window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Beragam Penyebab Power Window Rusak, Bisa Bikin Kaca Jendela Terbuka Sendiri Waktu Mesin Mati

Yongki Sanjaya · 14 Jun, 2022 20:00

Beragam Penyebab Power Window Rusak, Bisa Bikin Kaca Jendela Terbuka Sendiri Waktu Mesin Mati 01

Power window kini menjadi fitur standar hampir di seluruh mobil. Adanya power window ini membuat kita tak kerepotan saat akan buka tutup kaca jendela yang tinggal pencet tombol. Untuk itu, kita harus menjaga kinerja power window dan segera mengatasi penyebab kerusakannya.

Penggunaan power window saat ini sudah umum diterapkan di pintu mobil-mobil keluaran terbaru. Penerapan power window dianggap mampu meningkatkan faktor safety saat berkendara. Konsentrasi pengemudi tidak akan terpecah seperti memutar engkol kaca di mobil lawas. 

Hanya saja sebagian pemilik tak menyadari kalau power window bisa rusak tiba-tiba. Kerusakan tersebut dapat terjadi bahkan karena hal yang sepele. Kaca yang macet saat dibuka, atau bahkan tidak bisa dibuka menjadi salah satu ciri yang sering kita temui.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Jendela yang macet atau bahkan tak bisa dibuka pastinya akan menimbulkan keresahan. Terlebih kalau kerusakan ini terjadi di pintu pengemudi, bakal sangat merepotkan ketika akan membayar tol atau parkir. Untuk itu, segera ketahui penyebab kerusakan power window agar bisa melakukan perbaikan. 

Switch atau Saklar Power Window Kotor Hingga Mengalami Kerusakan

Beragam Penyebab Power Window Rusak, Bisa Bikin Kaca Jendela Terbuka Sendiri Waktu Mesin Mati 01

Saklar power window ini fungsinya penting untuk membuka kaca ketika kita pencet tombolnya. Karena pemakaian, kadangkala saklar ini kemasukan debu atau kotoran sehingga kaca jendela tidak langsung terbuka dan tersendat saat ditekan.

Bila kondisinya masih belum parah, kita bisa menyemprot sela-sela saklar power window memakai cairan silikon spray. Cairan ini berfungsi membersihkan dan melapisi konektor dengan kandungan silikon, sehingga terjaga dari debu. 

Salah satu penyebab lain di switch hingga mengalami kerusakan adalah kebiasaan menaikturunkan kaca terlalu sering. Pergerakan yang terlalu cepat akan membuat switch eror dan tidak bisa digunakan. 
Apabila setelah dibersihkan masih macet, atau bahkan kaca jadi tidak bisa terbuka, kita bisa mengganti saklar yang rusak.

Rel Kaca Mobil Terlalu Kotor, Kaca Susah Naik Turun

Beragam Penyebab Power Window Rusak, Bisa Bikin Kaca Jendela Terbuka Sendiri Waktu Mesin Mati 02

Rel kaca mobil rentan terkena kotoran, baik berupa debu maupun kotoran sisa hujan. Ketika rel kaca terkena kotoran, hal tersebut dapat mengganggu pergerakan kaca mobil. Rel kaca yang terlalu kotor akan menimbulkan bunyi ketika kaca dinaikturunkan.

Apabila kotoran tersebut dibiarkan dan bertambah parah, kaca mobil akan seret karena tertahan oleh kotoran yang ada pada relnya. Permasalahan seperti ini mungkin disepelekan, tapi jika dibiarkan bisa membuat kaca sulit terbuka.

Cara mengatasi kaca mobil yang macet karena debu ialah dengan menyemprotkan silicone spray ke sela-sela rel kaca. Semprotan silikon akan bekerja dengan baik membersihkan kotoran sekaligus melumasi rel kaca mobil.

Motor Penggerak Power Window Aus

Beragam Penyebab Power Window Rusak, Bisa Bikin Kaca Jendela Terbuka Sendiri Waktu Mesin Mati 03

Pada sistem power window mobil, maka di balik doortrim akan ditemukan mesin penggerak utama berupa motor listrik kecil. Sama seperti komponen lainnya, komponen ini juga bisa aus seiring dengan usia penggunaan.

Bagian brush atau disebut juga sebagai sikat motor adalah bagian yang rawan mengalami kerusakan. Padahal, sikat ini berfungsi untuk menyalurkan arus listrik dari sumber asalnya menuju rotor motor yang berputar. 

Biasanya, motor yang mengalami masalah hanya pada satu pintu. Dalam hal ini, jika power bagian depan yang kiri macet, kamu bisa mencoba memeriksanya dengan menaikturunkan dengan saklar yang ada di sisi pengemudi atau sakelar di pintu. Jika kaca sama sekali tidak bergerak, berarti motornya yang mengalami kemacetan.

Penyebab lain bisa juga bagian grease pada motor power window juga sudah kering akibat mobil terlalu dijemur di bawah terik matahari tanpa pelindung. Ini membuat grease mengering dan akhirnya mengeras seperti tanah liat. Kalau penggerak sudah aus dan tidak bisa dipakai, maka Anda harus menggantinya dengan komponen baru. 
 
Kondisi ini pun membuat motor penggerak jadi macet bahkan tidak bergerak sama sekali. Setelahnya, kalian wajib melindungi mobil setidaknya dengan penutup mobil, atau lebih baik lagi parkir di bawah peneduh seperti teras rumah berkanopi. 

Sekring Power Window Putus

Beragam Penyebab Power Window Rusak, Bisa Bikin Kaca Jendela Terbuka Sendiri Waktu Mesin Mati 04

Sumber masalah power window macet adalah sekring yang mengalami korslet. Sebagai komponen penyalur dan pengatur arus listrik ke bagian-bagian di dalam mobil, kondisi sekring putus menyebabkan aliran berhenti dan komponen lain tidak mendapat suplai.

Anda bisa menandai hal ini dengan mengecek komponen kelistrikan lain di dalam mobil. Kalau ada bagian selain power window yang juga yang tidak dapat diaktifkan, maka sudah pasti terjadi sekring putus. 

Modul Power Window Korslet dan Terbakar

Beragam Penyebab Power Window Rusak, Bisa Bikin Kaca Jendela Terbuka Sendiri Waktu Mesin Mati 05

Untuk beberapa mobil, sistem power window-nya memakai modul. Nah modul ini sebenarnya adalah komponen slow moving tapi bisa mengalami kerusakan. Untuk di Mercedes-Benz W124 misalnya, modul power window ini bisa mengalami kerusakan dan korsleting karena rembesan air. 

Untuk kasus ini, bisa membuat kaca jendela tidak mau terbuka atau bahkan bisa terbuka sendiri bahkan saat kondisi kontak mati. Bila modul sudah korslet dan gosong, mau tidak mau harus ganti dan harganya juga tidaklah murah. 


"Modul rusal karena ada rembesan air yang masuk ke dalam interior dan mengendap di sekitaran modul. Penyebabnya bisa karena pintu yang tidak tertutup rapat sempurna, sehingga uap air atau sisa rembes bisa menyusup ketika musim hujan meskipun body tidak ada yang keropos," jelas Adrianto Himawan, Pemilik Bengkel Spesialis Mercedes-Benz, De Techniker Garage beberapa waktu lalu. 

Untuk mobil yang sistem modul di power window, sebaiknya pastikan kondisi sekitar modul ini senantiasa kering dan tidak bisa tersusupi rembesan air. Bila perlu, bungkus modul dengan plastik untuk antisipasi bila memang posisinya agak riskan terkena air. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil