window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Cegah Panas Masuk ke Dalam Mobil, Mending Pakai Sun Shade atau Sarung Mobil?

Yongki Sanjaya · 7 Jun, 2022 14:00

Cegah Panas Masuk ke Dalam Mobil, Mending Pakai Sun Shade atau Sarung Mobil? 01

Kondisi cuaca di beberapa wilayah Indonesia sedang tak menentu, kadang panas terik berhari-hari lalu tiba-tiba hujan lebat. Saat kondisi panas terik, kerap membuat kabin mobil jadi pengap dan sangat panas saat kita parkir di lapangan terbuka. Lantas, bagaimana sih cara cegah panas masuk ke dalam mobil yang efektif?

Jika kita parkir di area outdoor, kita harus memiliki cara agar kabin tidak terlalu panas. Ada beberapa cara supaya sengatan panas matahari tidak masuk ke interior, mulai dari memasang sun shade atau kerai dan mungkin perlu menutup seluruh mobil memakai sarung mobil.

Lantas manakah yang cukup efektif menghalau panas matahari yang cukup menyengat di siang hari? Berikut ini ulasannya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Pasang Sun Shade di Kaca Mobil, Turunkan Suhu Hingga 15 Derajat Celsius?

Cegah Panas Masuk ke Dalam Mobil, Mending Pakai Sun Shade atau Sarung Mobil? 01

Sun shade sesuai dengan namanya berfungsi menghalau sengatan panas matahari yang masuk melalui jendela dan kaca depan. Suhu kabin dengan kaca depan terpasang kerai alias sun shade lebih rendah 15°C dibandingkan dengan mobil tanpa tirai.

Mengapa sun shade ini disebut begitu efektif menghalau panas matahari yang masuk ke kabin? Ini karena sun shade menggunakan prinsip berbasis sains sederhana dengan memantulkan atau menyerap sinar matahari dan sinar UV.  

Perlu kita ketahui kalau lapisan kaca film mobil hanya dapat membantu kita sampai batas tertentu. Sisa panas yang sulit terhalau pun masih bisa menyusup ke dalam kabin. Sehingga dengan kita menambahkan kerai ke kaca depan, akan meningkatkan jumlah sinar matahari dan sinar UV yang dapat kita pantulkan dengan baik.

Cegah Panas Masuk ke Dalam Mobil, Mending Pakai Sun Shade atau Sarung Mobil? 02

Kerai memantulkan atau menyerap sinar yang melewati kaca, sehingga berfungsi untuk mencegah bagian dalam interior menyerap panas. Bila tidak dipasangi sun shade, maka penumpukan panas ada di konsol dan di dalam kursi mobil.  Inilah yang membuat temperatur kabin jadi meningkat dan terasa gerah.

Jenis Sun Shade yang Efektif Halau Panas

Cegah Panas Masuk ke Dalam Mobil, Mending Pakai Sun Shade atau Sarung Mobil? 03

Ada dua jenis sun shide yang biasanya kita jumpai di toko aksesoris. Jenis yang paling umum adalah jenis reflektif.  Kita bisa dengan mudah mengenali bahwa jenis tirai ini memiliki permukaan yang mengkilap yang berfungsi memantulkan sinar sebelum memasuki kabin.

Jenis lainnya adalah tirai penyerap panas, yang desainnya beragam untuk dipilih. Tirai ini kadang sudah tersedia di mobil sebagai hadiah gratis dari showroom. Untuk tirai jenis ini bahannya lebih tebal dari yang pertama karena mengandung busa yang menyerap panas.

Untuk cara menggunakan kerai, pemakaiannya adalah sisi hitamnya harus selalu menghadap ke kabin. Sementara itu bagian yang mengkilap menghadap di sisi luar.

Pakai Sunshade atau Sarung Mobil? 

Cegah Panas Masuk ke Dalam Mobil, Mending Pakai Sun Shade atau Sarung Mobil? 04

Untuk hal yang satu ini memang tergantung preferensi pemilik mobil. Sebab memakai sarung mobil juga cukup efektif menghalau panas, asalkan memakai bahan yang bagus dan berwarna cerah. Menurut pengalaman kami menggunakan sarung mobil yang berkualitas cukup baik, hawa panas dari sinar matahari bisa cukup terhalau di siang hari. 

Hanya saja, sarung mobil tidak bisa memantulkan panas atau menyerap panas dengan baik layaknya sun shade. Kelebihannya yaitu pada body mobil yang tidak terpapar panas secara langsung, sehingga proses pendinginan kabin saat AC menyala bisa cukup cepat. 

Pilih Penjual yang Menawarkan Cover Sesuai Ukuran Mobil

Cegah Panas Masuk ke Dalam Mobil, Mending Pakai Sun Shade atau Sarung Mobil? 05

Cover mobil yang bagus tentunya harus proporsional dengan ukuran mobil yang diselimutinya. Kalau pakai cover universal, kadang ukurannya kekecilan atau kegedean. Kalau kegedean, ada potensi cover gampang terbuka saat ada angin kencang. 

Pilihlah cover mobil yang ukurannya sesuai dengan mobil kalian. Pemilihan cover mobil dengan ukuran yang terlalu kecil juga akan menimbulkan masalah.

Sebab, tidak akan membuat bodi mobil Anda tertutup sempurna. Biasanya pada sisi bawah mobil agak terbuka, sehingga dampaknya jika hujan, bodi bisa terkena cipratan air hujan atau debu.

Kesimpulan 

Bila kalian sering memarkir mobil di panas terik, sebaiknya gunakan kombinasi sarung mobil berwarna cerah seperti kuning atau silver dan sun shade. Tujuannya supaya kabin tidak terlalu panas saat kita akan memakainya di siang hari. Mungkin agak merepotkan saat bongkar pasang, tapi bisa menjaga suhu interior lebih nyaman. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil