Kia Sportage 2022 Unjuk Diri, Desain Ekstrimnya Siap Terkam Honda CR-V dan Wuling Almaz

Yongki Sanjaya · 10 Jun, 2021 13:00

Kia Sportage 2022 Unjuk Diri, Desain Ekstrimnya Siap Terkam Honda CR-V dan Wuling Almaz 01

Beberapa waktu lalu Kia global memperkenalkan generasi terbaru Sportage yang mengisi model 2022. Desainnya kini cukup radikal dan ekstrim dengan filosofi Opposites United. Dengan penampilan barunya ini, mampukah Kia Sportage 2022 ini memikat penggemar SUV supaya berpaling dari Honda CR-V atau Wuling Almaz?

Kia Sportage 2022 rencananya akan diluncurkan untuk pasar global akhir tahun ini. Untuk dapur pacu yang digunakan belum terungkap, namun disinyalir mengadopsi milik Hyundai Santa Fe yang sudah meluncur lebih dahulu. Sebab, Kia dan Hyundai adalah sister company, dan sering berbagi platform kendaraan. 

Kia Sportage 2022 Unjuk Diri, Desain Ekstrimnya Siap Terkam Honda CR-V dan Wuling Almaz 02

Ubahan desain yang dilakukan oleh Peter Schreyer selaku desainer memang sangat signifikan. Aksen tiger nose khas Kia makin futuristik dengan nama yang baru, yakni Digital Tiger Face. Desain ini mencakup grill hitam yang membentang di seluruh fasia, kemudian DRL berbentuk bumerang besar membentang di sudut kiri-kanan fascia. Sementara lampu depan dengan teknologi LED dipasang di posisi yang rendah.

Desain radikal juga terdapat pada velg roda berukuran besarnya. Aksen two tone dengan style ala baling-baling membuat Kia Sportage 2022 tampil modern dan futuristik. 

Supaya tidak makin penasaran, ayo kita ulas secara detail sosok Kia Sportage 2022, dan peta persaingan dengan Honda CR-V dan Wuling Almaz. 

Wajah Agresif dan Futuristik Ala Kia Sportage, Aksen Digital Tiger Nose

Kia Sportage 2022 Unjuk Diri, Desain Ekstrimnya Siap Terkam Honda CR-V dan Wuling Almaz 03

Melihat sosok Sportage terbaru, seperti melihat SUV dari masa depan. Desainnya out of the box, dengan Digital Tiger Nose. Kia Sportage menampilkan fasia yang sangat detail dengan elemen lampu mirip dengan Kia K5.

Kia Sportage 2022 disebut-sebut menjadi hasil kolaboratif antara jaringan desain global utama Kia di Korea, Jerman, AS, dan China. 

Grill heksagonal membentang di seluruh fascia, khas desain terkini mobil Korea. Sudut tegas tidak cuma terdapat pada DRL berbentuk bumerang, namun aksen serupa juga terdapat pada garnish di sudut bemper yang mengelilingi foglamp. Aksen sudut yang tajam kian lengkap bersama logo baru Kia.

Kia Sportage 2022 Unjuk Diri, Desain Ekstrimnya Siap Terkam Honda CR-V dan Wuling Almaz 04

Pada sisi samping, Kia Sportage generasi kelima ini memiliki garis-garis tegas yang menonjolkan permukaan bodi. Penampilan body sampingnya sleek dan bersih, karena tidak ada aksen livery atau garnish apapun. 

Model yang dipasarkan global ini mendapatkan atap hitam yang tersedia sebagai opsional. Makin provokatif, sektor belakang juga tak kalah keren dengan pencahayaan LED yang memiliki aksen futuristik pada desain underguard bumpernya. 

Kia Sportage 2022 Unjuk Diri, Desain Ekstrimnya Siap Terkam Honda CR-V dan Wuling Almaz 05

Sementara itu desain roda baru lebih menonjolkan profil agresif mobil ini. side skirt dan over fender yang simple membuat gayanya nggak norak dan tetap maskulin. 

Interior Futuristik Kia Sportage 2022, Bergaya Premium

Kia Sportage 2022 Unjuk Diri, Desain Ekstrimnya Siap Terkam Honda CR-V dan Wuling Almaz 06

Masuk ke sisi interior, Kia memberikan sentuhan besar yang terlihat dari tata letak ornamen dashboard yang baru berikut panel-panel instrumen yang serba digital. Layar hiburan yang terkoneksi dengan sarana informasi cukup menyita perhatian. 

Desainnya begitu futuristik dengan layar LED berukuran super lebar yang mengingatkan kita mobil besutan Mercedes-Benz atau BMW
Wajar saja karena memang Kia punya pasar yang cukup besar di benua biru. 

Kia Sportage 2022 Unjuk Diri, Desain Ekstrimnya Siap Terkam Honda CR-V dan Wuling Almaz 07

Dengan gaya futuristik, konsepnya benar-benar memanjakan pengendara dengan semua tombol fungsi yang mudah untuk dijangkau. Desain kisi-kisi AC di Kia Sportage juga out of the box, melengkapi gayanya yang agresif. 

Walau gayanya ekstrim, namun Kia tidak melupakan soal kualitas material di interior Sportage. Aura kemewahan juga terpancar dari bahan berkualitas tinggi di panel interior, yang menambah kenyamanan penumpang.

Mesin Hyundai Santa Fe Bakal Digunakan Oleh Kia Sportage?

 

Dengan kerja sama platform yang seringkali dilakukan oleh Kia dan Hyundai, tidak menutup kemungkinan mesin yang akan digunakan oleh Sportage ini serupa dengan Santa Fe. Andaikan masuk ke Indonesia atau dipasarkan di kawasan Asia, kemungkinan dapur pacunya hadir dalam dua opsi, mesin bensin dan diesel. 

Untuk versi bensin tersedia mesin 2.5L MPi dengan transmisi otomatis 6-percepatan. Kemudian versi dieselnya memakai 2.2L CRDi turbo dengan transmisi otomatis 8-percepatan Dual Clutch Transmission (DCT).

Penampilan Kia Sportage 2022 Jadi Lawan Berat Honda CR-V

Kia Sportage 2022 Unjuk Diri, Desain Ekstrimnya Siap Terkam Honda CR-V dan Wuling Almaz 08

Biasanya mobil Korea Selatan punya kelas harga sejajar atau sedikit lebih mahal daripada mobil Jepang. Berkaca pada Hyundai Santa Fe, kemungkinan harga termurah Kia Sportage 2022 bila masuk ke Indonesia diposisikan setara dengan Honda CR-V 1.5 liter turbo di kisaran Rp500 jutaan. 

Bila mengesampingkan nama besar brand, Kia Sportage punya modal kuat menggusur Honda CR-V. Desain CR-V termasuk main aman, dengan gaya yang simpel dan elegan. Sejauh ini, Honda CR-V jadi benchmark di masyarakat untuk ukuran SUV medium yang 'mewah'. 

Masuk ke bagian interior CR-V, kita disuguhi desain Silver Panel Garnish pada interior. Karena statusnya sebagai SUV mewah maka dashboard juga dipercantik dengan wood panel. 

Kia Sportage 2022 Unjuk Diri, Desain Ekstrimnya Siap Terkam Honda CR-V dan Wuling Almaz 09

Terdapat firur Tilt and Telescopic Steering Wheel berfungsi agar posisi setir dapat diatur menyesuaikan postur tubuh untuk kenyamanan saat mengemudi. Adanya Cruise Control, Paddle Shift dan ECON Mode juga semakin memudahkan pengemudi untuk mengendarai New Honda CR-V.

Sebagai SUV kekinian, maka indikator informasi pengemudi sudah memakai Modern Meter Cluster with Multi Information LCD Display. 

CR-V Kalah di Desain, Menang di Spesifikasi Mesin

Kia Sportage 2022 Unjuk Diri, Desain Ekstrimnya Siap Terkam Honda CR-V dan Wuling Almaz 10

CR-V facelift tersedia dalam dua pilihan mesin 1.5L turbo dan 2.0L Naturally Aspirated (NA) yang sama dengan generasi pra facelift. Untuk rentang harga Rp 500 jutaan tersedia mesin 1.5 liter turbo. 

Mesin 1.5L Turbo berkonfigurasi 4 silinder segaris, VTEC Turbo DOHC, 16 Katup + DBW Direct Injection berkubikasi 1.498 cc. Mesin ini dapat merilis tenaga 190PS @5.600 Rpm serta torsi 240Nm @2.000 - 5.000 Rpm.

Bagaimana komparasi tenaganya dengan mesin 2.5 liter milik Hyundai Santa Fe yang akan dipakai Sportage? Mesin bensin berkapasitas 2.500 cc MPi dengan transmisi otomatis 6 percepatan ini menghasilkan tenaga 180 PS atau dan torsi 232 Nm. Artinya, tenaga CR-V lebih baik, dan torsi lebih nendang.

Wuling Almaz RS, Lawan Terberat Kia Sportage 2022

Kia Sportage 2022 Unjuk Diri, Desain Ekstrimnya Siap Terkam Honda CR-V dan Wuling Almaz 11

Bila nanti masuk ke Indonesia, Kia Sportage akan menghadapi Wuling Almaz RS sebagai lawan terberat. SUV China yang satu ini tidak cuma harganya yang murah tapi juga fiturnya yang canggih melimpah ruah. 

Almaz RS didukung Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE). Fitur WISE terbagi dalam dua fitur, yakni Internet of Vehicle (IoV) dan Advanced Driver Assistant System (ADAS). 

Iov pada Almaz RS berguna untuk mengetahui posisi kendaraan dan mengoperasikan kendaraan. Bahkan, kita bisa menyalakan AC mobil dengan kendali jarak jauh menggunakan smartphone dari aplikasi My WULING+ yang terhubung jaringan internet dalam mobil. 

Fitur ADAS di Wuling Almaz Paling Canggih Dikelasnya 

Kia Sportage 2022 Unjuk Diri, Desain Ekstrimnya Siap Terkam Honda CR-V dan Wuling Almaz 12

varian teratas Wuling Almaz RS, yaitu 1.5T PRO, dibekali rangkaian fitur Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang terbagi dalam empat kategori.

Kategori pertama adalah Adaptive Cruise yang terdiri dari Adaptive Cruise Control (ACC), Bend Cruise Assistance (BCA), Traffic Jam Assistance (TJA), dan Intelligent Cruise Assistance (ICA).

Kategori selanjutnya ialah Lane Recognition yang didukung Lane Departure Warning (LDW) dan Lane Keeping Assistance (LKA). Kemudian, kategori ketiga, yaitu Safe Distance & Braking Assistance yang dibekali Safe Distance Warning (SDW), Forward Collision Warning (FCW), Automatic Emergency Braking (AEB), Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA), Collision Mitigation System (CMS). Sedangkan kategori terakhir yakni Automatic Light, diakomodasi melalui Intelligent Head Beam Assistance (IHMA).

Fitur ini bahkan lebih lengkap daripada Honda Sensing milik CR-V. Pada CR-V Turbo Prestige, teknologi Honda SENSING fiturnya antara lain: Adaptive Cruise Control (ACC), Low Speed Follow (LSF), Forward Collision Warning (FCW), Collision Mitigation Braking System (CMBS), Lane Departure Warning (LDW), Road Departure Mitigation (RDM), Lane Keep Assist System (LKAS), dan Auto High Beam (AHB).

Kesimpulan

Kia Sportage dengan gayanya yang agresif tampaknya bisa jadi kuda hitam di segmen SUV medium, untuk memikat calon konsumen Honda CR-V. Sportage dengan ciri khas mobil Korea Selatan punya keunggulan fitur yang lebih lengkap serta built quality yang lebih baik.

Tantangan yang dihadapi oleh Sportage ialah berkompetisi melawan Wuling Almaz RS yang punya fitur paling canggih. Kia perlu memiliki kompensasi fitur lain yang lebih baik bila belum bisa menyaingi fitur ADAS dan IoV pada Almaz RS. 

Komentar

20% lebih tinggi dari harga jual rata-rata

Kia Sportage AT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Pemeriksaan mobil dan pelayanan transaksi hanya tersedia di Pulau Jawa

Mobil Terbaru