window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Jangan Disepelekan, Ini Manfaat Penting Kita Buka Kaca Sedikit Waktu Parkir Mobil

Yongki Sanjaya · 11 Jul, 2022 13:30

Jangan Disepelekan, Ini Manfaat Penting Kita Buka Kaca Sedikit Waktu Parkir Mobil 01

Saat kita parkir mobil terutama di luar ruangan, ada anggapan bahwa membuka sedikit kaca dapat membantu melancarkan sirkulasi udara dalam kabin. Bahkan cara ini juga bermanfaat dari faktor keamanan, karena menyulitkan maling dengan modus pecah kaca mobil. Apakah sebegitu penting?

Kedua hal di atas rupanya saling berkaitan, karena pengaruh tekanan udara dalam kabin mobil. Udara dalam kabin akan semakin panas ketika atap mobil langsung terpapar sinar matahari. Saat kita membuka sedikit kaca jendela mobil waktu parkir, maka hawa panas tadi tidak terperangkap dan udara bisa bersirkulasi.

Dengan membuka kaca jendela kira-kira 1 cm, bertujuan supaya tidak ada hawa panas yang terperangkap. Bila melihatnya secara teknis, ini memang dapat mengurangi suhu tinggi di dalam kabin mobil.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Pada beberapa mobil dengan kabin yang kekedapan kekedapannya cukup baik, membuat udara yang terperangkap di kabun terus memuai karena panas. Hal ini nantinya berdampak pada kaca yang jadi retak karena efek tekanan udara dalam kabin. 

Nah itu tadi sekilas alasan penting kenapa kita perlu membuka sedikit kaca mobil waktu parkir. Berikut ini penjelasan yang lebih mendalam.

Buka Sedikit Kaca Mobil Waktu Parkir, Mempersulit Maling Membobol

Jangan Disepelekan, Ini Manfaat Penting Kita Buka Kaca Sedikit Waktu Parkir Mobil 01

Hal yang kita tidak sadari ialah dengan membuka sedikit kaca mobil ialah bakal mempersulit pelaku tindak kejahatan dengan modus memecahkan kaca. Penjelasannya yaitu ketika kita membuka sedikit kaca, maka ada sirkulasi udara yang keluar masuk ke dalam interior.

Dengan demikian, kaca jadi tidak mudah pecah saat dilempar pelaku menggunakan serpihan busi. Kalau kaca ditutup rapat, tekanan udara panas yang memuai dalam kabin membuat lebih gampang retak.

Jangan Disepelekan, Ini Manfaat Penting Kita Buka Kaca Sedikit Waktu Parkir Mobil 02

Dalam modus kejahatannya, pelaku kerap menggunakan pecahan busi motor yang kemudian diberikan air liur agar pecahan busi tersebut dalam kondisi dingin. Saat busi tadi dilemparkan ke kaca kendaraan yang panas dan bertekanan tinggi akibat ditutup rapat, kaca dengan cepat mengalami keretakan.

Pelaku pencurian pun tinggal mendorong kaca yang retak dan pecah dengan mudah hanya memakai tangan. Setelah terbuka, pelaku tinggal mengambil barang berharga yang ditinggal pemilik di dalam mobil.

Buka Sedikit Kaca Mobil Agar Tidak Gampang Retak dan Pecah

Jangan Disepelekan, Ini Manfaat Penting Kita Buka Kaca Sedikit Waktu Parkir Mobil 03

Jika kaca tertutup rapat pada saat kita parkir mobil di tempat panas, seperti dibawah matahari langsung atau parkir basement, maka tekanan suhu di dalam akan cepat naik. Kondisi ini bisa menyebabkan kaca memuai, kemudian pecah. 

Nah itulah mengapa sangat dianjurkan untuk membuka sedikit kaca mobil agar bisa mengurangi tekanan suhu yang ada di dalam mobil kita. Jadi jika terpaksa parkir di tempat panas, buka kacanya sebaiknya sedikit saja, dan jangan sampai melebihi talang air.

Jadi, jangan lupa untuk memasang talang air supaya menahan air hujan masuk ke dalam kabin. Talang air juga berfungsi melindungi interior saat jendela mobil dibuka sedikit waktu hujan, untuk keperluan sirkulasi udara agar kaca mobil tidak berembun.

Harga talang air mobil ini satu setnya sekitar Rp 150 ribuan untuk empat jendela. Dengan budget segitu dirasa tidak terlalu mahal untuk menjaga kenyaman dan keamanan berkendara. 

Kelemahan Membuka Sedikit Kaca Waktu Parkir Mobil

Jangan Disepelekan, Ini Manfaat Penting Kita Buka Kaca Sedikit Waktu Parkir Mobil 04

ketika parkir dalam waktu yang lama, sebaiknya kaca mobil diturunkan sedikit. Tujuannya agar ada sirkulasi udara dari luar sehingga mobil tidak apek meski jarang dipakai.

menurunkan kaca di beberapa mobil justru bisa jadi kontra produktif, sebab bisa jadi ada potensi masuknya benda asing. Ini karena saat parkir lama pun, di dalam mobil sudah ada sirkulasi udara. 

Kabin mobil juga bisa terkena air apabila hujan turun. Ini terjadi bila di mobil kita nggak pakai door visor alias talang air, sehingga bakalan basah. 

Oleh karena itu, alternatif lain yang bisa dilakukan adalah membuka kaca mobil saat pengemudi baru masuk ke dalam mobil dan memulai perjalanan. Angin sejuk akan mengalir melalui mobil menggantikan udara panas dan membantu menurunkan suhu di dalam kabin. Pengemudi juga bisa membuka kaca separuh, sambil menyalakan AC untuk mengeluarkan udara panas dari dalam mobil.

Kesimpulan  

Ada anggapan saat mobil parkir dalam waktu panjang, sebaiknya kaca diturunkan sedikit. Tujuannya agar ada sirkulasi udara dari luar sehingga mobil tidak apek meski jarang dipakai.

Bila memang kondisi mobil kalian telah terpasang door visor maka boleh-boleh saja membuka sedikit kaca untuk mendapat sirkulasi udara. Namun bila tidak ada sebaiknya tidak perlu membukanya bila parkir di outdoor yang situasinya berdebu.

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Civic RS 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil