Tengok Kelebihan dan Kekurangan Nissan Terrano, SUV Macho dengan Harga Bekas Terjangkau!

Enda · 11 Okt, 2021 14:30

Tengok Kelebihan dan Kekurangan Nissan Terrano, SUV Macho dengan Harga Bekas Terjangkau! 01

Kelebihan dan kekurangan Nissan Terrano

Pada tahun 1995, pabrik Nissan Indonesia yang bermarkas di Purwakarta, Jawa Barat mulai melakukan perakitan terhadap Nissan Terrano. Dirancang menggunakan platform WD21, mobil ini mempunyai tampilan macho, maskulin serta mewah. Nissan Terrano memiliki lekukan body yang gagah dan berotot.

Saat pertama kali diluncurkan, Nissan Indonesia menawarkan Terrano dengan tiga varian, diantaranya; SLX, SGX serta A/J Limited. Pada generasi pertamanya ini, sebagai ciri khasnya kalian bisa mengenali adanya tiga lubang segaris di atas grille.

Selang dua tahun setelah peluncuran perdananya, Nissan Terrano berhasil mendapatkan penyegaran. Facelift pertama Terrano ini terjadi hingga 2002 yang mana grille-nya tersebut mendapatkan revisi dengan adanya tambahan ornamen pada bagian tengahnya dengan dihilangkannya tiga lubang inline di atas grille utamanya. Ketika diperkenalkan, Terrano facelift tersedia dalam 3 varian, yaitu Grand Road, Grand Road XT, dan KingRoad.

Pada 2003, Terrano kembali mendapatkan update dengan melakukan ubahan pada desain grille, bumper polyutherine, lampu depan model diamond cut, dan lampu belakang yang mengadopsi dua lampu bulat sebagi lampu sein dan rem. Selain itu Nissan Indonesia merubah ketiga nama varian yang semula Grand Road, Grand Road XT, dan KingRoad menjadi Spirit, Grand Road XT-R, dan KingRoad F1. Kemudian pada 2006, Nissan Indonesia memutuskan untuk mengakhiri masa bakti Nissan Terrano di Tanah Air.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Bicara harga bekasnya, melansir salah satu situs jual beli mobil bekas, Nissan Terrano kini ditawarkan mulai dari Rp45 jutaan. Namun sebelum kalian memutuskan untuk meminangnya, sebaiknya ketahui lebih dulu kelebihan dan kekurangan Nissan Terrano berikut ini.

Baca juga: Mulai Rp80 Jutaan, Ini Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Terios ‘Konde’ yang Wajib Diketahui

Kelebihan Nissan Terrano

1. Nissan Terrano Punya Tenaga yang Besar

Tengok Kelebihan dan Kekurangan Nissan Terrano, SUV Macho dengan Harga Bekas Terjangkau! 01

Mesin Z24 Nissan Terrano

Nissan Terrano diketahui hadir dengan pilihan mesin bensin 2.400 cc berkodekan Z24 4 silinder segaris SOHC karburator yang mana mampu memuntahkan tenaga 120 PS @4.800 rpm dengan torsi puncak 185 Nm @2.800 rpm. Perpaduan antara tenaga dan torsi yang dimiliki, mobil ini mampu dengan mudah menaklukan berbagai medan yang ekstrim sekalipun.

2. Dilengkapi dengan Penggerak 4x4

Tengok Kelebihan dan Kekurangan Nissan Terrano, SUV Macho dengan Harga Bekas Terjangkau! 02

Nissan Terrano 4x4 hadir di generasi pertama

Kelebihan lain dari Nissan Terrano yakni adanya transfer case yang mampu diubah menjadi penggerak 4x4. Dengan begitu mobil akan terasa mudah melewati jalan yang ekstrim dan berlumpur. Namun perlu kalian ketahui populasi Terrano 4x4 kini mulai jarang ditemui.

Sebab, unit Terrano 4x4 ini adalah pesanan khusus baik dari perusahaan tambang dan perkebunan, atau konsumen individu yang tinggal di Sumatera dan Kalimantan. 

3. Plat Body Nissan Terrano Tebal

Tengok Kelebihan dan Kekurangan Nissan Terrano, SUV Macho dengan Harga Bekas Terjangkau! 03

Plat body Nissan Terrano tebal

Selain gagah dan macho sebagai ciri khas mobil SUV, Nissan Terrano memiliki plat body yang cukup tebal. Hal ini dimaksudkan agar mobil ini tidak mudah penyok ketika terbentur dengan suatu objek di luar baik batu maupun pohon ketika digunakan untuk adventure maupun off road.

4. Ground Clearance Cukup Tinggi

Tengok Kelebihan dan Kekurangan Nissan Terrano, SUV Macho dengan Harga Bekas Terjangkau! 04

Ground clearence Nissan Terrano cukup tinggi

Sebagai mobil SUV yang cocok diajak berpetualang, Nissan Terrano diketahui memiliki posisi ground clearence yang cukup tinggi, yakni 205 mm. Dengan begitu pengendara tidak perlu khawatir apabila bagian bawahnya tersangkut benda ketika melewati jalan yang ekstrim.

5. Kabin Nissan Terrano Terasa Senyap

Tengok Kelebihan dan Kekurangan Nissan Terrano, SUV Macho dengan Harga Bekas Terjangkau! 05

Kabin Nissan Terrano terasa nyaman

Bicara kenyamanan ruang kabin Nissan Terrano, mobil ini terasa cukup senyap. Hal ini dikarenakan peredam kabinnya dibuat tebal. Dengan menggunakan peredam kabin yang tebal, tentunya akan memberikan kenyamanan berkendara lebih baik dikarenakan suara bising dari luar mobil tidak akan terdengar dari dalam mobil.

6. Nissan Terrano Mudah dan Murah dalam Perawatan

Tengok Kelebihan dan Kekurangan Nissan Terrano, SUV Macho dengan Harga Bekas Terjangkau! 06

Perawatan Nissan Terrano mudah

Teknologi yang digunakan pada mesin Nissan Terrano sendiri terbilang jadul. Dimana untuk sistem pengkabutan bahan bakarnya sendiri masih mengandalakan karburator. Dengan begitu pengguna akan merasa lebih mudah dalam melakukan perawatan karena minimnya elektornik dan sensor.

Oh iya, sistem pengapiannya sendiri sudah menggunakan CDI untuk produksi 1997 ke atas. Sedangkan 1995-1997 masih mengandalkan platina sehingga perlu perhatian khusus agar tidak mudah mogok.

Perlu kalian ketahui, biaya perawatan mobil ini juga terbilang terjangkau. Hal tersebut dikarenakan teknologi yang ada pada mobil ini terbilang sangat sederhana. Mengenai ketersedian spare patnya, mobil ini terbilang cukup melimpah dan juga tidak terlalu mahal.

7. Suspensi Nissan Terrano Terasa Empuk

Tengok Kelebihan dan Kekurangan Nissan Terrano, SUV Macho dengan Harga Bekas Terjangkau! 07

Suspensi Nissan Terrano terasa empuk

Mengenai suspensi, Nissan Terrano menggunakan Independent Double Wishbone Suspension di bagian depan dan Rigid Axle 5 Link Coil Springs di roda belakangnya. Kelebihan daripada suspensi yang digunakannya ini diketahui memiliki bantingan yang empuk sehingga mampu menyuguhkan kenyamanan berkendara sedara lebih maksimal.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Daihatsu Taruna, Bapaknya Terios yang Sering Dipandang Sebelah Mata

Kekurangan Nissan Terrano

1. Boros BBM

Tengok Kelebihan dan Kekurangan Nissan Terrano, SUV Macho dengan Harga Bekas Terjangkau! 08

BBM Nissan Terrano terasa boros

Karena jantung pacu yang digunakan pada Nissan Terrano ini masih menggunakan karburator, maka beberapa pemiliknya mengeluhkan soal konsumsi BBM yang boros. Tercatat untuk penggunaan dalam kotanya mobil ini hanya dapat meraih jarak 4-6 km/liter. Untuk mengakalinya, beberapa pengguna terkadang mengganti karburator dengan ukuran lebih kecil dengan maksud mendapatkan konsumsi BBM yang lebih efisien.

2. Fitur Terbilang Sederhana

Seperti kebanyakan mobil yang muncul di era 90-an fitur Nissan Terrano ini terbilang sangat minim. Seperti yang diketahui mobil ini hanya menawarkan tape radio, seatbelt, sistem pengereman cakram di roda depan dan tromol pada roda belakangnya.

3. Terasa Sedikit Lemot Ditarikan Atasnya

Beberapa pengguna Nissan Terrano merasakan bahwa tarikan bawahnya sedikit atasnya. Hal ini bisa saja disebabkan oleh kurang pasnya perpaduan antara final gear yang ada pada tingkat percepatannya.

4. Posisi Duduk Kurang Nyaman

Tengok Kelebihan dan Kekurangan Nissan Terrano, SUV Macho dengan Harga Bekas Terjangkau! 09

Posisi duduk Nissan Terrano kurang nyaman

Mengenai posisi duduk, mobil ini juga dianggap kurang nyaman karena penggunaan material serta desain daripada joknya tersebut.

5. Hadir dengan Transmisi Manual yang Dirasa Cukup Keras

Nissan Terrano sendiri hanya ditawarkan dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan yang mana terasa cukup keras ketika menginjak pedal koplingnya. Dengan begitu pengguna akan merasa cepat pegal terlebih jika sering terjebak di kemacetan.

Kesimpulan

Mengenai kelebihan dan kekurangan Nissan Terrano berhasil kami ulas di atas. Dengan begitu dapat ditarik kesimpulan bahwa mobil ini memiliki harga bekas terjangkau, mesin yang tangguh, plat body tebal, suspensi empuk, peredam kabin yang baik, serta mudah dalam perawatan.

Untuk kelemahannya mobil ini tentunya memiliki konsumsi BBM yang boros, posisi duduk kurang nyaman, tarikan atas yang lemot, dan kopling yang keras.

Bagi kami, kalian yang gemar berpetulangan bersama keluarga dan suka melakukan kegiatan off road, mobil ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Mengingat teknologi yang dimiliki mobil ini terbilang sangat konvensional sehingga bisa diperbaiki kapan pun jika mengalami kendala di perjalanan.

Baca juga: Kelebihan dan Kekurangan Nissan X-Trail T30, SUV Terlaris di Masanya?

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Nissan Terra 2.5L 4x2 MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru