window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Bukan Cuma Gaya, Ini Fungsi Spoiler Pada Mobil

Enda · 9 Sep, 2021 20:00

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Ketika melaju dalam kecepatan tinggi, tanpa disadari akan memicu terpaan angin yang lebih kencang dari beberapa sisi bagian mobil. 

Kondisi tersebut sangat mungkin terjadi apabila mobil tidak memiliki spoiler. Aliran angin yang cukup kencang akan membuat daya angkat mobil makin tinggi dan membuat bodi kendaraan menjadi limbung.

Berbeda jika mobil yang sudah dipasang spoiler, maka gaya angkat bagian belakang bisa ditekan menggunakan alat ini. Spoiler mobil akan memberikan tekanan ke bawah untuk melawan gaya angkat sehingga kontrol mobil jadi lebih mudah dan stabil. 

2. Tingkat Aerodinamis Mobil Menjadi Lebih Tinggi

Bukan Cuma Gaya, Ini Fungsi Spoiler Pada Mobil 01

Spoiler meningkatkan aerodinamis kendaraan

Fungsi lain dari spoiler untuk meningkatkan performa mobil, yaitu untuk membuatnya lebih aerodinamis. Lekukan-lekukan pada spoiler mampu memberikan kestabilan lebih baik ketika mobil melaju dengan kecepatan tinggi. 

Spoiler mampu mengurangi gejala melayang ketika berkendara pada kecepatan tinggi. Karena pada mobil dengan bobot yang ringan, terpaan angin saat melaju dalam kecepatan tinggi dapat membuat limbung dan seolah melayang.

Baca juga: Hati-Hati Simpan Barang di Dalam Kabin! Panas Kabin Mobil Bisa Membahayakan, Ini Buktinya

Jika tidak memiliki kontrol yang kuat, tentunya dapat membuat mobil oleng dan membahayakan penumpang. Karenanya, dipasanglah spoiler untuk memberi gaya tekan melalui aliran udara yang mengalir di atap mobil. 

3. Spoiler Bisa Menghindari Kotoran Menempel Pada Kaca

Bukan Cuma Gaya, Ini Fungsi Spoiler Pada Mobil 02

Fungsi lain spoiler mobil

Selain fungsinya untuk memberikan keaerodinamisan yang lebih baik serta menstabilkan kendaraan, nyatanya spoiler juga dapat dimanfaatkan untuk menghindari kotoran.

Pada kendaraan hatchback, mobil jenis ini ini sering mengalami turbulensi udara di area belakang. Turbulensi juga mengakibatkan banyaknya debu yang berputar di sekitar. 

Dengan adanya spoiler, turbulensi dapat dikurangi dan lebih sedikit kotoran pada kaca belakang. Debu dan air hujan pun tidak akan mudah menempel karena turbulensi udara dihadang oleh spoiler. 

Baca juga: Stiker Barcode di Kaca Mobil Sebaiknya Dilepas, Bahaya Kalau Sampai Ketauan Orang Lain

 

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil