window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Lebih Dekat dengan Kia Big-Up, Pick Up Pesaing Isuzu Traga dengan Harga Lebih Terjangkau

Enda · 16 Agu, 2021 13:30

Lebih Dekat dengan Kia Big-Up, Pick Up Pesaing Isuzu Traga dengan Harga Lebih Terjangkau 01

Kia Big-Up

PT Kreta Indo Artha (KIA) selaku agen pemegang merek Kia di Indonesia, kembali memperkenalkan line up Kia Big-Up pada Q1 tahun lalu di ajang Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle (GIICOMVEC), sebagai pick up muatan ringan pesaing dari Isuzu Traga.

Mengetahui harga barunya, kendaraan berbasis pick up jenama pabrikan otomotif Korea Selatan ini menurut situs resminya dipatok dengan harga Rp193.200.000. Ingin tahu lebih dekat mengenai fitur serta spesifikasi yang disematkan pada Kia Big-Up? Simak ulasannya berikut ini.

Baca juga: Legenda Hidup Pikap di Indonesia, Mitsubishi L300 2021 Tidak Banyak Berubah Sejak 80-an

Penampilan Kia Big Up Terlihat Kokoh dan Eyes Catching

Lebih Dekat dengan Kia Big-Up, Pick Up Pesaing Isuzu Traga dengan Harga Lebih Terjangkau 02

Kia Big-Up terlihat kokoh dan eyes catching

Meskipun kendaraan niaga, Kia Big-Up kini semakin terlihat lebih atraktif dan dinamis. Hal ini dibuktikan pada fascianya dengan disematkannya grill tiger nose sebagai ikonik Kia saat ini yang dikelilingi list krom guna mempercantik tampilannya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Melihat daripada sistem pencahayannya, Big-Up berhasil dipadukan lampu utama menganut konsep black-out headlamp dengan tampilan unik dan sport, sekaligus memberikan visibilitas yang baik untuk pengemudi ketika berkendara di malam hari.

Menengok bagian sampingnya, mobil ini sama seperti beberapa pick up lainnya terlihat sederhana namun tetap fungsional. Uniknya spion Kia Big-Up yang diletakan di ujung pintunya ini di bagi menjadi dua bilah yang mana bisa diatur posisinya untuk memperlihatkan sisi bagian bawah serta belakangnya secara terpisah.

Dengan begitu blind spot mobil ini akan menjadi berkurang dan pengemudi pun akan merasa lebih pede ketika mengendarainya. Oh iya, pada bagian lingkar roda, Kia Big-Up diketahui menggunakan velg kaleng yang kuat dengan ukuran 195 R14.

Lebih Dekat dengan Kia Big-Up, Pick Up Pesaing Isuzu Traga dengan Harga Lebih Terjangkau 01

Bak 3 way Kia Big-up

Sebagai infornasi, Kia Big-Up ini ditopang menggunakan sasis leader frame model tangga yang kokoh, dengan ditempelkan bak model 3-way Pick-Up yang versatile berukuran panjang 2.900 mm, lebar 1.740 mm dan tinggi 400 mm. Melihat dimensi bak yang dimilikinya tersebut, tentunya akan memudahkan setiap penggunannya dalam membawa barang dengan jumlah cukup banyak serta lebih akomodatif ketika menaikan dan menurunkan barang.

Bergeser melihat bagian buritan, Kia Big-Up 2020 terkesan modern dengan penggunaan lampu belakang mengandalkan multi reflektor yang memakai mika transparan. Dengan begitu pandangan pengemudi di belakang akan menjadi lebih baik disaat pengendara Kia Big-Up memberikan sinyal untuk mengurangi kecepatan maupun berbelok.

Interior Kia Big-Up Lebih Mewah dan Modern

Lebih Dekat dengan Kia Big-Up, Pick Up Pesaing Isuzu Traga dengan Harga Lebih Terjangkau 02

Interior Kia Big-Up

Mencoba merangsek ke bagian dalam kabin Kia Big-Up, kalian akan menemukan tampilan dashboard yang terlihat driver oriented. Seperti yang bisa dilihat, material dashboard berbahan plastik berwarna abu-abu tersebut dibuat membulat dengan disematkannya pengaturan kipas blower AC dan head unit pada center clusternya yang sangat ergonomis.

Agar pengguna dapat meletakan barang secara lebih rapih, maka pada dashboard di bagian penumpangnya tersebut disediakan glove box dengan penutup.

Di sektor kemudi Kia Big-Up ini dilengkapi power sterring untuk memudahkan pengemudi ketika bermanuver. Selain itu kalian juga dapat menemukan panel instrument dengan layar MID untuk mengetahui informasi penggunaan trip meter A dan B yang dikombinasikan informasi berupa jarum analog untuk mengetahui status kendaraan baik kecepatan, putaran mesin, suhu mesin serta kapasitas bahan bakar.

Lebih Dekat dengan Kia Big-Up, Pick Up Pesaing Isuzu Traga dengan Harga Lebih Terjangkau 03

Konsol tengah Kia Big-Up

Agar pengemudi serta penumpang merasa semakin nyaman ketika berkendara, pada sandaran tengahnya ini bisa diturunkan dan kalian akan menjumpai adanya 2 buah cup holder, tempat menaruh koin, serta wadah yang bisa digunakan untuk meletakan benda kecil seperti hand phone, dompet maupun buku catatan seperti bon.

Baca juga: FAQ Isuzu Traga: Adopsi Mesin Isuzu Panther, Apakah Bisa Lebih Unggul di Segmen Pick-Up?

Kia Big-Up Dibenamkan Mesin 2.665 Cc yang Bertenaga

Lebih Dekat dengan Kia Big-Up, Pick Up Pesaing Isuzu Traga dengan Harga Lebih Terjangkau 04

Mesin J2 2.665 cc pada Kia Big-Up

Sebagai pick-up kelas ringan, Kia Big-Up ditanamkan mesin dengan kapasitas berukuran besar dan bertenaga. Seperti yang diketahui pick up ini mendapatkan mesin berkode J2 4 Silinder Segaris, Natural Aspiration 2.665 cc dimana mampu memeras tenaga 80 PS 4.000 rpm dengan torsi maksimal 164 Nm @2.400 rpm yang kemudian dikawinkan transmisi manual 5-percepatan.

LSPV Telah Disematkan Pada Kia Big-Up

Lebih Dekat dengan Kia Big-Up, Pick Up Pesaing Isuzu Traga dengan Harga Lebih Terjangkau 05

Kia Big-Up mendapat tambahan LSPV untuk sistem pengeremannya 

Menggunakan sistem pengereman model disc brake di roda depan serta drum brake pada roda belakangnya, Kia Big-Up mendapatkan tambahan LSPV. LSPV (Load Sensing Propotioning Valve) merupakan sistem yang digunakan pada sistem kerja rem belakang untuk mengatur tekanan rem pada roda belakang kendaraan. Sistem ini membantu kerja rem menjadi lebih stabil pada saat kendaraan ringan beban dan meningkatkan daya kerja rem dari belakang pada saat beban kendaraan bertambah.

Sabuk pengaman pretensioners dengan pembatas beban menyediakan perlindungan tambahan untuk sabuk pengaman ELR standar pada saat kecelakaan. Sistem LSPV terletak di dasar rangka mobil yang berdekatan dengan sistem suspensi roda belakang. Tekanan minyak rem ke dalam sistem rem belakang kemudian diatur oleh sebuah tuas katup. Selanjutnya sebuah pegas bersensor yang menghubungkan sebuah tungkai dengan penyeimbang belakang. Sumbu penyeimbang yang berputar ketika beban kendaraan bertambah merenggangkan pegas bersensor ini dan menimbulkan tegangan. 

Tegangan inilah yang menimbulkan tenaga yang diaplikasikan kedalam tuas LSPV, yang berfungsi sebagai penekan untuk membuka lubang di dalam katup, dan inilah yang mengalirkan jumlah cairan minyak kedalam rem belakang secara langsung terhadap beban yang ada di dalam kendaraan. Dengan adanya sistem katup penimbang berat proporsional, stabilitas kerja rem belakang akan terus terpelihara walaupun berat beban kendaraan berubah-ubah.

Spesifikasi Kia Big-Up

Dimensi
Lebar keseluruhan 1.740 mm
Tinggi keseluruhan 2.070 mm
Jarak sumbu roda depan dan belakang 2.415 mm
Tinggi terendah 203 mm
Panjang bak 2.900 mm
Lebar bak 1.740 mm
Tinggi bak 400 mm
Berat
Berat kosong 1.527 kg
Berat kotor (G.V.W) 2.950 kg
Daya muatan ruang kabin 3 orang
Mesin
Tipe 4 Silinder Segaris, Natural Aspiration
Model J2
Diameter x langkah 94.5 x 95
Isi silinder 2.665 cc
Daya maksimum 80 PS @4.000 rpm
Sistem Pengereman
Rem depan  Disc brake
Rem belakang Drum brake
Tambahan LSPV
Ukuran ban 195 R14
Suspensi depan Torsion bar + stabilizer
Suspensi belakang Multi leaf spring

Baca juga: Wujudnya Terlihat Sama, Ini Perbedaan Isuzu Bison dengan Mitsubishi L300

Enda

Reporter

Seorang pengagum otomotif sejak kecil, yang suka mengoprek kendaraan di akhir pekan, membuat penulis semakin cinta pada dunia otomotif. Yang pada akhirnya hoby tersebut membawanya ke dalam dunia pekerjaanya sebagai penulis hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Hyundai H100 Van Minibus

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil