window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Kulik Perubahan Spesifikasi Kia Grand Carnival 2024 yang Segera Rilis di Indonesia

Prasetyo · 26 Mei, 2024 08:01

spesifikasi kia grand carnival 2024

Kia Grand Carnival 2024 diprediksi akan rilis di Indonesia dalam waktu dekat, hal ini diketahui dari unggahan akun sosial media Instagram PT Kreta Indo Artha (KIA) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Kia di Tanah Air.

Melalui akun bernama @kia_indonesia itu ditampilkan satu foto siluet sebuah mobil Kia namun hanya menampilkan fascia depan dengan Daytime Running Light (DRL) yang menyala, sementara bagian bodi lainnya dibiarkan gelap.

Model ini dijadwalkan untuk hadir ke hadapan publik melalui sebuah pameran yang akan dilakukan KIA di mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan, pada 28 Mei 2024.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Bahkan disebut-sebut unit yang akan diluncurkan tersebut adalah model baru dari jajaran lini produk Kia Indonesia yang ada saat ini.

spesifikasi kia grand carnival 2024

Unggahan di akun Instagram @kia_indonesia

"Kia Holics, ada yang seru nih!

Biar gak penasaran, yuk, langsung datang ke Atrium, Kota Kasablanka dari tanggal 28 Mei hingga 2 Juni 2024 🤩

Siap-siap buat ngerasain berbagai kejutan dan pengalaman seru saat di sana 😊

Kia Indomobil" demikian caption dari unggahan tersebut.

Yang menarik dari pengumuman tersebut adalah komentar dari para warganet yang memprediksi jika mobil baru Kia ini adalah Kia Grand Carnival 2024, meski ada juga yang memprediksi kalau unit tersebut adalah Kia Sorento 2024.

"Grand Carnival baru???" tulis akun @edward_nikijuluw

"Grand carnival baru" tulis akun @ericpraw

"Mukanya carnival ya" tulis akun @ndrujeremyac

"Apakah ini Kia Sorento ? 🔥🔥🔥" tulis akun @julfrisipayung

Kalau melihat dari siluet LED DRL yang ditampilkan memang ada kemiripan antara Grand Carnival dan Sorento terbaru.

Jadi apakah ini Kia Grand Carnival 2024 atau Kia Sorento 2024? Mari kita ulas lebih dalam.

Baca juga: 5 Keunggulan Kia Carnival Diesel Gen 1, Mobil Keluarga Rp50 Jutaan! 

Sudah Pernah Terlihat di Jalanan

spesifikasi kia grand carnival 2024

Penampakannya tanpa kamuflase (Foto: Instagram @wahyufebriaanto)

Sebenarnya ada alasan mengapa kami yakin kalau unit yang dimaksud KIA melalui unggahan di akun Instagram itu adalah Carnival terbaru.

Hal tersebut lantaran beberapa pekan sebelumnya cukup banyak unggahan yang memperlihatkan MPV Premium berdarah Korea Selatan (Korsel) itu sudah mondar-mandir di sejumlah ruas jalan di Jakarta.

Bahkan unitnya tidak ditutup stiker kamuflase sedikitpun, serta sudah menggunakan plat nomor, sehingga tidak sedang diangkut oleh truk towing maupun car carrier.

Sementara jika kita perhatikan dari unggahan siluet mobil tersebut yang dipublikasikan oleh KIA, maka terlihat ada sedikit perbedaan antara Grand Carnival dan Sorento.

spesifikasi kia grand carnival 2024

Unitnya juga sudah pakai plat nomor (Foto: Instagram @wahyufebriaanto)

Untuk desain LED DRL misalnya, pada Sorento punya bentuk yang lebih lancip serta lebih melebar di bagian sisi kiri dan kanannya, sementara di Grand Carnival tidak.

Kemudian bis akita lihat juga melalui desain kap mesin yang ternyata di kedu amobil ini berbeda.

Jika pada Sorento tarikan garis pada kap mesinnya lebih lebar, maka di Grand Carnival ada di seputar area tengah kap mesin, cocok dengan siluet pada unggahan di Instagram kia_indonesia.

Jadi rasanya, mobil baru Kia tersebut adalah Grand Carnival 2024.

Baca juga: 5 Hal Menarik Kia Grand Carnival, Alternatif MPV Premium Dengan Mesin Diesel

Perubahan dan Spesifikasi Lengkap Kia Grand Carnival 2024

spesifikasi kia grand carnival 2024

Perubahan terlihat di bagian depan dan belakang

New Grand Carnival ini memang bukan generasi terbaru dari MPV 8 seater tersebut, melainkan hanya sebuah facelift alias minor change.

Meski begitu perubahan yang dilakukan Kia juga tidak sedikit, yuk kita ulas!

Eksterior Depan dan Belakang Berubah

spesifikasi kia grand carnival 2024

Fascia depan berubah cukup banyak

Perbedaan Kia Grand Carnival 2024 dengan versi sebelumnya yang utama ada pada area fascia depan yang sudah terpasang gril model Tiger Nose dengan desain baru serta ukurannya lebih lebar.

Kemudian lampu utamanya kini pakai LED L-shape yang berpadu LED DRL jug dengan bentuk "L".

spesifikasi kia grand carnival 2024

Tampilan depan Carnival sebelumnya

Perubahan lain terlihat pada area bumper dan juga desain kisi-kisi udara di bagian bawah yang lekukannya kini makin egas.

Lanjut ke bagian lain, komponen yang mendapat perubahan adalah desain velg berdiameter 18 inci yang terpasang kini jadi lebih futuristik dan pakai tema dual tone.

spesifikasi kia grand carnival 2024

Tampilan belakangnya juga berubah

Sementara itu untuk desain bodi bagian sampingnya terlihat masih sama dengan Grand Carnival sebelumnya, termasuk pilar belakang yang diberi aksen silver dan juga penyematan roof rail pada atapnya.

Perubahan malah terlihat di sisi belakang mobil yaitu melalui desain kombinasi lampunya yang kini juga pakai LED L-Shape senada DRL depan.

spesifikasi kia grand carnival 2024

Sisi belakang Carnival sebelumnya

Kemudian lekukan pintu bagasi belakang juga diubah jadi terlihat lebih elegant, ditambah desain under bumper spoiler beraksen silver yang lekukannya juga berbeda dibanding model sebelumnya.

Baca juga: Selisih Rp 1,2 juta, Pilih Hyundai Staria Signature 9 atau KIA Grand Carnival Premiere?

Fitur Makin Lengkap

spesifikasi kia grand carnival 2024

Bagian interior juga alami perubahan

Dikutip dari Kia.com cukup banyak juga fitur baru di New Grand Carnival ini, seperti head unit dual screen berlayar 12,3 inci yang bertugas sebagai pusat infotainment dan juga meter cluster bagi pengemudi.

Kemudian terlihat juga desain lingkar kemudinya baru dan ada Head-up Display (HUD) 11 inch, lantas ada juga Ambient Lighting, Automatic Climate Control, Digital Key serta tuas transmisi yang diganti Rotary Drive Selector.

Kemudian mobil ini juga telah disematkan Advanced Driver Assistance System (ADAS) dengan 17 fitur, yang beberapa diantaranya sebagai berikut:

  • Adaptive Cruise Control
  • Forward Collision Avoidance Assist
  • Rear Collision Avoidance Assist
  • High-beam Assist
  • Lane Keeping Assist
  • Rear Cross Traffic Alert
  • Blind Spot View Monitor
  • Camera 360
  • Remote Smart Parking Assist
  • Parking Distance Warning.

Spesifikasi Kia Grand Carnival 2024 Tersedia Mesin Bensin dan Hybrid

spesifikasi kia grand carnival 2024

Ada yang berkonfigurasi 7 seater dan ada yang 9 seater

Yang menarik lagi dari Carnival terbaru adalah disediakannya dua opsi mesin, yaitu mesin bensin 3.5-liter V6 yang sanggup menghasilkan tenaga puncak 294 PS dengan torsi 355 Nm.

Kemudian ada juga mesin 1.6-liter Turbo hybrid yang kombinasi mesin bensin serta motor listriknya bisa menghasilkan daya maksimum 245 PS dengan torsi puncak 367 Nm.

Kedua mesin itu dikawinkan dengan transmisi otomatis 8 percepatan yang ditranslasi ke roda depan.

Adapun untuk kapasitas penumpang, varian bermesin hybrid memiliki konfigurasi jok 7-8 seater, sementara tipe bermesin bensin berkonfigurasi jok 9-seater.

Jadi, apakah Kia Grand Carnival terbaru ini layak ditunggu?

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
Car for sale
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Cek penawaran terbaik dalam 24 Jam!

KIA Grand Carnival Premiere

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil