window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Beli Pertalite dan Solar Subsidi Gak Perlu Pakai Aplikasi MyPertamina, Begini Caranya!

Enda · 1 Jul, 2022 12:30

Daftar MyPertamina

Dalam upaya memastikan penyaluran BBM bersubsidi agar tepat sasaran, Pertamina menerapkan mekanisme baru yakni setiap pengguna roda empat yang hendak membeli Pertalite maupun solar subsidi wajib memiliki QR code unik. Untuk mendapatkannya, kalian diharuskan mendaftarkannya melalui website MyPertamina yakni subsiditepat.mypertamina.id.

Dipilihnya website MyPertamina pun bukan tanpa alasan. Sesuai Peraturan BPH Migas No. 06/2013, penggunaan sistem teknologi IT dalam penyaluran BBM dapat dilakukan. Untuk uji coba pendaftaran sendiri dilakukan mulai 1 Juli 2022.

“Dimulai pada 1 Juli pendaftaran akan dibuka hingga 30 Juli 2022. Pada masa pendaftaran dan transisi ini, masyarakat masih tetap bisa membeli Pertalite dan Solar subsidi, namun kami tetap mendorong masyarakat agar mendaftarkan kendaraan dan identitasnya,” ujar Irto Ginting, Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga melalui keterangan resminya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: Beli Pertalite Wajib Pakai Aplikasi MyPertamina, Begini Cara Daftarnya

Daftar MyPertamina

Pembelian Pertalite dan Solar subsidi juga bisa dilakukan menggunakan aplikasi MyPertamina

Dirinya menambahkan, supaya konsumen Pertalite dan Solar subsidi tidak dibingungkan, maka saat pembelian tidak diharuskan menggunakan aplikasi MyPertamina yang bisa diunduh melalui Play Store maupun App Store.

“Kami juga tegaskan kembali, tidak wajib memiliki aplikasi MyPertamina, namun wajib mendaftar di website subsiditepat.mypertamina.id,” imbuhnya.

Baca juga: Mulai Juli 2022, Syarat Beli BBM Pertalite dan Solar Wajib Terdaftar di MyPertamina

Beli BBM Subsidi Konsumen Cukup Tunjukan Print Out QR Code Unik

Daftar MyPertamina

Konsumen bisa menunjukan print out setiap melakukan pembelian BBM subsidi

Pendaftaran sendiri diri dilakukan untuk melakukan pencocokan data antara yang didaftarkan oleh masyarakat dengan dokumen dan data kendaraan yang dimiliki. Setelah statusnya terdaftar, masyarakat akan mendapatkan QR code unik yang akan diterima melalui email atau notifikasi di website subsiditepat.mypertamina.id.

“Untuk kemudahan masyarakat, QR code bisa diprint out dan dibawa ke SPBU, sehingga tidak wajib mendownload aplikasi MyPertamina atau membawa handphone ke SPBU,” imbuhnya.

Sebagaimana yang disampaikan, mekanisme ini masih dikhususkan untuk kendaraan roda empat.

Perlu diketahui, pelaksanaan pendaftaran melalui website dan pembelian Pertalite maupun Solar subsidi melalui QR code bukan untuk menyulitkan masyarakat, namun untuk melindungi masyarakat rentan yang sebenarnya berhak menikmati subsidi energi.

“Tujuan pendataan ini tidak lain adalah untuk melindungi masyarakat rentan, memastikan subsidi energi yang tepat sasaran sehingga anggaran yang sudah dialokasikan Pemerintah benar-benar dinikmati yang berhak. Kedepan kami harap, data ini bisa digunakan untuk menetapkan kebijakan energi bersama pemerintah serta dapat mencegah potensi terjadinya potensi penyalahgunaan atau kasus penyelewengan BBM subsidi di lapangan,” tutup Irto.

Baca juga: Jangan Keliru, Ketahui Bedanya SPBU Pertamina Warna Merah dan Biru?

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil