window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kehabisan Bensin di Tol Cisumdawu? Tenang, Pertamina Siapkan Layanan Ini

Prasetyo · 17 Apr, 2023 20:01

Kehabisan Bensin di Tol Cisumdawu? Tenang, Pertamina Siapkan Layanan Ini 01

Jelang puncak arus mudik lebaran 2023, ruas jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) seksi 4, 5, dan 6 sudah dibuka fungsional. Jalan Tol Cisumwadu ini mulai difungsikan Minggu, 16 April 2023, untuk mengakomodir pemudik dari wilayah Bandung yang mau menuju Tol Cipali.

Adapun jalur fungsional Tol Cisumdawu yang bisa digunakan hanya Jalur A atau jalur dari Bandung yang mengarah ke Tol Cipali. Sedangkan Jalur B pengerjaannya belum sepenuhnya rampung.

Kehabisan Bensin di Tol Cisumdawu? Tenang, Pertamina Siapkan Layanan Ini 02

Belum disediakan rest area dan SPBU

Kendaraan pemudik dari arah Bandung bisa masuk jalur fungsional Tol Cisumdawu menuju ke arah tol Cipali hingga Bandara Kertajati Majalengka. Ini demi mengurai kepadatan yang mungkin terjadi di kawasan Tol Cikampek atau Cipularang.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Namun perlu diperhatikan saat melintas di lajur tol fungsional. Lantaran kondisi jalannya belum rampung total, termasuk belum lengkapnya berbagai fasilitas umum seperti rest area dan SPBU.

Baca juga: Mudik Lewat Jalan Tol Trans Jawa? Catat, Tidak Semua Rest Area Ada SPBU

Layanan Pertamina di Tol Cisumdawu

Kehabisan Bensin di Tol Cisumdawu? Tenang, Pertamina Siapkan Layanan Ini 01

Baru dibuka secara fungsional

Belum adanya fasilitas SPBU di Tol Cisumdawu membuat Pertamina merespon kebutuhan BBM untuk pemudik. Menurut Alfian Nasution, Direktur Utama Pertamina Patra Niaga, langkah ini demi mendukung kelancaran arus mudik hingga arus balik Lebaran di ruas tol fungsional tersebut.

Langkah pertama yang dilakukan perusahaan penyedia BBM ini adalah dengan adanya layanan tambahan yang berlokasi di KM 194. Kemudian Pertamina juga menyiapkan 2 SPBU modular masing-masing berkapasitas 3 ribu liter dan menyediakan BBM jensi Pertamax. 

Kehabisan Bensin di Tol Cisumdawu? Tenang, Pertamina Siapkan Layanan Ini 02

Sediakan BBM dalam kemasan

Baca juga: Cara Top Up Saldo E-Toll Mandiri dan BCA, Biar Gak Repot di Gerbang Tol

Selain itu ada pula layanan Kiosk Pertamina Siaga, yang menjual BBM dalam kemasan dan produk pelumas yang bisa dimanfaatkan pemudik. "Kita juga siapkan motorist (layanan pesan antar BBM) yang membantu pemudik, apabila terjadi kemacetan dan mobil mogok. Juga berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk melakukan pengawalan motorist ke tujuan apabila dibutuhkan dalam situasi emergency," jelas Alfian melalui keterangan tertulisnya.

Untuk konsumen kendaraan diesel, Pertamina turut menyediakan produk BBM berjenis Pertamina Dex dalam kemasan. Juga tersedia produk oli Fastron dan Enduro.

Kehabisan Bensin di Tol Cisumdawu? Tenang, Pertamina Siapkan Layanan Ini 03

Ada layanan antar jemput BBM kalau kehabisan bensin di jalan

Gak usah pusing kalau tak bawa uang cash dalam jumlah banyak. Sebab di Kiosk Pertamina Siaga KM 194 ini, Pertamina juga menyediakan pembayaran dengan metode non-tunai (cashless) dan melalui aplikasi MyPertamina.

Baca juga: Tarif Lengkap Jalan Tol Trans Jawa 2023, Bisa dari Merak Sampai Banyuwangi

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil