window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Ini Penyebab Transmisi Matic Tidak Mau Pindah Gigi, Bikin Akselerasi Nyendat!

Yongki Sanjaya · 8 Apr, 2022 13:30

Ini Penyebab Transmisi Matic Tidak Mau Pindah Gigi, Bikin Akselerasi Nyendat! 01

Mobil matic saat ini selalu menjadi pilihan utama karena penggunaannya cukup praktis, memakai transmisi otomatis. Namun bukan berarti transmisi tidak bisa mengalami kerusakan.  Hal yang cukup sering terjadi ialah transmisi matic konvensional tidak bisa pindah gigi.

Untuk transmisi otomatis konvensional, perseneling tersangkut bisa terjadi kapan saja. Dikutip dari laman resmi Suzuki, gangguan pada transmisi secara umum bukan karena usia mesin yang sudah lama tetapi juga kurang atau jarang melakukan servis rutin.

Apa saja penyebab transmisi matic tidak mau pindah gigi? Mari kita bahas satu persatu.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Ciri Transmisi Matic Tidak Mau Pindah Gigi

Ini Penyebab Transmisi Matic Tidak Mau Pindah Gigi, Bikin Akselerasi Nyendat! 01

Ada beberapa ciri atau tanda yang sebenarnya bisa dicermati ketika transmisi mobil Anda tidak mau pindah gigi. Tanda-tanda ini bisa muncul dan dirasakan ketika sedang mengendarai mobil.

Ciri yang umum terjadi ialah pedal gas justru terasa berat ketika diinjak walaupun transmisi sudah berhasil dipindah. Efek kedua adalah perpindahan gigi justru sama sekali tidak terjadi. 

Mobil Tersentak saat Berpindah Gigi

Ciri yang pertama adalah munculnya sentakan padahal Anda baru saja berpindah gigi. Transmisi yang normal seharusnya akan memberikan perpindahan gigi yang halus bahkan tidak terlalu terasa. 

Jadi jika ternyata sentakan kasar pada mobil maka bisa jadi kerusakan pada transmisi. Kalau sudah begini, sebaiknya segera bawa ke bengkel resmi atau spesialis transmisi otomatis untuk mendapatkan penanganan. 

Muncul Getaran Berlebihan

Ciri selanjutnya yang menandakan transmisi matic tidak mau pindah gigi yaitu terjadi getaran yang aneh. Getaran memang biasa terjadi, namun masalahnya jika getaran yang terjadi melebihi batas wajar, maka itu artinya terjadi masalah. Getaran yang tidak wajar biasanya akan disebabkan adanya gesekan di bagian kopling yang telah mulai aus. 

Sulit Memindahkan Tuas Transmisi

Ini Penyebab Transmisi Matic Tidak Mau Pindah Gigi, Bikin Akselerasi Nyendat! 02

Transmisi matic kadang tidak mau pindah gigi yang ditandai dengan tuas yang tidak bisa digerakkan. Anda akan kesulitan berpindah ke mode parking atau lainnya. 

Jika muncul tanda ini, penyebab awal bisa saja dari switch rem. Anda bisa mencoba mengecek dengan menginjak sedikit di pedal rem. Transmisi yang tidak mau dipindah walaupun sudah menginjak pedal rem artinya terdapat masalah di switch rem. 

Biasanya kotoran atau sambungan switch rem kendur membuatnya tidak bisa bekerja dengan baik. Tuas transmisi pun tidak akan bisa dipindahkan jika kerak terlalu banyak.

Pemeriksaan lebih lanjut mengenai kinerja switch rem pun diperlukan. Bisa saja masalah karena perlu penyetelan ulang atau karena harus diganti yang baru. Namun bila switch rem tidak bermasalah atau kotor, berarti penyebabnya ada pada girboks yang rusak. 

Perpindahan Gigi Tidak Mengikuti Tuas

Hal yang cukup membahayakan adalah saat transmisi matic tidak mau pindah gigi padahal tuas sudah berpindah. Misalnya dari D ke N atau sebaliknya. Artinya permasalahan pada sistem transmisi ini cukup parah dan pengecekan pada gearbox harus segera dilakukan.

Ketika kabel gearbox bermasalah, biasanya tanda inilah yang akan terjadi. Penggantian atau perbaikan kabel gearbox pun harus dilakukan.

Penyebab Sulit Pindah Tuas Persneling Matic, Kadang Cuma Karena Switch Rem Rusak

Ini Penyebab Transmisi Matic Tidak Mau Pindah Gigi, Bikin Akselerasi Nyendat! 03

Kadang, penyebab kita susah memindah tuas transmisi hanya karena masalah pada switch rem. Ketika pedal rem diinjak, switch rem tidak ikut tertekan. 

Kondisi itu membuat tuas transmisi tidak akan bisa pindah meski pedal rem diinjak sampai penuh. Tanda paling mudah untuk mengetahui kondisi ini adalah melihat lampu rem yang tidak menyala saat pedal diinjak. 

Sebenarnya kerusakan pada switch rem merupakan bentuk pencegahan agar tidak terjadi kecelakaan dalam berkendara. Jika cuma masalah seperti ini, kalian cukup mengganti atau memperbaiki switch rem yang bermasalah.

Berikut langkah-langkah pemeriksaan switch rem yang bermasalah:

1. Buka fuse box yang berada di ruang mesin. Kemudian cari di balik tutup boks sekring, kode yang menunjukan fuse tail lamp. Periksa sekring tersebut apakah putus atau tidak. Caranya dengan mencabut sekring dan lihat apakah bagian penghantar arus masih tersambung atau terputus. Jika putus, segera ganti dengan ukuran yang sesuai. 

2. Kondisi ini bisa disebabkan karena soket yang kendur. Kalian hanya perlu mengencangkan soket sampai berbunyi klik sampai fungsi switch rem kembali normal.

3. Terkadang switch rem tidak berfungsi kalau setelan switch terlalu jauh. Gunakan kunci pas 12 mm untuk menyetel ulang, putar ke arah kiri atau kanan sampai fungsinya kembali normal. 

4. Kalau switch remnya sudah jelek kondisinya, lebih baik ganti dengan yang baru. Harga switch rem juga terbilang cukup terjangkau. Kamu hanya perlu mencari switch rem yang sesuai dengan tipe mobil. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

2021 Toyota Raize 1.0T G MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil