window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Keuntungan dan Kerugian Rental Mobil Lepas Kunci, Bagaimana Harganya?

Herdi · 3 Jan, 2024 15:02

rental mobil lepas kunci

Rental mobil lepas kunci alias tanpa didampingi sopir dari tempat jasa sewa, jadi pilihan mereka yang ingin melakukan liburan atau untuk menunjang mobilitas sehari-hari. 

Dengan memanfaatkan rental mobil lepas kunci, maka penyewa jadi lebih leluasa dibandingkan menggunakan transportasi umum.

Namun begitu, sewa mobil tanpa atau menggunakan jasa sopir, memang sebuah pilihan bagi si penyewa. 

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Pada intinya rental mobil dengan maupun tanpa sopir, maka sama-sama mobil yang digunakan milik orang lain yang disewa dan harus mengeluarkan budget untuk membayarnya.

Untuk mengetahui apa saja untung rugi rental mobil lepas kunci, lihat ulasannya di bawah ini:

Baca jugaPermintaan Hyundai Stargazer Laris Manis, Banyak Dipakai Rental di Bali

Keuntungan Rental Mobil Lepas Kunci

Deretan mobil dengan warna warni

Deretan mobil baru ada juga yang disewakan oleh pihak lain

Sebelum Anda memutuskan untuk sewa mobil demi suatu kebutuhan di kota tertentu, ada baiknya ketahui dahulu apa saja keuntungan sistem sewa menyewa kendaraan bermotor seperti ini.

1. Biaya Jadi Lebih Murah 

Sejumlah orang memilih rental mobil lepas kunci dengan alasan lebih murah, karena mereka yang menyewa mengemudi sendiri atau bisa juga bergantian dengan teman atau saudara.

Lain halnya jika menggunakan sopir, yang tentunya budget jadi bertambah, seperti adanya uang makan, hingga uang untuk menginap sopir.

Dengan tidak menggunakan tambahan jasa sopir, keuangan bisa saja dialokasikan untuk jajan makanan, minuman atau isi bahan bakar.

2. Lebih Terjaga Privasi

Sewa mobil tapi tanpa disertai pengemudinya dari pihak lembaga penyedia sewa tentunya bisa memberikan privasi lebih kepada konsumen yang menyewa daripada menggunakan jasa sopir.

Hal ini karena ketika melakukan perjalanan sudah pasti akan ada komunikasi, dan jika ada orang asing yang tidak dikenal dalam mobil, kebanyakan jadi merasa canggung.

Terlebih pembicaraan selama perjalan, maka apapun bisa dibahas, termasuk pembahasan sensitif dan juga sifatnya rahasia. 

Baca juga: 3 Ciri Mobil Capek Bekas Rental Atau Taksi Online yang Kurang Perhatian, Jangan Salah Pilih Karena Harga Murah!

Bepergian bersama keluarga

Bepergian bersama keluarga. (Foto: Istimewa)

3. Lebih Fleksibel

Rental mobil dianggap lebih fleksibel daripada harus menggunakan transportasi umum jika ada kebutuhan akan mobilitas d suatu tempat.

Dan rental tanpa sopir juga jauh lebih fleksibel karena si penyewa bisa sesuka hati untuk berhenti untuk merasakan atmosfer saat diberbagai tempat selama perjalanan. 

Selain itu penggunaan mobil juga bisa disesuaikan kebutuhan disaat rasanya lebih praktis menggunakan transportasi umum, misalnya ketika lokasi yang dituju cukup dekat atau tidak ada lahan parkir yang memadai. 

Lain halnya dengan adanya sopir yang disediakan dari rental, yang kemungkinan penyewa jadi merasa sungkan karena sang pengemudi harus menunggu di mobil.

4. Mobil Bisa Ganti-ganti

Jasa penyedia sewa mobil biasanya memiliki pilihan kendaraan yang cukup banyak, mulai dari sedan, City Car, Multi Purpose Vehicle (MPV), hingga Sport Utility Vehicle (SUV).

Maka dari itu, Anda bisa memilih mobil mana yang akan digunakan sesuai kebutuhan. Jika mobil digunakan di dalam kota jenis sedan dan city car cocok untuk pilihan. 

Tapi jika bepergian bersama keluarga dan membawa barang dalam jumlah banyak, mobil MPV pilihan tepat.

Nah, jika ingin bepergian melintasi jalan bergelombang, banyak tanjakan dan jaraknya cukup jauh, tidak ada salahnya pilih mobil SUV karena lebih prefer.

Mobil sedang di servis

Mobil sedang di servis. (Toyota)

5. Tidak Perlu Memikirkan Servis Mobil

Keuntungan lain dari rental mobil adalah si penyewa tidak perlu ambil pusing untuk memikirkan servis, karena biasanya harus mengeluarkan biaya tambahan.

Ini dikarenakan ketika akan menggunakan mobil rental, unit mobil yang disewa sudah dilakukan servis.

Hal ini karena pihak rental bertanggung jawab penuh agar kondisi mobilnya tetap dalam kondisi prima.

Sekedar informasi, budget untuk service memang terkadang tidak bisa diduga. Syukur-syukur masih gratis karena bagian dari program yang diberikan dealer. 

Akan tetapi, karena ini mobil rental, maka tentu saja kondisi mobil selalu digunakan, kilometer lebih banyak, dan jadi lebih cape.

Baca juga: MPM Rent Tawarkan Rental Mobil Harian

Kekurangan Rental Mobil Lepas Kunci

Mobil diparkiran

Deretan mobil yang disewakan terkadang kondisinya kurang sesuai dengan penyewa

Kalau tadi kita sudah menjabarkan tentang keuntungan dari sistem sewa mobil tanpa sopir, maka kali ini juga wajib pertimbangkan dalam hal kekurangannya.

1. Banyak Syarat

Rental mobil lepas kunci biasanya memiliki syarat yang cukup banyak, karena mobil akan digunakan layaknya mobil pribadi tanpa didampingi dari pihak penyedia layanan sewa kendaraan.

Adapun pemilik rental mobil memberikan persyaratan cukup banyak karena untuk mengurangi resiko tindakan kriminal seperti penipuan atau pencurian, dimana mobil yang digunakan didapat dari jasa sewa untuk di bawa kabur. 

Atau, bisa juga mobil rental sengaja dipinjam oleh penyewa untuk melakukan tindak kejahatan, seperti pencurian atau perampokan untuk membawa barang.

Kendati demikian, biasanya mereka yang sudah paham melakukan sistem sewa mobil tidak merasa rumit, dan sebaliknya merasa sudah biasa.

2. Unit Terbatas

Rental mobil pada umumnya memiliki banyak varian mobil dari berbagai tipe dan merek. 

Akan tetapi, sering kali jika kita ingin menyewa mobil yang benar-benar sesuai dengan selera dan kebutuhan, akan sangat sulit. 

Hal inilah yang menjadi keterbatasan orang hendak menyewa mobil, karena meski rental punya mobilnya namun sudah disewa orang, atau usia mobil sudah terlalu lama.  

Mobil dicuri

Mobil dicuri. (foto: Istimewa)

3. Resiko Ditanggung Sendiri

Rental mobil lepas kunci memiliki resiko yang ditanggung sendiri pihak penyewa.

Jika terjadi kecelakaan, kehilangan, hingga pencurian modus kaca pecah atau apapun, maka itu jadi resiko si penyewa mobil.

Maka dari itu, biasanya ada beberapa orang yang ternyata memilih menggunakan jasa sopir yang disediakan rental untuk menghindari resiko.

Sebab, jika sudah menggunakan jasa sopir rental, maka apabila terjadi kecelakaan itu bukan tanggung jawab si penyewa, melainkan sopir. 

4. Tidak Mengetahui Kondisi Mobil

Tidak semua orang yang bisa mengemudi memiliki pengetahuan atau skill otomotif, terlebih jika mobil mengalami masalah.

Hal inilah yang menjadi kekurangan jika rental mobil lepas kunci, dimana penyewa tidak mengetahui masalah apa yang sering terjadi pada mobil.

Ya, meski rental mobil kerap melakukan servis rutin, namun bukan tak mungkin ada masalah lain muncul, dimana Anda sebagai pihak penyewa tak mengetahui bagaimana memperbaikinya. 

Mobil mogok

Mobil bisa saja tiba-tiba mogok

5. Tidak Menikmati Perjalanan

Kekurangan lain ketika rental mobil tanpa didampingi sopir tidak menikmati perjalanan. Kenapa? Karena Anda sebagai pengemudi sekaligus penyewa hanya akan fokus mengemudi. 

Belum lagi, pengemudi akan merasa lelah setelah sampai di tempat tujuan karena terlalu lama berada di balik lingkar kemudi. 

Lain halnya jika menggunakan transportasi umum atau sewa mobil plus jasa sopir, maka Anda hanya duduk manis, menikmati perjalanan dan sampai di tujuan.

Belum lagi, karena menggunakan sistem lepas kunci, Anda wajib mengembalikan mobil tepat waktu, meski itu kondisinya sudah malam, dini hari ditambah hujan. 

Sedangkan jika menggunakan sopir, maka pengembalian unit jadi tanggung jawab sang sopir.  Tapi menurut kami, untuk sama-sama enak, maka komunikas yang baik antara penyewa dan pemilik rental.

Syarat Rental Mobil Lepas Kunci

Deretann mobil di parkiran

Di kawasan wisata, jasa penyedia sewa mobil biasanya lebih banyak

Anda yang ingin rental mobil lepas kunci, maka biasanya akan dimintai beberapa syarat yang harus dipenuhi, diantaranya:

Dokumen

  • Kartu Tanda Penduduk (KTP) *Biasanya wajib Asli 
  • Surat izin mengemudi (SIM) *Biasanya wajib Asli
  • Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP)
  • Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) *Jika masih kuliah
  • Kartu keluarga (KK)

Biasanya ada beberapa syarat dokumen lainnya yang juga perlu  diperlihatkan yaitu Kartu tanda pengenal tempat bekerja, Fotokopi pajak bumi dan bangunan (PBB), atau rekening listrik dan telepon.

Jaminan

Selain syarat di atas, rental mobil juga kerap meminta jaminan. Beberapa jaminan yang kerap diminta antara lain:

  • Bukti Kepemilikan Kendaraan Bermotor
  • SIM/ KTP
  • Surat Tanda Nomor Kendaraan
  • Sepeda Motor
  • Uang Jaminan (nominal tergantung penyewa)

Setelah semua syarat dilengkapi, rental mobil biasanya melakukan survey tempat tinggal. Syukur-syukur itu tempat tinggal sendiri, dan bukan kontrakan atau kostan.

Selain syarat, penyewa juga perlu mengetahui beberapa ketentuan umum yang wajib dipenuhi, seperti si pengemudi memiliki SIM, mematuhi aturan berlalu lintas, termasuk marka jalan hingga pemberi isyarat yang diatur pemerintah.

Pengemudi juga harus jujur dan berterus terang karena akan mempermudah jika terjadi sesuatu. 

Harga Rental Mobil Lepas Kunci

Sewa mobil bisa

Sewa mobil kini bisa pakai aplikasi (foto: Istimewa)

Harga rental mobil lepas kunci atau dengan sopir biasanya ada beberapa kategori, yaitu bisa hitungan jam, harian, mingguan, bulan atau tahunan. 

Selain itu, ada juga harga paketan yang biasanya ditawarkan untuk liburan atau digunakan mudik lebaran. 

Untuk harga rental mobil, biasanya ada beberapa jenis, seperti sedan, citycar, MPV, hingga SUV.

Jika ditanya harga sewa mobil, selain tergantung jenisnya, dan bisa juga pilihan transmisi manual atau matik, serta bagaimana kondisi si mobil. 

kunci-kunci mobil

Kunci-kunci mobil (foto: Istimewa)

Adapun beberapa rental mobil lepas kunci harganya sebagai berikut. 

  • Harian: Rp300.000 - Rp1.000.000
  • Mingguan: Rp1.200.000 - Rp4.800.000
  • Bulanan: Rp4.500.000 - hingga puluhan juta. 

Perlu dicatat, ada juga sejumlah rental tak mau usia mobilnya lebih dari lima tahun. Alhasil, karena mobilnya kurang dari lima tahun, maka harganya bisa lebih mahal.

Perlu dicatat juga, ada beberapa rental menyediakan mobil-mobil tergolong premium, seperti Alphard dan juga lokasi sewa turut menentukan harga.

Maka dari itu, harga harian, mingguan atau bulannya bisa selangit. 

@autofun.indonesia Bawa IONIQ 6 dari Jakarta ke Semarang, Berapa Kali Charging? #mobillistrik #ioniq6 #reviewmobil #mobilbaru #hyundai #ioniq ♬ Smooth jazz with a nice groove(935050) - tosuya

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil