Ingin Hijrah Jadi Pengguna Mobil Baru, Ketahui 5 Hal Penting Sebelum Beli

Yongki Sanjaya · 6 Feb, 2021 08:00

Ingin Hijrah Jadi Pengguna Mobil Baru, Ketahui 5 Hal Penting Sebelum Beli 01

Mobil kini telah menjadi kebutuhan sekunder yaitu sebagai sarana transportasi utama keluarga. Ada banyak sekali alasan, sekaligus pertimbangan yang perlu kalian ketahui saat akan membeli mobil baru. Keputusan membeli mobil ini ada kalanya dilakukan dari kalangan pengguna sepeda motor yang ingin naik kelas.

Membeli mobil perlu dipertimbangkan dengan matang. Pasalnya, waktu kalian ingin membeli mobil pastinya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Bukan cuma uang untuk membelinya, tapi juga biaya perawatan rutin akan lebih mahal dari motor.

Pembelian mobil pastinya harus mempertimbangkan harga yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Kalau cuma untuk bepergian keluarga kecil 3-5 orang maka city car saja cukup daripada beli MPV yang harganya pasti lebih mahal.

Jika kamu tertarik memiliki mobil dalam waktu dekat, maka sebaiknya coba pertimbangkan kembali beberapa hal berikut ini:

Kuatkan Alasan Ingin Hijrah Beli Mobil Baru

Ingin Hijrah Jadi Pengguna Mobil Baru, Ketahui 5 Hal Penting Sebelum Beli 02

Setiap orang tentu saja memiliki alasan tersendiri mengapa membutuhkan mobil sebagai kendaraan utama. Ada alasan mengapa orang memiliki mobil, yaitu karena lokasi pekerjaan yang cukup jauh dan harus sekalian mengantar anak sekolah. Ini akan memakan waktu lama bila menggunakan sepeda motor.

Jika memang dirasa alasanmu tak cukup kuat, maka kamu juga masih bisa menggunakan sepeda motor. Jadi sebaiknya pikirkan ulang rencanamu, jangan sampai membeli mobil tanpa memiliki alasan khusus.

Membeli barang mahal hanya untuk memenuhi keinginan tanpa alasan pendukung yang kuat adalah bentuk dari pemborosan.

Hitung Secara Teliti Kebutuhan dan Pengeluaran Bulanan

Ingin Hijrah Jadi Pengguna Mobil Baru, Ketahui 5 Hal Penting Sebelum Beli 03

Memiliki mobil jelas tidak sama dengan memiliki motor. Tak hanya karena harganya yang mahal, namun biaya perawatan rutin juga tak kalah tinggi.

Oleh sebab itu, kamu perlu melihat kondisi penghasilanmu setiap bulannya. Hitung pengeluaran untuk bayar cicilan mobil atau biaya rutin untuk kendaraan seperti beli bensin dan servis berkala.

Kalian juga dapat mencermati setiap skema pembiayaan yang ditawarkan oleh ATPM dengan leasing rekanan.  Perusahaan leasing biasanya mempunyai besaran bunga dan tenor yang berbeda-beda. Konsumen juga dapat bertanya kepada sales di dealer resmi untuk dapat memberikan rekomendasi leasing yang tepat.

Bila memang dirasa penghasilanmu cocok untuk memiliki mobil dan tak mengganggu pengeluaran lainnya, maka silakan untuk beli mobil baru.

Dukungan Aftersales Mobil Baru Wajib Diperhatikan

Ingin Hijrah Jadi Pengguna Mobil Baru, Ketahui 5 Hal Penting Sebelum Beli 04

Selain harga beli, faktor lain yang perlu menjadi pertimbangan adalah layanan purna jual. Untuk pembeli mobil pertama, perhatikan kemudahan dan biaya yang ringan untuk melakukan perawatan mobil secara rutin.

Karena itu, kalian perlu memastikan mobil pertama yang dipilih juga memiliki jaringan bengkel resmi yang luas, ketersediaan suku cadang asli yang memadai, serta ditangani oleh teknisi berpengalaman.

Hal lainnya yang juga perlu diperhatikan ialah besaran biaya perawatan yang akan dibutuhkan selama memiliki mobil. Saat ini, banyak pabrikan yang telah memiliki paket servis yang dapat menghemat biaya perawatan mobil.

Hitung secara cermat biaya penggantian spare part setiap periode servis rutin.Tak ada salahnya bertanya di grup otomotif soal layanan aftersales, demi mencari layanan yang terbaik. Pilih yang paling hemat supaya tidak makin membebani pengeluaran bulanan.

Beli Mobil Baru Perlu Perhatikan Harga Jual Kembali?

Ingin Hijrah Jadi Pengguna Mobil Baru, Ketahui 5 Hal Penting Sebelum Beli 05

Untuk pembeli mobil khususnya mobil pertama, harga jual kembali dapat menjadi salah satu pertimbangan penting. Setelah memiliki mobil pertama, seiring waktu konsumen mungkin terbentur dengan kebutuhan mendesak sehingga kadang perlu menjual mobil satu-satunya.


Untuk itu, harga jual kembali dari mobil saat ini menjadi penting. Kalian dapat melakukan pengecekan harga mobil second di website marketplace yang banyak tersedia di internet. Dengan demikian dapat mengetahui berapa kisaran harga jual kembali dari mobil yang hendak dibeli.

Secara umum, popularitas sebuah merek mobil, kualitas dan daya tahan produk, hingga desain yang up to date , hingga dukungan jaringan dealer yang kuat akan berpengaruh pada harga jual kembali dari suatu mobil.

Kesimpulan

Seiring kebutuhan, mobil kini telah menjadi kendaraan utama penunjang aktivitas dalam sebuah keluarga. Maka tidak heran kalau banyak pengguna roda dua yang ingin hijrah membeli mobil. Dengan kendaraan roda empat, kita pastinya lebih nyaman di jalan dan tidak takut kebasahan saat hujan.

Dengan beberapa poin di atas, semoga jadi ilham atau petunjuk sebelum memutuskan segera membeli mobil atau masih bisa ditunda.  

Komentar