window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Daimler Siap Jual Bus Listrik Mercedes-Benz di Indonesia, Tapi Ada Syaratnya

Prasetyo · 28 Sep, 2022 09:08

Daimler Siap Jual Bus Listrik Mercedes-Benz di Indonesia, Tapi Ada Syaratnya 01

  • Bus listrik Mercedes-Benz siap dijual di Indonesia.
  • Namun pihak Daimler menunggu kesiapan infrastruktur kendaraan listrik di Indonesia.
  • Jaringan layanan purna jual juga tengah dipersiapkan.

Era elektrifikasi di Indonesia memang terus meningkat. Bahkan bukan cuma kendaraan penumpang (passanger car) yang digenjot populasinya, namun juga untuk segmen kendaraan komersial (commercial car).

Hal ini sejalan dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan. Pihak Daimler Indonesia pun menyambut baik adanya percepatan populasi kendaraan listrik ini.

Daimler Siap Jual Bus Listrik Mercedes-Benz di Indonesia, Tapi Ada Syaratnya 02

bus listrik Mercedes-Benz e-Citaro

Menurut Naeem Hassim, President Director PT Daimler Commercial Vehicle Indonesia (DCVI), Mercedes-Benz siap untuk memasarkan truk atau bus listrik di Tanah Air. "Saat ini memang sedang kita siapkan untuk bawa kesini prototipe-nya," ucap dia ketika ditemui di Jakarta, Selasa (27/09/2022).

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga: MAB dan UI Kolaborasi Buat Bus Listrik, Sengaja Dibuat Kotak Sederhana

Mercedes-Benz Lebih Tertarik Bawa Bus Listrik

Lebih lanjut pria kelahiran Afrika Selatan itu menuturkan, bus listrik Mercedes-Benz mungkin akan dihadirkan pada kuartal pertama atau kuartal kedua tahun 2023. "Kami rasa bus lebih baik daripada truk listrik," ujarnya.

Daimler Siap Jual Bus Listrik Mercedes-Benz di Indonesia, Tapi Ada Syaratnya 01

Pariwisata di Indonesia membuat Daimler tertarik bawa bus listrik

Ada alasan mengapa bus listrik yang dipilih. Sebab menurutnya, sektor pariwisata di Indonesia sedang tumbuh kembali pasca sempat meredup akibat pandemi Covid-19. "Beberapa waktu lalu saya ke Bali dan disana sudah balik lagi jadi kota yang sibuk. Bandaranya kembali sibuk, restoran-restorannya kembali ramai. Ini berarti industri pariwisata naik lagi," sebut Naeem.

Berharap Dukungan Pemerintah untuk Kendaraan Listrik

Niat Daimler Indonesia untuk menghadirkan bus listrik sudah membuncah. Pasalnya saat ini pabrikan Jerman itu memiliki bus listrik Mercedes-Benz e-Citaro. Tetapi Naeem mengatakan masih ada sejumlah halangan. Antara lain terkait regulasi industri otomotif di Indonesia.

Daimler Siap Jual Bus Listrik Mercedes-Benz di Indonesia, Tapi Ada Syaratnya 02

SPKLU mobil listrik diharpakan bisa merata ke seluruh Indonesia

Antara lain tentang jaringan infrasturktur kendaraan tanpa BBM itu belum menyeluruh se-Indonesia. Demikian pula dengan pajak barang impor yang masih tinggi. Sehingga membuat harga mobil listrik jadi tidak terjangkau konsumen.

Selain itu Naeem juga menegaskan pihak DCVI perlu mempersiapkan jaringan dealer dan suku cadang. "Karena kami tidak hanya menyediakan produk saja tanpa menyediakan konsultasi untuk konsumen dan jaringan purna jualnya," sebut Naeem.

Daimler Siap Jual Bus Listrik Mercedes-Benz di Indonesia, Tapi Ada Syaratnya 03

Menarik untuk jadi bus TransJakarta

Dirinya pun menuturkan kalau pihak DCVI terus melakukan kerjasama dengan pihak GAIKINDO agar semua persiapan infrastruktur tersebut berjalan lancar. "Semoga di 2024 semuanya sudah siap," tukasnya.

Baca juga: Bukan Cuma Mobil Listrik Pabrikan Luar Negeri, Bus Listrik Madiun Juga Ikutan di KTT G20 Bali

Penjualan Truk dan Bus Mercedes-Benz Naik Pesat

Naeem yang kini menahkodai PT Daimler Commercial Vehicle Indonesia juga menuturkan, penjualan Year to Date Mercedes-Benz Bus and Truck pada Agustus 2022 mengalami peningkatan sangat pesat. Di bulan lalu, total penjualan retail bus dan truk asal Jerman ini tercatat 1.676 unit.

Daimler Siap Jual Bus Listrik Mercedes-Benz di Indonesia, Tapi Ada Syaratnya 04

Mercedes-Benz Actros penyumbang penjualan terbesar

Menurut Naeem, model yang alami peningkatan pesat datang dari truk Mercedes-Benz Actros dengan 187 persen dibanding pencapaian tahun lalu. Sementara peningkatan penjualan Mercedes-Benz Axor tercatat 101 persen. Adapun penjualan bus naik 84 persen.

Sampai akhir tahun ini Daimler juga menargetkan bisa menguasai 10% pasar truk, dan menguasai 50% pangsa pasar bus di Indonesia. Salah satu strateginya kata Naeem, dengan meluncurkan 4 produk baur lagi untuk Mercedes-Benz Axor dengan spesifikasi Euro 4.

Baca juga: Bus Listrik Navya Arma Mulai Beroperasi di BSD, Gak Perlu Pakai Sopir

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia