window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Ini Alasan Kenapa Inden Daihatsu Rocky Bisa Lebih Singkat dari Toyota Raize

Yongki Sanjaya · 18 Jun, 2021 08:30

Ini Alasan Kenapa Inden Daihatsu Rocky Bisa Lebih Singkat dari Toyota Raize 01

Kehadiran Daihatsu Rocky dan Toyota Raize disambut dengan hangat oleh publik Tanah Air. Keduanya bahkan langsung bisa mencatatkan target bulanan, dan bahkan pemesanan unitnya harus inden. Uniknya, dengan harga lebih murah ternyata inden Daihatsu Rocky bisa lebih singkat daripada Toyota Raize.

Hal ini tak lepas dari perbedaan strategi masing-masing brand, dimana Toyota memang menjadikan Raize 1.0 Turbo sebagai model utama yang mereka jual. Alhasil, PT Toyota Astra Motor pasang target penjualan tinggi untuk varian tersebut. Sebaliknya, PT Astra Daihatsu Motor hanya menargetkan penjualan Rocky 1.0 Turbo hanya 500 unit per bulan.

Baca juga:

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

10 Indikator Fitur di Meter Cluster Daihatsu Rocky yang Wajib Diketahui, Kalau Nyala Berarti Ada Masalah

Sekarang Lebih Baik Beli Daihatsu Rocky Daripada Toyota Raize! Ini Alasannya

Berapa Sih Harga Kredit Daihatsu Rocky? Berikut Skema Cicilan Untuk Semua Variannya

"Ada perbedaan target customer dan varian. Daihatsu menargetkan 500 unit sebulan, untuk Rocky 1.0L Turbo sedangkan Toyota lebih besar. Toyota menjadikan varian 1.0 Turbo sebagai target utama, ini membuat inden Toyota jadi lebih panjang," beber Amelia Tjandra, Marketing Director dan Corporate Planning and Communication Director PT Astra Daihatsu Motor. 

Ini Alasan Kenapa Inden Daihatsu Rocky Bisa Lebih Singkat dari Toyota Raize 01

Lebih lanjut, Daihatsu memposisikan sebagai brand yang fokus menyasar entry level. Itulah mengapa untuk Daihatsu Rocky varian 1.2 liter targetnya lebih besar yaitu 1.500 per bulan. Total untuk seluruh varian Daihatsu Rocky, Amelia menyebut kalau pihaknya pasang target sebanyak 2.000 unit. 

"Karena target Rocky 1.0 Turbo lebih dikit makanya waktu inden lebih pendek. Sebaliknya, di Toyota untuk Raize 1.2 liter ini targetnya jauh lebih sedikit sehingga nanti indennya nanti bisa lebih cepat," jelas Amelia. 

Sebagai informasi, baik Toyota Raize ataupun Daihatsu Rocky diproduksi di pabrik yang sama oleh PT Astra Daihatsu Motor. Namun demikian, periode inden Toyota Raize tipe TSS sangat lama, mencapai 9 bulan. Sementara itu, waktu inden Daihatsu Rocky 1.0 Turbo ASA berkisar antara 1-2 bulan saja. 

Ini Alasan Kenapa Inden Daihatsu Rocky Bisa Lebih Singkat dari Toyota Raize 02

"Bisa jadi nanti inden di Daihatsu untuk Rocky 1.2 liter jadi lebih panjang karena targetnya besar. Untuk pemesanan Rocky 1.2 juga kita baru buka hari ini. Untuk itu produksi akan mengimbangi demand yang semakin besar karena Daihatsu sudah melakukan penyesuaian," ucap Amelia. 

Untuk mengejar tingginya animo konsumen, Daihatsu selaku produsen berusaha mempersingkat waktu inden. Berbagai cara dilakukan, mulai dari memangkas waktu produksi hingga memberlakukan overtime di pabrik walaupun protokol kesehatan tetap berlaku. 

"Bulan ini saya percaya suplai meningkat. Suplai dari ADM kita lakukan tambahan, termasuk lakukan overtime," tambah Amelia. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil