, Apakah Bisa Konslet Saat Direndam Air?

Baterai Lebih Tahan Panas

Hermawan juga mengatakan kalau ada sejumlah keunggulan baterai Lithium Ion Ferro Phosphate ini. Antara lain lebih tahan panas, minim risiko meledak atau terbakar, serta masa pakainya bisa lebih lama. Akibat daya tahan panas lebih baik ini, siklus pengisian daya ulang baterai juga bisa lebih banyak.

ABC Sediakan Baterai Lithium Ion yang Lebih Tahan Panas, Bisa Buat Bus Listrik 02

ABC juga produksi aki kering

Saat ini katanya, ABC memang sudah memproduksi baterai pack namun untuk konsumen fleet. Ia berharap, baterai dengan material cell ini juga bisa segera diluncurkan demi kebutuhan kendaraan listrik di Indonesia.

Baca juga: 10 Mobil Listrik Ini Punya Kemampuan Isi Daya Baterai Sangat Cepat, Hyundai IONIQ 5 Termasuk?

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia