Kelebihan Mobil dengan Transmisi Manual, Walau Ribet Tapi Jadi Favorit Kebanyakan Orang Indonesia

Yongki Sanjaya · 8 Okt, 2021 14:30

Kelebihan Mobil dengan Transmisi Manual, Walau Ribet Tapi Jadi Favorit Kebanyakan Orang Indonesia 01

Kondisi lalu lintas kota besar di Indonesia yang semakin macet mendorong banyak orang akhirnya hijrah dari mobil manual ke otomatis. Alasannya sederhana, mobil matic lebih praktis karena tidak perlu injak kopling. Meskipun ribet harus main kopling, namun mobil dengan transmisi manual punya banyak kelebihan sehingga tetap jadi andalan.

Tren yang muncul pada 10 tahun terakhir ini memperlihatkan bila transmisi otomatis semakin naik daun. Tidak cuma di mobil penumpang, bahkan, truk dan bus pun mulai beralih memakai transmisi otomatis. Namun, kenapa masyarakat masih begitu mengandalkan transmisi manual ini? 

Di pasaran, harga baru mobil matic biasanya lebih mahal dibandingkan dengan yang bertransmisi manual. Tak cuma itu, perawatan mobil matic pun sedikit lebih mahal karena harus ganti oli matic/CVT dalam periode tertentu. Sementara itu untuk mobil manual, cukup setel jarak main kopling dan baru ganti apabila kampas kopling sudah aus.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Kelebihan Mobil dengan Transmisi Manual, Walau Ribet Tapi Jadi Favorit Kebanyakan Orang Indonesia 01

Tingkat keausan kampas kopling jelas berbeda-beda jangka waktunya. Kalau kaki kiri suka gantung kopling, maka kampas lekas aus tapi kalau kaki kirinya lincah maka kopling ini bisa sangat awet.

Sistem transmisi mobil manual mengharuskan semua tangan dari kaki hingga tangan bekerja secara bersama. Kaki kanan digunakan untuk menginjak rem dan juga gas sementara kaki kiri biasanya digunakan untuk menginjak pedal kopling.

Saat memakai mobil manual, kaki kiri harus lincah memainkan pedal kopling saat pindah gigi atau start awal. Bila sudah menghadapi kemacetan panjang, kaki kiri bisa kerja keras.

Lantas, apa sih kelebihan transmisi manual sehingga sulit tergantikan oleh matic?

Keunggulan Mobil Manual, Perawatan Lebih Murah dan Mudah

Kelebihan Mobil dengan Transmisi Manual, Walau Ribet Tapi Jadi Favorit Kebanyakan Orang Indonesia 02

Sempat disinggung di atas soal perawatan mobil tiga pedal alias dengan transmisi manual. Meskipun pengoperasiannya lebih repot, tapi perawatannya relatif mudah. Kita tidak perlu secara rutin setiap 20 ribu kilometer mengganti oli transmisi.

Sebagaimana diketahui harga oli transmisi ini cukup mahal, sekali ganti bisa lebih dari sejuta atau hingga dua juta rupiah untuk ganti oli dan biaya jasanya. 

Sementara itu kalau transmisi manual, kita bisa sekalian meminta kepada mekanik untuk setel kopling saat servis rutin. Apabila ada kerusakan pada transmisi manual, hanya part yang rusak saja yang harus diganti.

Sementara jika transmisi matic rusak, sering kali pemiliknya harus overhaul atau bahkan terpaksa menggantinya dengan copotan atau transmisi baru secara gelondongan. transmisi mobil matic setiap menempuh jarak 50.000 km juga harus dilakukan pergantian plat kopling otomatis agar performa transmisi selalu optimal.  

Kelebihan Transmisi Manual, Akselerasi Bisa Lebih Responsif

Kelebihan Mobil dengan Transmisi Manual, Walau Ribet Tapi Jadi Favorit Kebanyakan Orang Indonesia 03

Kalian wewa bila akselerasinya cukup responsif. Pedal kopling dapat dengan leluasa dikontrol penuh oleh pengemudinya. Untuk berkendara di luar kota besar yang jalanan masih lengang, memakai mobil manual jelas rasanya menyenangkan karena perpindahan giginya lebih santai. 

Bila sudah terbiasa, maka tanjakan yang cukup curam pun lebih mudah diatasi dengan mobil manual. Kuncinya yaitu kita harus terbiasa mengimbangi gas dan bukaan kopling saat start awal dan pindah gigi. 

Untuk mobil dengan transmisi matic kinerja koplingnya diatur oleh sistem transmisi dari ECU. Kadang muncul delay atau telat saat tarikan pertama. Karena itulah mobil-mobil balap masih setia menggunakan transmisi manual supaya mendapat akselerasi spontan.

Sistem Engine Brake di Transmisi Manual Lebih Kuat

Kelebihan Mobil dengan Transmisi Manual, Walau Ribet Tapi Jadi Favorit Kebanyakan Orang Indonesia 04

Saat berkendara, kita tetap butuh proses engine brake untuk mempermudah deselerasi. Engine brake ini adalah menahan laju kendaraan dari putaran mesin agar rem tidak memiliki beban berat. 

Engine braking cukup efektif digunakan saat kondisi jalan menurun dan curam. Melalui transmisi manual, kita cukup menurunkan posisi gigi 1 atau 2 tingkat ke bawah untuk memberikan efek engine brake.

Transmisi Manual Bisa Lebih Irit Soal Konsumsi Bahan bakar

Kelebihan Mobil dengan Transmisi Manual, Walau Ribet Tapi Jadi Favorit Kebanyakan Orang Indonesia 05

Mobil dengan transmisi manual ini sebenarnya bisa lebih irit soal konsumsi bahan bakar. Pengguna transmisi manual bisa menekan konsumsi bahan bakar melalui metode eco driving. 

Sebab pengemudilah yang berkuasa mengatur putaran mesin, agar tetap rendah dan efisien. 
Perpindahan gigi kita atur sesuai selera dan kebutuhan.

Misalnya kalau transmisi otomatis berpindah sendiri di batas putaran 3.000 rpm, untuk transmisi manual kita bisa melakukannya di putaran 2.000-2.500 rpm. Dengan begitu, beban kerja mesin bisa kita jaga seefisien mungkin.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Mitsubishi Xpander GLX M/T

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru