window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Makin Banyak Mobil Listrik di Indonesia Bikin Pemerintah Sumringah dan Siap Kasih Insentif Baru

Prasetyo · 12 Agu, 2022 08:04

Makin Banyak Mobil Listrik di Indonesia Bikin Pemerintah Sumringah dan Siap Kasih Insentif Baru 01

  • Ada banyak mobil listrik baru dan mobil konsep EV di GIIAS 2022.
  • Kondisi ini membuat pemerintah senang.
  • Pemerintah RI tengah mengajukan skema insentif terbaru khususnya untuk kendaraan ramah lingkungan.

Ajang GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 sudah resmi dibuka oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dan Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita. Berlangsung di Indonesia Convention Centre (ICE) BSD City, Tangerang, GIIAS 2022 akan diselenggarakan hingga 21 Agustus 2022.

Makin Banyak Mobil Listrik di Indonesia Bikin Pemerintah Sumringah dan Siap Kasih Insentif Baru 02

Mobil listrik MG di GIIAS 2022

Total ada 25 merek kendaraan penumpang dan komersial hadir pada gelaran GIIAS 2022. Yakni Audi, BMW, Chery, Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Porsche, Subaru, Suzuki, Toyota, VW, serta Wuling. Kemudian dari kendaraan komersial hadir Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso dan UD Trucks.

Baca juga : Live Update GIIAS 2022: Kejutan Honda WR-V Masih Pakai Kamuflase dan Daihatsu Ayla EV

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Banyak Mobil Listrik di GIIAS 2022 Bikin Menteri Sumringah

Makin Banyak Mobil Listrik di Indonesia Bikin Pemerintah Sumringah dan Siap Kasih Insentif Baru 01

Daihatsu Ayla EV Concept

Mengusung tema Future Is Bright, perhelatan GIIAS tahun ini diramaikan oleh tampilnya sejumlah kendaraan elektrifikasi. Hal tersebut ternyata membuat Airlangga Hartarto, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia merasa gembira.

Makin Banyak Mobil Listrik di Indonesia Bikin Pemerintah Sumringah dan Siap Kasih Insentif Baru 02

Toyota bZ4x

"Pameran otomotif GIIAS 2022 yang digelar oleh GAIKINDO tahun ini sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, lebih banyak mobil listriknya. Makanya saya sangat senang karena ini menjadi momentum bagi kita untuk memulai teknologi otomotif yang lebih ramah lingkungan," kata Airlangga saat membuka GIIAS 2022, Kamis (11/08/2022).

Makin Banyak Mobil Listrik di Indonesia Bikin Pemerintah Sumringah dan Siap Kasih Insentif Baru 03

Mobil listrik BMW iX

Menurut dia, langkah GAIKINDO dalam menyelenggarakan pameran yang lebih berfokus terhadap teknologi yang menggunakan sumber energi baru dan terbarukan sangat didukung oleh pemerintah. Karena ini menjadi bukti komitmen industri otomotif Nasional untuk membuat otomotif Indonesia makin bersinar di mata dunia.

Baca juga : Live Update GIIAS 2022: Debut Toyota bZ4X di Indonesia dan Generasi Terbaru Lexus RX di Asia

Pemerintah Ajukan Syarat Insentif Baru Buat Industri Otomotif

Makin Banyak Mobil Listrik di Indonesia Bikin Pemerintah Sumringah dan Siap Kasih Insentif Baru 04

Lexus RX electric

Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita juga turut menyambut positif banyaknya peserta GIIAS tahun ini yang menyajikan kendaraan listrik. "Saya berharap GIIAS bukan hanya ajang pameran otomotif tahunan tapi juga menjadi instrumen untuk memperluas pasar ekspor, karena industri otomotif Indonesia telah mampu memenuhi berbagai standar internasional," kata Agus.

Makin Banyak Mobil Listrik di Indonesia Bikin Pemerintah Sumringah dan Siap Kasih Insentif Baru 05

Mobil listrik Nissan Leaf

Dirinya bahkan menegaskan siap memperjuangkan lagi insentif khusus otomotif, terutama untuk menggenjot pertumbuhan otomotif Indonesia yang lebih ramah lingkungan. Namun menurutnya ada beberapa syarat yang akan ia ajukan bagi para pelaku industri otomotif di Tanah Air.

Makin Banyak Mobil Listrik di Indonesia Bikin Pemerintah Sumringah dan Siap Kasih Insentif Baru 06

Porsche Taycan

"Saya siap memperjuangkan lagi insentif khusus untuk sektor otomotif," kata dia. Adapun syaratnya menurut Agus adalah sebagai berikut:

  • Peningkatan kandungan lokal (TKDN)
  • Penguatan kolaborasi dengan indsutri kecil dan menengah
  • Perluasan pasar baru terutama untuk ekspor
  • Peningkatan kapasitas R&D.

Baca juga : Live Update GIIAS 2022: Harga Wuling Air EV Diumumkan, Ternyata Tembus Segini!

Prasetyo

Editor

Menggeluti bidang jurnalistik otomotif sejak 2009 selaras dengan hobinya dalam memodifikasi mobil. Apalagi karakteristik yang berbeda dari setiap kendaraan yang dibuat oleh masing-masing pabrikan, terus menumbuhkan minatnya di dunia otomotif hingga saat ini.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih murah, jual mobil lebih cepat

Honda Jazz MT

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil
Electric Cars Indonesia