Cari Mobil Bekas Value For Money, Mazda VX-1 Lebih Oke Dari Suzuki Ertiga

Yongki Sanjaya · 22 Jul, 2021 12:00

Cari Mobil Bekas Value For Money, Mazda VX-1 Lebih Oke Dari Suzuki Ertiga 01

Mazda VX-1 merupakan rebadge dari Suzuki Ertiga. Model ini dihadirkan oleh Mazda untuk meraup segmen konsumen entry level dan keluarga dengan mobil 7-seater terjangkau. Di pasar mobil bekas, harga Mazda VX-1 rupanya lebih terjangkau daripada Suzuki Ertiga. 

Mundur ke belakang, Suzuki bekerja sama dengan Mazda untuk rebadge Ertiga di tahun 2013. Mazda mengganti namanya sebagai VX-1, untuk menyasar konsumen entry level. Rebadge ini tidak sekedar ganti logo tapi juga memoles 'Ertiga' sesuai taste Mazda yang merupakan brand mahal. 

Perbedaan desain yang cukup terlihat ialah grill Mazda VX-1 memiliki satu bilah chrome saja. Sementara pada Suzuki Ertiga terbaru chrome grille depan terdiri dari 3 baris. Secara fitur mungkin mirip, tapi aksen kosmetik pada VX-1 lebih berkelas daripada Ertiga. 

Lantas, kenapa kita perlu memilih Mazda VX-1 daripada Suzuki Ertiga bekas? Berikut ini alasannya. 

Harga Bekas Mazda VX-1 Jatuh, Efek Rebadge Brand Premium

Cari Mobil Bekas Value For Money, Mazda VX-1 Lebih Oke Dari Suzuki Ertiga 02

Harga baru Mazda VX-1 diketahui lebih mahal dibandingkan Ertiga saat itu. Mazda VX-1 tipe tertinggi dihargai Rp191 juta dan tipe V dibanderol dengan harga 179 juta. Sementara Suzuki Ertiga dibanderol paling mahal 186 jutaan untuk tipe GX AT dan Suzuki Ertiga GL MT dengan harga 162 jutaan.

Namun bila membahas harga pasaran bekasnya berbanding terbalik, karena Mazda VX-1 kini lebih terjangkau daripada Ertiga di tahun yang sama. Sebagai contoh, kita bisa bandingkan harga Mazda VX-1 dan Ertiga bekas keluaran 2013. 

Berdasarkan penelusuran kami, harga pasaran Mazda VX-1 2013 di Jakarta berkisar Rp 85-90 juta. Sementara itu untuk unit termuda keluaran 2015 dijual Rp110 juta. Bagaimana dengan harga pasaran Suzuki Ertiga tahun yang sama? 

Cari Mobil Bekas Value For Money, Mazda VX-1 Lebih Oke Dari Suzuki Ertiga 03

Ertiga jelas lebih mahal, untuk keluaran 2013 mulai dari Rp93 juta dan termahalnya Rp132 juta. Sementara untuk harga Ertiga 2015  mulai dari Rp107 juta sampai Rp135 juta. 

Artinya, kita bisa mendapat unit Mazda VX-1 tahun 2013 dengan budget yang lebih terjangkau. Bahkan soal perawatannya pun sama saja karena memang Mazda VX-1 tidak mengubah spesifikasi teknis dari Ertiga. 

Harga Lebih Murah, Penampilan Mazda VX-1 Bekas Lebih Mewah dari Suzuki Ertiga

Cari Mobil Bekas Value For Money, Mazda VX-1 Lebih Oke Dari Suzuki Ertiga 04

Mazda VX-1 memiliki body kit yang lebih sporty mulai dari bumper depan, side skirt dan rear bumper dibuat lebih aerodinamis dan lebih landai. VX-1 juga dilengkapi dengan side moulding yang terletak pada bagian pintu kanan dan kiri, tujuannya untuk melindungi mobil dari goresan saat pintu mentok tembok atau mobil lain di parkiran. 

Untuk menambah kesan mewah, Mazda VX-1 mendapat tambahan chrome door handle dan chrome door step plate. Interior Mazda VX-1 lebih mewah karena memakai bahan kulit dan ada terdapat wood panel di dashboard dan knob transmisi, dimana Ertiga generasi pertama belum memakainya. 

Fitur Mazda VX-1 Tak Sepadan dengan Ertiga Termahal Saat Itu

Cari Mobil Bekas Value For Money, Mazda VX-1 Lebih Oke Dari Suzuki Ertiga 05

Secara tampilan, kesan mewah ditonjolkan Mazda VX-1 baik body kit, leather seat, wood panel. Hal yang juga membedakan adalah adanya fitur oustide temperature. Satu keistimewaan kecil Mazda VX-1 yaitu kita bisa mengetahui suhu luar.

Ada beberapa kelemahan yang membuat Mazda VX-1 kurang dilirik, yaitu hanya tersedia dalam pilihan transmisi manual, sedangkan Ertiga GX sebagai tipe termahal di 2013 sudah punya transmisi otomatis. 

Itulah mungkin yang membuat pamor Mazda VX-1 kalah daripada Suzuki Ertiga karena opsi tipe yang kurang variatif. 

Sparepart Mazda VX-1 Persis dengan Ertiga

Cari Mobil Bekas Value For Money, Mazda VX-1 Lebih Oke Dari Suzuki Ertiga 06

Dengan ornamen eksterior dan interior yang lebih mewah, tak membuat biaya servis VX-1 jadi mahal walau berlabel Mazda. Perlu kamu ketahui kalau hampir seluruh komponen VX-1 ini sama seperti Ertiga. Bahkan, kamu bisa melakukan servis rutin di bengkel Suzuki layaknya Ertiga biasa. 

Kesimpulan 

Walaupun produk mobilnya dianggap kurang populer di jagad industri otomotif Indonesia namun Mazda VX-1 ini punya built quality yang baik dan perawatan yang mudah karena basisnya dari Ertiga. Hal inilah yang tidak disadari oleh sebagian orang, sehingga membuat harga Mazda VX-1 ini sekarang lebih terjangkau.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Honda Brio Satya S M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru