window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_breadcrumb_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685588617854-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685588617854-0'); });

Masalah yang Paling Sering Terjadi di Mobil Warna Hitam, Pernah Mengalami?

Yongki Sanjaya · 20 Agu, 2021 09:00

Masalah yang Paling Sering Terjadi di Mobil Warna Hitam, Pernah Mengalami? 01

Mobil dengan cat warna hitam memberikan kesan mewah, elegan, tegas, dan berwibawa. Namun sebenarnya, dibalik warna yang misterius tersebut, seringkali muncul masalah. Mungkin kamu juga pernah mengalami masalah di cat hitam pada mobil kesayangan.

Awalnya, orang berpikiran kalau mobil warna hitam ini tak lekas kotor, namun ternyata faktanya berbanding terbalik. Warna gelap dan pekat sangat kontras dengan debu yang berwarna abu-abu atau lumpur berwarna coklat. Ini membuat perawatan warna hitam bahkan lebih sulit dari warna putih atau silver.

Lantas, apa saja masalah yang biasanya terjadi di mobil warna hitam? Berikut ini penjelasannya.

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_fourthp_under_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589129084-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589129084-0'); });

Mobil Warna Hitam Susah Terlihat Bersih

Masalah yang Paling Sering Terjadi di Mobil Warna Hitam, Pernah Mengalami? 01

Seperti penjelasan di atas, mobil dengan warna hitam mudah terlihat kotor. Ini karena debu jalanan dan bercak sisa air hujan yang menempel di body warnanya abu-abu kecoklatan.

Alhasil, kotoran yang sekecil apapun bisa langsung terlihat oleh mata. Kamu pun dituntut perfeksionis bila ingin supaya mobil senantiasa terlihat bersih.

Swirl Mark Mudah Terlihat

Masalah yang Paling Sering Terjadi di Mobil Warna Hitam, Pernah Mengalami? 02

Masalah berikutnya yang sering terjadi di permukaan cat mobil warna hitam ialah bekas swirl mark atau guratan retak halus pada pernis yang sangat tipis berbentuk bulatan seperti sarang laba-laba.

Swirl mark ini warnanya cukup kontras, yaitu agak putih sehingga bisa mudah dilihat dengan mata telanjang. Bekas swirl mark ini bisa hilang kalau kamu memoles ulang di salon mobil yang berkualitas baik.

Mobil Warna Hitam Gampang Terlihat Pudar

Masalah yang Paling Sering Terjadi di Mobil Warna Hitam, Pernah Mengalami? 03

Kelebihan dari cat hitam di mobil yaitu menimbulkan kesan berwibawa, apalagi di mobil Eropa. Namun ternyata, kurangnya perawatan bisa membuat cat yang kusam terlihat pudar.

Kesan mewah dan prestisius pun sirna kalau cat hitamnya memudar, berganti kesan jorok dan malas merawat mobil. Untuk mengantisipasi, sebaiknya kamu juga memarkirnya di tempat yang teduh sesering mungkin.

Mobil Bercat Hitam Bikin Kabin Lebih Panas

Masalah yang Paling Sering Terjadi di Mobil Warna Hitam, Pernah Mengalami? 04

Sudah jamak diketahui kalau warna hitam ini menyerap panas lebih besar. Jadi, kalau mobil warna hitam setelah terjemur lama di bawah panas matahari maka hawanya saat kita masuk seperti di oven.

Ini karena panas matahari banyak menyerap dan teradiasi di dalam kabin. Kondisi tersebut membuat kerja AC jadi semakin berat menyejukkan ruangan kabin di siang hari.

Mobil Warna Hitam Sulit Terlihat di Malam Hari

Masalah yang Paling Sering Terjadi di Mobil Warna Hitam, Pernah Mengalami? 05

Siapa sangka aspek keselamatan mobil Anda pun bisa terpengaruh oleh waena catnya?  Tapi ini memang benar, karena berdasarkan statistik dari Monash University di Australia menunjukkan bahwa mobil hitam cenderung paling rawan kecelakaan.  

Pada siang hari, mobil berkelir hitam risikonya hanya 12% lebih mungkin untuk ditabrak dari belakang daripada kendaraan warna putih. Sedangkan kemungkinan di malam hari berbanding terbalik, posibilitasnya meningkat drastis hingga sekitar 47% karena visibilitas yang lebih buruk di kegelapan. 

Yongki Sanjaya

Editor

Berpengalaman di beberapa media online. Bermula menjadi reporter otomotif di situs yang lain hingga kini menjadi Editor di Autofun Indonesia. Penghobi mobil lawas dan anak 90-an banget. FB:Yongki Sanjaya Putra

window.googletag = window.googletag || {cmd: []}; googletag.cmd = googletag.cmd || []; googletag.cmd.push(function() { googletag.defineSlot('/22557728108/id_article_relatedmodel_above_pc', [ 728, 90 ], 'div-gpt-ad-1685589152548-0').addService(googletag.pubads()); googletag.pubads().enableSingleRequest(); googletag.pubads().collapseEmptyDivs(); googletag.enableServices(); });
googletag.cmd.push(function() { googletag.display('div-gpt-ad-1685589152548-0'); });
window._taboola = window._taboola || []; _taboola.push({ mode: 'thumbnails-stream-2x2-desk', container: 'taboola-stream-widget-thumbnails-desktop', placement: 'Stream Widget Thumbnails Desktop', target_type: 'mix' });

Beli mobil lebih mudah dan tak perlu nunggu lama

Honda Brio Satya S M/T 2022

Upgrade

Tambahkan mobil Anda

Gak mau tukar tambah?  Pilih Mobil