window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Bahaya Mengendarai Mobil Pakai Gigi Netral di Turunan, Ingin Irit Tapi Bisa Celaka

Yongki Sanjaya · 16 Apr, 2021 13:00

Bahaya Mengendarai Mobil Pakai Gigi Netral di Turunan, Ingin Irit Tapi Bisa Celaka 01

Banyak cara dilakukan oleh pengemudi supaya bisa menekan konsumsi bahan bakar, mulai dari cara normal sampai cara berisiko. Nah, salah satu cara ngawur tersebut ialah dengan cara pakai gigi netral di turunan panjang. Dengan posisi gigi netral maka posisi mesin hanya idle saja.

Mereka hanya mengandalkan rem untuk mengurangi laju kendaraan. Nah, inilah bahayanya kalau pakai gigi netral karena tidak ada engine brake sama sekali. Bila ditelusuri, sebenarnya tidak ada data valid soal seberapa besar pengaruh efisiensi baha bakar ketika mesin idle melewati jalan turunan.

Secara logika, turunan panjang ini biasanya hanya satu ruas saja. Jaraknya pun tidak sampai berkilo-kilo meter, sehingga kondisi mesin yang idle pun cuma sebentar. Setelahnya, kita akan menemui jalan mendatar atau tanjakan sebagaimana umumnya jalan di pegunungan.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Nah, karena hanya mengandalkan rem maka kampas rem jadi cepat habis. Itu masih belum seberapa parah, karena kalau kampas panas akan mengundang celaka. Saat kampas rem overheat, akan muncul gejala mbagel alias tidak lagi menggigit dan pakem.

Lantas, apakah 'aksi netral' tersebut diharamkan? Jawabannya iya, karena risiko besar yang bisa muncul dibaliknya.

Ketemu Jalan Turunan Panjang Jangan Pakai Gigi Netral, Engine Brake Wajib Dilakukan

Bahaya Mengendarai Mobil Pakai Gigi Netral di Turunan, Ingin Irit Tapi Bisa Celaka 01

Saat kita melewati turunan panjang, bila dengan posisi transmisi netral maka engine brake tidak berfungsi. Tidak hanya itu, kinerja rem akan semakin berat karena terus menerus bergesekan. 

Jika terjadi masalah pada rem, misalnya mbagel, maka membuat rem blong. Mobil dapat meluncur tidak terkendali karena kehilangan engine brake efek dari posisi gigi netral.

Semakin besar dan berat suatu mobil, membuar jarak berhenti akan akan sangat berbeda. Bila beban kendaraan kian berat maka daya dorong juga semakin besar. Untuk bisa berhenti, membutuhkan jarak yang lebih jauh dibanding mobil yang lebih kecil dan ringan.

Bahaya Mengendarai Mobil Pakai Gigi Netral di Turunan, Ingin Irit Tapi Bisa Celaka 02

Bila kita memanfaatkan engine brake pada jalan yang menurun, dapat membuat sistem pengereman khususnya bagian piston dan kampas rem tidak overheat. dan akhirnya blong. 

Lagipula, engine brake ini bisa kita sesuaikan antara kecepatan dan posisi gigi supaya mendapat putaran mesin yang tetap efisien. 

Teknik yang Tepat Saat Lewati Jalan Menurun

Bahaya Mengendarai Mobil Pakai Gigi Netral di Turunan, Ingin Irit Tapi Bisa Celaka 03

Saat melintasi turunan yang curam, pengemudi harus benar-benar waspada. Cara menyetir mobil di turunan yang aman dan direkomendasikan oleh kalangan instruktur safety driving adalah menggunakan transmisi rendah. Hal tersebut berlaku baik untuk mobil manual dan mobil otomatis.
 
Pengemudi mobil manual, sebaiknya memposisikan transmisi pada gigi 1 atau 2 agar ada menghasilkan engine brake. Putaran mesin agak tinggi untuk membantu menahan laju kendaraan dan deselerasi. Bila mengendarai mobil matik, saat turunan curam sebaiknya pengendara memindahkan transmisi ke posisi D-2 atau L. Bisa juga masuk mode manual dengan masuk gigi 2 atau 1.

Pakai Gigi Netral di Turunan Tak Terbukti Bikin Irit? 

Bahaya Mengendarai Mobil Pakai Gigi Netral di Turunan, Ingin Irit Tapi Bisa Celaka 04

Pembuktian apakah gigi netral mempengaruhi konsumsi bahan bakar telah dilakukan oleh akun YouTube Engineering Explained. Saat kita memakai gigi rendah saat berada di turunan, mesin masih berputar meskipun pedal gas tidak diinjak. Putaran mesin naik karena mengikuti putaran dari roda melalui transmisi.

Di saat ini, injector tidak menambah semprotan bahan bakar ke dalam ruang mesin. Debit bahan bakar yang dipompa ke ruang bakar sama seperti kondisi idle. 

Artinya, mobil tidak mengonsumsi bahan bakar selama gear terhubung dan pedal gas tidak diinjak. Hanya saja, kecepatan akan berkurang karena adanya pengaruh engine brake.

Bahaya Mengendarai Mobil Pakai Gigi Netral di Turunan, Ingin Irit Tapi Bisa Celaka 05

Sementara itu, bila kita memakai gigi netral saat melewati turunan, maka debit semprotan bahan bakarnya juga sama seperti kalau kita melakukan engine brake. Karena tidak tertahan oleh engine brake maka kita cuma mengandalkan rem saja. 

Ini berarti melakukan aksi gigi netral ialah upaya yang tidak berfaedah. Tidak cuma berbahaya, kampas rem juga jadi cepat habis. Bukannya jadi irit malah boncos dong!

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil