window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Basisnya Serupa, Mending Brio Satya Baru atau Honda Mobilio Bekas di Harga Rp160 Jutaan?

Yongki Sanjaya · 20 Des, 2021 14:30

Basisnya Serupa, Mending Brio Satya Baru atau Honda Mobilio Bekas di Harga Rp160 Jutaan? 01

Honda Brio terutama Brio Satya sukses menjadi salah satu model terlaris di Indonesia. City car ini dianggap sebagai paket komplit mobil murah, karena fiturnya cukup melimpah dan nama besar Honda yang jadi simbol brand mewah. Namun kondisinya berubah 180 derajat kalau kita bandingkan dengan Honda Mobilio yang kurang dilirik masyarakat, walau basisnya sama persis dengan Brio.

Bila ditelusuri lebih jauh, kita bisa membeli Honda Mobilio bekas tahun muda dengan budget seharga Honda Brio Satya baru. Sebagai perbandingan, dengan range harga antara Rp160 juta sampai Rp180 jutaan, kira bisa membawa pulang Honda Mobilio bekas keluaran 2018-2019. 

Artinya, unit yang kita akan dapatkan ini masuk kategori facelift. Bahkan, Mobilio bekas keluaran 2019 ini sama persis dengan unit keluaran baru 2021. Lantas, kenapa kenapa kita tak memilih Mobilio bekas yang harganya lebih ekonomis?

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Pilih Honda Brio Baru, Dimensinya Ringkas dan Handling Lebih Lincah dari Mobilio Bekas

Basisnya Serupa, Mending Brio Satya Baru atau Honda Mobilio Bekas di Harga Rp160 Jutaan? 01

Kalau kita perhatikan, pangsa pasar pengguna Honda Brio yang cukup besar berada di kawasan kota besar. Baik itu di ibukota provinsi atau mungkin kelas kotamadya untuk di pelosok. Brio dengan dimensinya yang kecil dinilai lebih praktis untuk jalanan kota yang cukup ramai dan padat.

Mobil ini memiliki panjang 3.610 mm, lebar 1.680 mm, dan tinggi 1.500 mm. Jarak poros rodanya 2.345 mm dan jarak terendah ke tanah 165 mm. Brio Satya memiliki berat kosong 930 kg dengan kapasitas tangki bahan bakar sebesar 35 liter.

Bobotnya tidak sampai 1 ton, sehingga membuat Brio tak kesulitan bermanuver. Terlebih, handling mobil ini juga cukup presisi sehingga membuat berkendara dalam kota jadi menyenangkan. Jika sekedar untuk memuat 5 orang, maka mobil kecil adalah sebuah pilihan bijak. 

Basisnya Serupa, Mending Brio Satya Baru atau Honda Mobilio Bekas di Harga Rp160 Jutaan? 02

Sementara itu, Mobilio ukurannya lebih bongsor karena merupakan low MPV 7-seater. Berikut ini dimensi Honda Mobilio:

  • Jarak terendah (mm): 189
  • Tinggi (mm): 1603
  • Panjang (mm): 4386
  • Jarak sumbu roda (mm): 2650
  • Lebar (mm): 1683

Harga Mirip, Mesin Honda Mobilio Bekas Lebih Oke Performanya Ketimbang Honda Brio Baru

Basisnya Serupa, Mending Brio Satya Baru atau Honda Mobilio Bekas di Harga Rp160 Jutaan? 03

Bagaimana dengan performa mesin antara keduanya? Jelas Honda Mobilio lebih unggul daripada Brio mengingat kapasitas mesinnya juga lebih besar. Namun Brio generasi kedua ini mendapat penyempurnaan soal rancangan mesin. 

Honda Brio dibekali mesin L12 B 1,2 liter i-VTEC empat silinder segaris Single Over Head Camshaft (SOHC). Tenaga maksimum yang dihasilkan dari mesin i-VTEC sebesar 90 PS di 6.000 rpm. Sementara torsi maksimum mencapai 110 Nm pada 4.800 rpm. 

Walau pakai mesin peninggalan generasi pertama, tapi ada tambahan di bagian rasio bukaan katup (exhaust delay) yang telah diatur ulang, untuk konsumsi bahan bakar Iebih baik dan guna mengurangi gesekan di setiap bagian mesin. Faktor pendukung lain ialah pengembangan teknologi i-VTEC dengan bukaan katup tunggal, pada putaran mesin rendah.

Basisnya Serupa, Mending Brio Satya Baru atau Honda Mobilio Bekas di Harga Rp160 Jutaan? 04

Bagaimana dengan Honda Mobilio? Low MPV andalan Honda ini didukung mesin 1.5L L15Z i-VTEC I4 yang dipadukan dengan teknologi PGM-Fi pada sistem suplai bahan bakarnya. 

Di atas kertas, mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga 118 PS pada 6.600 Rpm dan torsi maksimal 145 Nm pada 4.600 rpm, merupakan yang terbesar dikelasnya. Kombinasi tersebut yang membuat konsumsi bensin Honda Mobilio tetap efisien namun dengan tenaga yang oke. 

Power To Weight Ratio Honda Brio Lebih Proporsional

Basisnya Serupa, Mending Brio Satya Baru atau Honda Mobilio Bekas di Harga Rp160 Jutaan? 05

Mobil-mobil dengan dimensi kecil biasanya memiliki konsumsi BBM cenderung lebih sedikit ketimbang dengan mobil-mobil berukuran lebih besar. Hal ini ada hubungannya dengan power to weight ratio alias perbandingan bobot dan tenaga di sebuah mobil. 

Berdasarkan pengujian adu irit yang digelar Honda, konsumsi BBM Honda Brio mencapai kisaran 30 km/liter sedangkan Mobilio di angka 20 km/liter. 

Bobot kendaraan yang lebih ringan pun turun memengaruhi konsumsi BBM. Ini merupakan sebuah keunggulan mengingat harga BBM naik belakangan ini. Karena bobotnya juga lebih ringan, maka akselerasi lebih baik dan mobil terasa lebih bertenaga. 

Honda Mobilio Bekas Menang Fitur Daripada Brio Satya Baru

Basisnya Serupa, Mending Brio Satya Baru atau Honda Mobilio Bekas di Harga Rp160 Jutaan? 06

Dengan kisaran harga Rp160-180 juta, kita hanya bisa membawa pulang Honda Brio Satya baru, yang statusnya merupakan LCGC. Artinya, fitur yang tersedia juga tak semewah Brio RS. 

Head unitnya pakai Pioneer FH-S505BT yang mendukung fitur CD player, koneksi bluetooth buat streaming musik dan bisa colok USB atau kabel AUX. 

Basisnya Serupa, Mending Brio Satya Baru atau Honda Mobilio Bekas di Harga Rp160 Jutaan? 07

Untuk Honda Mobilio bekas di kisaran harga segitu, kita bisa memilih tipe E yang merupakan tipe menengah. Honda Mobilio E didukung dengan AC digital double blower. Head unitnya memakai layar sentuh berukuran 6,2 inci yang sudah terhubung dengan bluetooth.

Selain itu, terdapat koneksi phone hands free, kamera mundur, pemutar CD, serta DVD. Adanya control steering switch memudahkan pengemudinya untuk mengatur fitur hiburan saat berkendara.

Honda Mobilio Pakai FWD, Kalah Dari Toyota Avanza Lawas yang RWD

Basisnya Serupa, Mending Brio Satya Baru atau Honda Mobilio Bekas di Harga Rp160 Jutaan? 08

Hal lain yang membuat Mobilio ini kurang diminati ialah karena memakai penggerak roda depan. Dahulu, FWD dianggap oleh masyarakat kurang mumpuni ketika melewati jalanan naik turun khas pegunungan bila dibandingkan RWD seperti pada Toyota Avanza. 

Padahal, sebelum Blue Bird mempercayakan armada taksinya memakai Mobilio, perusahaan taksi di beberapa kota-kota besar di Jawa sudah pakai Mobilio. Sebagai contoh, populasi taksi Mobilio di Malang cukup banyak pada medio 2015, sebelum Blue Bird dan beberapa perusahaan taksi lain di Jakarta pakai Mobilio. 

Sebagaimana kita ketahui, kita Malang wilayahnya sebagian besar merupakan pegunungan. Jadi, isu FWD kurang perkasa di pegunungan sebenarnya tak perlu terlalu dikhawatirkan bukan?

Kesimpulan

Honda Mobilio selama ini kerap tersisih dari peta persaingan low MPV karena price to performance yang kurang proporsional, alias mahal bila dibandingkan dengan Suzuki Ertiga atau bahkan Mitsubishi Xpander yang sama-sama FWD saat itu. Hal serupa sebenarnya terjadi juga pada Brio Satya, tapi LCGC ini menutupinya dengan performa yang oke dan kabin lega khas Honda. 

Dengan depresiasi harga bekas, kami rasa Mobilio ini akan jauh lebih value for money daripada low MPV lain dengan harga serupa. Bahkan, bila dibandingkan Brio Satya, maka Mobilio bekas sedikit lebih oke dari sisi fitur dan akomodasi penumpang. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil