window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Adu Ganteng Crossover Under Rp300 Juta, Mending Pilih Toyota Raize Atau Kia Sonet?

Enda · 3 Jun, 2021 13:30

Adu Ganteng Crossover Under Rp300 Juta, Mending Pilih Toyota Raize Atau Kia Sonet? 01

Toyota Raize Vs Kia Sonet

Bicara Mengenai dua SUV kompak beda negara, PT Kreta Indo Artha (KIA) selaku agen pemegang merek pabrikan otomotif asal Negeri Gingseng pada November 2020 memperkenalkan produk terbarunya, yaitu Kia Sonet. Sedangkan PT Toyota Astra Motor sebagai salah satu produsen otomotif terbesar jenama Jepang, juga turut meluncurkan Toyota Raize yang belum lama ini melantai di Tanah Air.

Bermain di segmen yang sama, diketahui saat ini Kia Sonet ditawarkan mulai dari Rp193.000.000 sampai dengan Rp289.000.000. Sedangkan pesaing utamanya, Toyota Raize, mobil ini dibandrol dari Rp219.900.000 hingga Rp265.900.000.

Bingung antara memilih Toyota Raize atau Kia Sonet sebagai mobil idaman? Daripada bimbang, simak perbandingan keduanya di bawah ini.

Baca juga: Spesifikasi Toyota Raize 1.2 Sudah Terungkap, Tenaganya Setara Ayla dan Calya

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Eksterior Toyota Raize Bakal Lebih Banyak Disukai

Adu Ganteng Crossover Under Rp300 Juta, Mending Pilih Toyota Raize Atau Kia Sonet? 01

Toyota Raize GR Sport

Melihat daripada tampilan eksterior Toyota Raize, mobil ini menampilkan kesan sporty dan atraktif yang bakal banyak disukai konsumen Tanah Air. Hal ini terlihat dari penggunaan bumper depan bermodelkan trapezoidal tebal dan kokoh disertai sudut yang menyiku tajam dan agresif.

Selain memberikan visibilitas yang baik, sistem pencahayaan berteknologi LED dengan Illuminating headlamp, daytime running lght (DRL), dan Sequential Turn Lamp, dibuat lebih berkarakter, agresif dan berkelas.

Bergeser ke bagian sampingnya, Raize memiliki tampilan kokoh khas SUV dan velg besar berukuran 17 inch pada tipe 1.0T. Sementara tipe 1.2 menggunakan velg 16-inch yang tidak kalah atraktif.

Adu Ganteng Crossover Under Rp300 Juta, Mending Pilih Toyota Raize Atau Kia Sonet? 02

Buritan Toyota Raize terlihat begitu sporty

Begitupun pada buritannya, demi menyesuaikan tampilan depan dan sampingya, Raize mempunyai bagasi serta bumper yang berotot dan kekar.

Tampilan Luar Kia Sonet Terlihat Lebih Berotot

Adu Ganteng Crossover Under Rp300 Juta, Mending Pilih Toyota Raize Atau Kia Sonet? 03

Kia Sonet 5-seater pesaing Toyota Raize

Melihat tampilan luar Kia Sonet, mobil ini tidak kalah atraktif dan menantang. SUV kebanggan Kia ini mendapatkan fascia ikonik khas Kia. Diaplikasikan menggunakan grille dengan desain Tiger Nose, Kia Sonet terlihat lebih gahar dan agresif.

Terlebih pada wajahnya yang sangar ini berhasil tersematkan lampu utama yang atraktif dengan tampilan tajam. Lampu utama Kia Sonet ini juga berhasil tersematkan teknologi LED dan Daytime Running Light (DRL) dengan model heart pulse.

Pada bagian bawahnya sama seperti SUV saat ini yang disematkan under guard namun dilabur dengan warna perak. Lekuk bagian kap mesinnya ini terlihat cenderung lebih berotot bila dibandingkan Toyota Raize.

Ketika beranjak ke sisi bagian samping, tampilan Kia Sonet seperti SUV kompak masa kini pada umumnya. Pada velgnya ini menggunakan bahan dasar alloy model kipas dengan pewarnaan dual tone yang mana memiliki ukuran 16 inci dibalut ban berprofil 215/60.

Adu Ganteng Crossover Under Rp300 Juta, Mending Pilih Toyota Raize Atau Kia Sonet? 04

Tampilan belakang Kia Sonet memiliki bentuk lebih membulat

Melihat bagian buritannya, Kia Sonet mendapatkan tampilan yang tampak kekar. Dimana pada stop lampnya menggunakan LED yang seolah menyatu di kedua sisi berkat adanya garnis yang memanjang. Under guard pada bagian belakang juga dibuat membulat dan berotot serta adanya dua buah lubang muffler di kedua sisi yang diketahui hanya sebagai variasi saja.

Adu Fitur Unggulan dan Keselamatan Toyota Raize Vs Kia Sonet

Toyota Raize

Adu Ganteng Crossover Under Rp300 Juta, Mending Pilih Toyota Raize Atau Kia Sonet? 05

Interior Toyota Raize

Melihat bagian dalam Toyota Raize, Kalian langsung bisa menemukan pengaturan AC model digital, tombol start/stop engine serta mengatur tampilan head unit Interactive 9 Inch dengan floating design.

Fitur entertainment yang digunakan Toyota Raize ini dapat terhubung dengan smart device T-Link dan mempunyai fitur Personal Reminder, bahkan dapat dimanfaatkan sebagai pengingat aturan pelat nomor ganjil-genap dengan memasukkan data mobil ke dalam sistemnya.

Tidak hanya itu, Raize juga dilengkapi fitur dengan teknologi MID 7 inch TFT dengan display interaktif dan modern dan dapat diganti-ganti dalam 4 opsi tampilan yaitu Advanced, Exciting, Simple, dan Analog. Selain itu terdapat juga advanced features lainnya seperti Steering Switch dan Interior Illumination.

Mengenai fitur keselamatannya, mobil ini berhasil memperoleh dual airbags, sementara tipe 1.0T GR Sport TSS memperoleh 6-airbags (driver+passanger+side+curtain). Selain itu juga, Raize juga dilengkapi Anti-lock Braking System (ABS), Vehicle Stability Control (VSC), Hill Start Assist (HSA), Seatbelt Warning, Rear Parking Sensor, Rear Parking Camera, serta Alarm + Immobilizer. 

Tidak sampai disitu, demi memberikan kemudahan serta keselamatan berkendara yang lebih baik, Toyota Raize berhasil disematkan fitur keselamatan terbaru berupa Toyota Safety Sense (TSS) di varian teratasnya.

Fitur TSS pada Raize yang masuk dalam kumpulan Advanced Driving Assistant System (ADAS) ini antara lain; Pre Collision System, Adaptive Cruise Control, Front Departure Alert, Lane Departure Assist, Pedal Missoperation Control, Rear Crossing Traffic Alert, dan Blind Spot Monitoring.

Baca juga: Menarik Untuk Diulas, Toyota Raize Vs Suzuki Jimny Mana yang Pantas Untuk Dimiliki Saat Ini?

Kia Sonet, Crossover yang Doyan Umbar Fitur 

Adu Ganteng Crossover Under Rp300 Juta, Mending Pilih Toyota Raize Atau Kia Sonet? 06

Interior Kia Sonet

Pada Kia Sonet, SUV kompak asal Korea Selatan ini mendapatkan fitur unggulan berupa Ventilated Seats, Bose Audio System, Smart Key with remote starter, 8” multimedia touchscreen with wireless Car Play and Android Auto, Mood Lamp connected to music, Wireless Charging with cooling function, Sunroof with tilt and slide, pengingat tekanan ban Tire Pressure Monitoring System (TPMS) serta Cruise Control

Mengetahui fitur keselamatan pada mobil ini, Kia menawarkan Sonet 5-seater dengan 6 buah Airbags, ABD, EBD, Hill Assist Control, Vehicle Stability Control, serta rear camera dengan dynamic guide. Namun harus kalian ingat, Kia Sonet sendiri belum mendapatkan fitur keselamatan dengan teknologi terdepan saat ini yang kita ketahui dengan sebutan ADAS.

Dimensi Kia Sonet Ungguli Toyota Raize

Perbandingan Dimensi Toyota Raize Vs Kia Sonet
Keterangan Toyota Raize Kia Sonet
Panjang 4.030 mm 4.120 mm
Lebar 1.710 mm 1.790 mm
Tinggi 1.635 mm 1.615 mm

Melihat pada table di atas, kedua model kendaraan yang masuk dalam golongan A-SUV (3.900 mm - 4.100 mm), diketahui bahwa Kia Sonet memiliki ukuran lebih besar dari Toyota Raize. Dengan begitu, pengendara maupun penumpang akan merasa lebih nyaman ketika berada didalamnya.

Punya dimensi yang lebih besar dari Raize, Kia Sonet pastinya berdampak signifikan pada ukuran kabin yang makin lega. Meski begitu, secara tinggi keseluruhan Toyota Raize lebih unggul bila dibandingkan pesaingnya ini.

Meski Toyota Raize Dapat Mesin Turbo, KIA Sonet Mampu Menghasilkan Tenaga Lebih Besar

Adu Ganteng Crossover Under Rp300 Juta, Mending Pilih Toyota Raize Atau Kia Sonet? 07

Mesin Toyota Raize

Seperti yang diketahui, Toyota Raize kini menggendong mesin 1.0L turbo dan 1.2L NA (Naturally Aspirated). Sedangkan Kia Sonet berhasil disematkan mesin 1.5L NA. Meski tidak memperoleh dorongan turbo, jantung pacu pada Kia Sonet mampu melecutkan putaran tenaga yang lebih buas.

Perbandingan Spesifikasi Mesin Toyota Raize Vs Kia Sonet
Keterangan Toyota Raize 1.0L Turbo Toyota Raize 1.2L Kia Sonet 1.5L
Mesin 1KR-VET 12 Valve  Turbocharger DOHC with VVT-i

WA-VE 12 Valve DOHC with Dual VVT-i

Gamma II Smartstream Engine
kapasitas 996 cc 1.198 cc 1.497 cc
Silinder 3 silinder segaris 3 silinder segaris 4 silinder segaris
Tenaga 98 PS @6.000 rpm 88 PS @6.000 rpm 114 PS @6.300 rpm
Torsi 140 Nm @2.400 - 4.000 rpm 112 Nm @4.500 rpm 144 Nm @4.500 rpm
Transmisi Manual 5-percepatan dan CVT Manual 5-percepatan dan CVT Manual 6-percepatan dan iVT (Intelligent Variable Transmission) with 8-speed virtual gear.
Penggerak FWD FWD FWD

Kesimpulan

Melihat dari beberapa parameter di atas yang dijajakan pada keduanya, menurut kami Toyota Raize merupakan SUV kompak yang pantas untuk dipilih saat ini. Akan tetapi, apabila kalian lebih menginginkan ruang kabin yang lebih luas, serta memperoleh tenaga dan torsi yang melimpah, Kia Sonet bisa menjadi pilihan tepat.

Baca juga: Komparasi Toyota Raize vs Wuling Almaz Bekas, Duo SUV yang Naik Daun di Harga Rp 200 Jutaan

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Harga tukar tambah yang adil

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil