window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Harga Lebih Murah Nyaris Rp50 Juta, Fitur Wuling Alvez Bikin Galau Kia Sonet 2023

Yongki Sanjaya · 9 Mar, 2023 10:30

Harga Lebih Murah Nyaris Rp50 Juta, Fitur Wuling Alvez Bikin Galau Kia Sonet 2023 01

Pertarungan segmen crossover di jagat otomotif nasional kian memanas setelah Wuling Motors merilis Wuling Alvez pada gelaran IIMS 2023 lalu. Wajar saja, mobil ini harganya di bawah Rp300 juta. Kia Sonet yang dulu sempat jadi kuda hitam ikut galau karena harga jualnya kini sudah di atas Rp300 juta.

Sebelum kehadiran Wuling Alvez, Kia Sonet ini menjadi salah satu model dengan value for monet yang tinggi under Rp300 juta. Harga Kia Sonet di 2021 paling mahal di angka Rp289 juta dan selisihnya tipis dengan Raize 1.0T GR Sport CVT TSS.

Dulu, Cuma Sonet dan Kia Rio saja yang menawarkan fitur sunroof di rentang harga segitu. Kini peta persaingan semakin ketat karena kedatangan para pendatang baru.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Baca juga:

Dari segi harga, Wuling Alvez tipe tertinggi yaitu EX dijual seharga Rp295.000.000 OTR Jakarta. Agak disayangkan harga Kia Sonet tipe Premiere meroket hingga kini tembus Rp344 juta. 
Keduanya menarik untuk dibandingkan karena fitur yang ditawarkan oleh Wuling Alvez cukup lengkap, bahkan bisa mengungguli banyak mobil lain yang lebih mahal. 

Dengan selisih hingga Rp45 juta lebih mahal, apakah Kia Sonet ini tetap value for money? Ataukah Kia Sonet punya banyak hal menarik karena kelas harga yang lebih tinggi? Mari kita bandingkan kedua produk crossover tersebut.

Minus ADAS, Kia Sonet Premiere Bertabur Fitur Mewah

Harga Lebih Murah Nyaris Rp50 Juta, Fitur Wuling Alvez Bikin Galau Kia Sonet 2023 01

Kia Sonet memiliki panjang 4.120 mm, lebar 1.790 mm, tinggi 1.615 mm, dan wheelbase 2.500 mm. Mobil ini cenderung bergaya mini SUV dengan postur yang lebar dan tinggi. Desainnya begitu khas dengan grill honeycomb dengan aksen Tiger Nose sebagai ciri khas dari mobil baru milik KIA yang dipasarkan di pasar global. 

Pada bagian lampu depan, didesain menyipit yang terdapat lekukan dibuat mengikuti alur dari bagian kap mesin. Headlamp Sonet juga telah memakai teknologi LED dan juga DRL.

Harga Lebih Murah Nyaris Rp50 Juta, Fitur Wuling Alvez Bikin Galau Kia Sonet 2023 02

Kia tidak pelit bahkan royal urusan fitur di Kia Sonet yang masuk ke Indonesia. Interiornya disuguhi head unit layar sentuh berukuran 8 inci yang terkoneksi dengan Apple CarPlay dan Android Auto. Konektivitas dapat terhubung secara nirkabel alias wireless melalui Bluetooth. 

Fitur lain yang tersedia di dalam kabin yaitu pengaturan AC digital. Pada tipe Premiere tersedia juga ventilated seat, yang memungkinkan udara segar mengalir lewat serangkaian lubang tipis di sandaran punggung dan bokong. Varian tertinggi ini juga dipersenjatai dengan kursi elektrik dan juga cruise control. 

Harga Lebih Murah Nyaris Rp50 Juta, Fitur Wuling Alvez Bikin Galau Kia Sonet 2023 03

Tak kalah menarik yaitu soal sound system pada Kia Sonet, karena memakai Bose dengan empat speaker, dua tweeter, dan satu subwoofer. Dan satu fitur keren yang tak dimiliki Honda WR-V 1.5 RS tapi dimiliki Sonet yaitu sunroof. Pada bagian lampu depan, didesain menyipit yang terdapat lekukan dibuat mengikuti alur dari bagian kap mesin. Headlamp Sonet juga telah memakai teknologi LED dan juga DRL.

Bicara fitur keselamatan pada mobil ini, Kia menawarkan Sonet 5-seater dengan 6 buah Airbags, ABD, EBD, Hill Assist Control, Vehicle Stability Control, serta rear camera dengan dynamic guide. Namun harus kalian ingat, Kia Sonet yang harganya lebih mahal belum mendapatkan fitur keselamatan aktif dengan sebutan ADAS.

Wuling Alvez EX, Harga Under Rp300 Juta Berani Umbar Fitur

Harga Lebih Murah Nyaris Rp50 Juta, Fitur Wuling Alvez Bikin Galau Kia Sonet 2023 04

Wuling Alvez menjadi pendatang baru yang cukup fenomenal, karena harga yang ditawarkan cukup terjangkau dan fiturnya tak kalah dengan mobil sejenis yang harganya lebih mahal. 

Wuling Alvez EX punya panjang 4.350 mm, lebar 1.750 mm, tinggi 1.610 mm dan jarak sumbu roda 2.550 mm. Dari sisi eksterior, varian teratas Wuling Alvez dilengkapi LED projector dengan pengaturan tinggi rendahnya lampu. Lebih lanjut, Alvez EX juga terdapat roof rail, shark fin antenna, panoramic sunroof, serta wiper model frameless. 

Harga Lebih Murah Nyaris Rp50 Juta, Fitur Wuling Alvez Bikin Galau Kia Sonet 2023 05

Varian teratas Wuling Alvez dilengkapi LED projector dengan pengaturan tinggi rendahnya lampu. Lebih lanjut, Alvez EX juga terdapat roof rail, shark fin antenna, panoramic sunroof, serta wiper model frameless. 

 

Masuk ke interior, Wuling Alvez EX di bagian setir telah dibungkus bahan kulit premium serta material soft touch di beberapa bagian. Panel instrumen tipe EX juga mendapat tambahan layar MID TFT 7 inci. Lebih lanjut, varian EX dilengkapi AC dengan teknologi PM2.5 air filter yang selalu menghasilkan udara bersih dan sehat di dalam kabin.

Harga Lebih Murah Nyaris Rp50 Juta, Fitur Wuling Alvez Bikin Galau Kia Sonet 2023 06

Pada semua varian Alvez telah memiliki port USB 20W fast charging di bagian depan, dan khusus varian teratas pada baris kedua mendapat tambahan USB power outlet. Jangan lupa, hanya tipe teratas ini saja yang mendapat fitur sunroof. 

Wuling Alvez EX untuk fasilitas multimedia dibekali head unit layar sentuh berukuran 10,25 inci yang terintegrasi secara langsung dengan kamaera belakang berteknologi Dynamic Trajectory, serta 4 speaker. Head unit ini sudah mendukung fitur smartphone mirroring, online music, online navigation, serta online messaging.

Fitur ADAS Cuma Tersedia di Wuling Alvez EX

Harga Lebih Murah Nyaris Rp50 Juta, Fitur Wuling Alvez Bikin Galau Kia Sonet 2023 07

Hal menarik dari Alvez ialah fitur ADAS, dan hanya tersedia di tipe termahal yaitu EX. Adapun fitur keselamatan ADAS yang tersedia antara lain Adaptive Cruise Control (ACC), Bend Cruise Assistance (BCA), Traffic Jam Assistance (TJA) with lane-keeping function, Intelligent Cruise Assistance (ICA) with lane-keeping function, Safe Distance Warning (SDW) dan Forward Collision Warning (FCW).

Lebih lanjut, fitur ADAS lainnya yang tersedia yaitu Collision Mitigation System (CMS), Automatic Emergency Braking (AEB), Intelligent Hydraulic Braking Assistance (I HBA) serta Lane Departure Warning (LDW).

Sebagai fitur keselamatan standar, semua varian Wuling Alvez telah dilengkapi dengan ABS, EBD, Emergency Stop Signal (ESS), dual srs airbags, seatbelt reminder, ISOFIX and child-proof door lock, immobilizer, dan anti-theft alarm.

Kemudian untuk varian atasnya ini mendapat tambahan sensor parkir di belakang, kemudian ada Electronic Stability Control (ESC), Traction Control System (TCS), Electric parking brake (EPB) with Auto Vehicle Hold (AVH), Hill Hold Control (HHC), serta Tire Pressure Monitoring System (TPMS).

Adu Performa Kia Sonet vs Wuling Alvez, Merek Korea Bisa Apa?

Harga Lebih Murah Nyaris Rp50 Juta, Fitur Wuling Alvez Bikin Galau Kia Sonet 2023 08

Menyoal mesin Kia Sonet untuk Indonesia, mesin 1.5L tersebut mampu menghasilkan tenaga 115 PS di 6.300 rpm dengan torsi puncak 144 Nm di 4.500 rpm. Cukup bertenaga untuk mesin sebesar itu.

Mesin dikawinkan dengan transmisi CVT Intelligent Variable Transmission dengan simulasi delapan percepatan ke penggerak roda depan. Menariknya, karakter berkendara dapat disesuaikan dengan seleksi mode berkendara dan traksi.

Selanjutnya untuk Wuling Alvez, xrossover terbaru Wuling ini mengadopsi mesin tanpa turbo. Mesin yang digunakan sudah Euro 4 berkubikasi 1.485 cc naturally aspirated, inline-4 cylinder, DVVT, DOHC yang dikombinasikan dengan pilihan transmisi otomatis CVT untuk varian EX dan CE. 

Secara data, mampu menghasilkan tenaga maksimal 105 hp pada 5.800 rpm serta torsi puncak di angka 143 Nm pada putaran mesin 4.000-4.600 rpm. Lagi-lagi, Wuling Alvez harus tunduk pada merek lain perihal performa. Mungkin inilah kompensasi yang harus diterima konsumen karena harganya yang lebih terjangkau.
 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil